Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tutorial Jasper Report Netbeans

Dalam tutorial jasper report netbeans dengan bahasa pemprograman java bisa kita pergunakan untuk membuat report /laporan di netbeans. Jika sobat baru belajar pemprogaman java seperti saya dan ingin membuat report program dengan menggunakan jasper report, maka bisa menyimak penjelasan berikut ini

Hal pertama yang perlu sobat ketahui adalah Jasper Report merupakan sebuah paket aplikasi free software terpisah dari paket JDK, paket jasper report dapat anda download pada http://ireport.sourceforge.net/

Paket jasper report terdapat pada software aplikasi. ireport dimana ireport merupakan aplikasi report designer yang digunakan sebagai IDE untuk membuat desain report untuk jasper report.

Setelah mendapatkan file iReport-nb-3.1.3-windows-installer.exe, lakukan instalasi sampai selesai dan jalankan iReport akan terlihat tampilan awal seperti gambar berikut

tutorial jasper report

Kemudian Klik pada icon report data source untuk membuat koneksi database baru, terlihat seperti  ini

jasper report

Klik New untuk membuat koneksi baru, hasilnya terlihat pada gambar dibawah

testing java jesper report

Isikan nama database koneksi yang di inginkan, JDBC URL, Server Address, database, username dan password database seperti contoh di atas (sesuaikan dengan server yang digunakan).

kemudian Klik tombol tes untuk melakukan tes koneksi database, jika sukses akan ada pesan connections test succesfully

connections success

Setelah proses koneksi database berhasil, selanjutnya sobat memulai untuk membuat report klik pada menu file, pilih report wizard.

report wizard

Isikan nama laporan, sebagai contoh lap_brg, tentukan lokasi menyimpanan juga, selanjutnya klik tombol next untuk melanjutkan proses.

Pilih koneksi yang sudah dibuat sebelumnya karena dalam contoh sebelumnya membuat koneksi dbKoneksi, maka dalam contoh ini menggunakan dbKoneksi, serta masukkan query yang digunakan pada laporan, misal menggunakan data dari query barang. selanjutnya klik next.

report jasper

Ditampilkan daftar fields yang akan dimunculkan pada halaman laporan, klik tombol >> untuk memilih semua fields. Sehingga daftar fields akan pindah ke kolom sebelah kanan semua.

mengatur jasper report

Klik next untuk memilih group, apabila ada pengelompokkan data, jika tidak dapat dikosongkan

group jasper report

Selanjutnya memilih layout/tampilan laporan, pilih  tabular layout. Klik next untuk melanjutkan proses.

memilih model jasper report

Jika berhasil membuat laporan maka akan tampil pesan seperti berikut :

finish jasper report

Klik finish untuk mengakhiri proses pembuatan laporan.

 

Hasil laporan terlihat seperti gambar berikut, ubah judul laporan sesuai dengan judul laporan yang sobat inginkan, misal disini karena laporan dari tabel barang maka judulnyapun di buat “Daftar Barang” seperti yang terlihat pada gambar berikut

tutorial java jasper report

Untuk melihat hasilnya, silahkan Klik menu preview dan perhatikan hasilnya

preview laporan

 

Untuk detailnya, sobat bisa mendownload ebooknya langsung karya dari Bpk Ajib Susanto “dosen saya yg ngajarin Java” berikut ini

Tutotial Japser Report

 

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

One Reply to “Tutorial Jasper Report Netbeans”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *