Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Cara Edit Text dengan Shape Tool di Coreldraw

cara edit text dengan Shape Tool di Coreldraw

Halo para pembaca ilmuonline dimanapun kalian berada. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara edit text dengan Shape Tool di Coreldraw, yang merupakan salah satu teknik yang masih berhubungan dengan dunia desain khususnya yang menggunakan aplikasi Coreldraw. Tutorial ini cocok banget buat kamu yang masih masih awam dengan desain grafis atau kamu yang lagi belajar desain grafis secara otodidak.

Materi yang akan saya share kali ini adalah cara edit text dengan Shape Tool di Coreldraw. Sebelum itu, pastikan kamu sudah paham bagaimana cara menambahkan teks pada Corel ya sob. Nah di artikel kali ini kita masih berbicara tentang text, akan tetapi lebih membahas tentang cara memodifikasi text.  Dalam membuat desain tentunya tak lepas dari tulisan untuk menyampaikan sebuah pesan yang akan disampaikan kepada pembaca. Dalam mendesain, kita tentu dapat memilih jenis font yang sesuai dengan konsep desain kita. Selain dengan memilih jenis font, kita juga bisa loh memodifikasi text dengan salah satu fitur yang tersedia di Coreldraw.

Fitur yang akan ita bahas kali ini adalah Shape Tool. Seperti namanya, Shape Tool adalah tool yang bisa digunakan untuk mengubah sebuah bentuk atau objek. Tool ini termasuk tool yang sangat sering digunakan oleh para desainer ketika membuat logo. Jika kamu sering melihat logo dengan objek bangun datar yang beda dari biasanya, kemungkinan besar desainer logo tersebut menggunakan Shape Tool dalam membuat logo tersebut. Jika kamu ingin membuat objek yang meliuk seperti pita kamu juga harus menggunakan tool ini. Intinya teknik dasar menggunakan Shape Tool harus benar-benar kamu kuasai jika ingin serius belajar desain menggunakan Coreldraw. Karena kamu pasti akan sering menggunakannya baik untuk desain logo, banner, undangan bahkan desain yang lain.

Cara Edit Text dengan Shape Tool di Coreldraw

Nah, berikut adalah tutorial bergambar yang sudah saya siapkan dibawah ini. Yuk langsung simak saja sob.

  1. Pertama-tama yang harus kamu lakukan yaitu buka Coreldraw yang ada di Laptop milikmu. Kemudian buka lembar kerja seperti biasa.
  2. Langkah berikutnya adalah buat text seperti biasa menggunakan Text Tool. Buatlah tulisan sesuai dengan yang kamu inginkan.
  3. Langkah berikutnya adalah dengan mengubah text yang kamu buat menjadi curve. Tujuan mengubah text menjadi curve adalah agar huruf pada text tidak bisa diganti lagi. Dengan mengubahnya menjadi curve, text tersebut juga bisa kamu modifikasi sesukamu dengan menggunakan Shape Tool. Caranya, Klik text, kemudian pada menu bar klik Object > Convert to Curves. Kemudian pada text akan muncul garis putus-putus seperti dibawah ini

 

  1. Langkah berikutnya adalah modifikasi. Caranya klik Shape Tool pada tool box. Jika sudah, kamu tinggal mengeditnya dengan menarik titik-titik yang ada hingga membentuk modifikasi yang diinginkan.

 

  1. Kira-kira hasilnya akan seperti gambar dibawah ini. Ini adalah contoh hasil dari edit text menggunakan Shape Tool. Kamu tentu bisa memodifikasinya sekreatif mungkin sesuai dengan kebutuhan.

cara edit text dengan Shape Tool di Coreldraw

Baca juga :

Itulah tadi cara edit text dengan Shape Tool di Coreldraw. Mudah bukan? Dengan menggunakan fitur Shape Tool, kamu sudah bisa memodifikasi text sesuai dengan yang kamu inginkan. Demikian artikel mengenai cara edit text dengan Shape Tool di Coreldraw. Semoga artikel diatas bisa menambah ilmu sobat sekalian yang kebetulan sedang belajar desain. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *