Tempatnya Ilmu Internet

Tips Perawatan Rutin Mobil Avanza Agar Tetap Tangguh di Segala Medan

Gelar “mobil sejuta umat” bagi Toyota Avanza bukannya tanpa alasan. Pasalnya mobil ini memang tercatat memiliki tingkat penjualan sangat positif setiap tahunnya dan konsumen rata-rata mengaku puas dengan performanya.

Agar mobil Avanza Anda tetap tangguh meski telah berusia tahunan, tentu harus dilakukan servis rutin pada mesinnya. Berikut adalah tips perawatan rutin mobil Avanza yang harus dilakukan.

Rutin Ganti Oli Mesin Kendaraan

Oli memiliki tugas yang sangat besar dalam menentukan performa mesin mobil Toyota Avanza di jalanan. Oli berfungsi sebagai pelumas, pendingin, melindungi serta membersihkan komponen di dalam mesin yang bergesekan. Mengingat tugasnya yang cukup besar, oli mesin harus diganti secara rutin setiap 6 bulan atau setiap pemakaian 10.000 km agar mesin tetap mendapat pelumas yang optimal.

Akibat tidak mengganti oli mesin dapat menyebabkan tarikan mesin mobil menjadi berat. Tidak hanya pada mobil Toyota Avanza, namun juga mobil lainnya. Oli yang jarang diganti juga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Akibat paling fatal adalah komponen rusak parah sehingga mobil menjadi turun mesin.

Pastikan Kondisi Ban dalam Keadaan Baik

Ban merupakan salah satu komponen mobil Avanza yang harus diperhatikan. Salah satu hal yang harus dipastikan dari kondisi ban adalah tekanan angin di dalamnya. Meski terdengar sedikit sepele, namun tekanan angin yang tepat sangat penting agar mobil dapat melaju dengan optimal di jalanan.

Selain tekanan angin di dalam ban, penting pula untuk memperhatikan ketebalan alas  ban. Jangan biarkan telapak ban dalam kondisi aus. Selain itu periksa dinding ban apakah ada benjolan atau tidak. Memperhatikan kondisi ban sangat penting agar mobil dapat bekerja optimal.

Periksa Kondisi Kaki-kaki pada Mobil

Sembari memeriksa kondisi ban, sebaiknya Anda juga sembari memeriksa kondisi kaki-kaki pada mobil Avanza. Periksa bagian komponen seperti shockbreaker dan shock absorber apakah masih optimal atau sudah harus diganti. Selain itu pastikan pula kondisi komponen kemudi. Cek apakah terdapat karet bushing yang tidak berfungsi. Agar semakin optimal, lakukan secara rutin spooring dan balancing mobil.

Ganti Secara Rutin Cairan Kendaraan Lainnya

Selain mengganti cairan oli secara rutin, mobil Avanza juga memiliki komponen cairan lainnya yang harus rutin diganti. Cairan seperti minyak kopling manual, air aki, minyak rem, oli power steering dan air radiator harus dicek secara rutin apakah masih baik atau sudah harus diganti.

Selain itu, cairan dengan masa pergantian panjang namun sering terlupakan adalah oli transmisi, baik itu oli transmisi otomatis atau manual. Pastikan untuk mengecek bagian ini setiap servis agar tidak terlupa.

Tes Kondisi Lampu

Cek secara rutin kondisi lampu mobil Avanza Anda. Caranya mudah, Anda hanya perlu menyalakan lampu utama kemudian secara berurutan lampu jauh dan lampu dim. Kemudian lihat apakah ada yang rusak pada komponen lampu. Bila mobil menggunakan foglamp, maka pastikan pula kondisinya.

Untuk mendapatkan pelayanan dan servis sempurna terhadap mobil Toyota Avanza Anda, pastikan untuk membawanya secara rutin ke bengkel Auto2000. Bengkel Auto2000 memiliki teknisi profesional dan berpengalaman dalam menangani otomotif Toyota. Anda juga tidak perlu khawatir terkait keaslian produk spare part yang digunakan karena bengkel Auto2000 selalu menggunakan komponen asli dari Toyota. Jadi, masih ingin mencoba bengkel ain untuk mobil kesayangan Anda? untuk mencari informasi lain, kunjungi Auto2000.co.id.

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.