Tempatnya Ilmu Internet

Tips Merawat Laptop dengan Baik

Tips merawat laptop yang baik dan agar awet di gunakan sebenarnya sangatlah mudah, namun hal-hal sepele yang membuat laptop menjadi cepat rusak tidak kita perhatikan. karena merawat laptop beda dengan PC yang lebih sensitive maka perlu merawatnya dengan baik sama seperti perangkat elektronik lainnya.

notebook repair

Berikut beberapa tips untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak :

1. Hindari Mengoperasikan Laptop di tempat tidur / tempat yang empuk.

Jika sobat terbiasa mengoperasikan laptop di tempat tidur atau di alas yang empuk, hindari penggunaan seperti itu karena jika hal itu di biarkan terus menerus bisa menimbulkan dampak kerusakan komponen. karena dengan sobat menaruhnya di tempat tidur sirkulasi pembuangan panas jadi terganggu. Solusi ; Baiknya pada saat mengoperasikan laptop gunakan alas yang rata & tidak empuk, lebih baik lagi jika di kasih cooling pad /fan untuk laptop, sehingga laptop tidak mudah panas.

2. Hindari memasukkan laptop yang habis digunakan langsung ke dalam tas laptop.

Karena pada saat laptop baru di matikan masih perangkat laptop masih panas, hal ini sangat fatal karena bisa membuat rusak komponen karena dalam tas tidak cukup untuk sirkulasi udaranya. Solusi ; mungkin alangkah baiknya tunggu beberapa saat hingga komponen laptop tidak panas lagi, baru kemudian masukkan ke tas laptop.

3. Hindari cash laptop secara berlebihan

Sama seperti komponen lainnya, jika sobat terlalu berlebihan /lama untuk mengecash laptop anda berpengaruh pada kekuatas baterai laptop, Segera cabut jika baterai sudah penuh dan hindari pemakaian laptop pada saat baterai di cash/ di isi.

4. Hindari Donwload Software Berlebihan di Internet

Jika sobat hoby mendownload software dari internet berhati-hatilah, karena jika salah mendownload software maka laptop sobat akan terserang malware, virus yang merusak yang merugikan. Solusi ; Berhati-hatilah dalam memilih situs ketika mendowload software, lebih baik lagi beli software yang original karena itu lebih aman.

5. Hindari menyentuh layar LCD dengan benda keras

Kadangkala kita tidak sengaja menyentuh screen dengan bolpoint atau tangan ketika ada kotoran, hindari menyentuh langsung layar LCD laptop. dan alangkah baiknya sobat tambahkan screen LCD laptop yang sekarang banyak di pasaran.

6. Hindari menaruh laptop di dekat makanan atau minuman

Untuk menghindari resiko ketumpahan makanan atau minuman di laptop, sebaiknya kita jangan menaruh laptop di dekan makanan atau minuman, serta hindari juga mengoperasikan laptop sambil makan atau minum.

7. Hindari Menginstall Software yang jarang di pakai / di gunakan

Dengan menginstall software yang tidak begitu perlu, maka akan memberatkan system dalam mengoperasikan laptop. Naah cara simple ini seharusnya sobat perhatikan juga, karena ngapain install software yang tidak perlu yang pada akhirnya malah membuat beban system. ibarat kita beli makanan tapi tidak kita makan, kan jadi mubadhir.. 😀

Faktor lain yang tidak kalah pentingnya simpen surat2 (kartu garansi) di tempat yang mudah anda ingat, jadi sewaktu-waktu laptop sobat bermasalah bisa langsung di larikan ke service centernya yang free, kan lumayan bisa mengehemat biaya 😀

 

 

1 Comment
  1. Portal MLM Indonesia says

    Tip yang bagus untuk di terapkan ,thx

Leave A Reply

Your email address will not be published.