Tempatnya Ilmu Internet

Keunggulan / Kelebihan Windows 8

Beberapa waktu lalu windows 8 sudah di lounching di pasaran, Keunggulan atau fitur kelebihan windows 8 di banding versi sebelumnya “windows 7“. tapi meskipun banyak fitur-fitur baru yang di sediakan windows 8, ada juga kekurangan dari windows 8. dan untuk artikel kali ini saya akan coba share kelebihan dan kekurangan dari OS windows 8.

Kelebihan dari Wondows 8 antara lain :

1. Booting windows 8 lebih cepat dan singkat

di bandingkan versi sebelumnya windows 8 hal utama yang paling berkesan adalah booting windows yang lebih cepat, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk membuka OS windows 8. akan tetapi hal ini juga di pengaruhi dari spesifikasi hardware PS sobat.

2. Support layar sentuh / Bisa di optimalkan untuk layar sentuh

Fitur Metro User Interface. Sebuah tampilan antar muka baru yang dioptimalkan untuk perangkat layar sentuh, seperti tablet. Namun untuk tampilan klasik untuk desktop tetap tidak dihilangkan, jadi windows 8 memiliki dua tampilan antar muka. pengguna bisa memilih sesuai dengan selera mereka. hanya saja untuk antar muka desktop, tombol start yang biasanya ada pada windows versi sebelumnya ditiadakan.

windows 8 fiture

3. Support hardware chip ARM

Hardware chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.

4. Kemampuan Near Leads Communications

Teknologi Near Field Communications di masa depan akan banyak digunakan pada perangkat mobile. Seperti yang kita ketahui NFC merupakan teknologi yang memungkina penggunanya untuk melakukan transaksi digital, bertukar data, membeli tiket dll,  dengan saling mendekatkan perangkat masing-masing pengguna.

5. Tersedia Aplikasi Windows Store

Dengan trends online store, Microsoft Windows pun mencoba membangun store online yang Ia beri nama Wndows Store.

windows 8 store

6. Tidak Memerlukan Spesifikasi yang Tinggi

Dengan adanya windows 8 minimum spesifikasi masih sama dengan versi sebelumnya “windows 7” yang artinya jika sobat sekarang menggunakan windows 7 dan ingin pindah ke windows 8 masih support /bisa. karena hanya dengan min RAM 1GB dan processor atom kita bisa menginstall windows 8.

7. Sisi Keamanan yang Lebih Baik

Sudah wajar jika setiap pergantian sery /versi OS windows selalu meningkatkan keamanan /security windows untuk mencegah worm, spam, firus perusak.

 

Ada kelebihan, tidak afdhol kalau kita tidak mengetahui kekurangan dari windows 8, berikut kekurangan dari windows 8 :

1. Sulit berpindah antar screen.

Tidak adanya fungsi Alt-Tab seperti saat bekerja dengan desktop dan keyboard untuk berganti dari satu app ke app yang lain mungkin merupakan hal yang sangat sulit. Sebagai gantinya, di Windows 8 Metro UI kita tidak bisa menggunakan pointer atau finder untuk meletakkan screen di sisi kiri dan melakukan drag. Kedengarannya sangat sepele, tapi masalah akan muncul saat kita bekerja dengan banyak aplikasi. Tidak ada cara cepat dan mudah untuk berganti antar aplikasi. Jika menggerakkan mouse ke arah kiri maka sebuah icon akan pops up. Dan jika tidak tepat maka kita harus klik beberapa kali atau mencoba lagi, hal ini sangat menyulitkan terutama buat user yang belum terbiasa.

2. Tidak ada opsi untuk mengubah tiles menjadi icons.

Ukuran titles terkecilnya, tampilannya masih terlalu besar. Saat nantinya kita menginstall banyak aplikasi maka screen Metro akan terlihat semrawut yang tentunya tidak enak di lihat.

3. Metro multitasking.

Bila sobat menggunakan aplikasi Metro di tablet dengan Windows 8, screen akan menampilkan dua aplikasi secara berjajar. Untuk pemula hal itu tidak akan menjadi masalah besar. Namun bagi advanced user, kemampuan Metro dengan multitasking hanya untuk dua aplikasi merupakan kelemahan yang fatal.

4. Tidak Support konten Flash di Tablet PC.

Pihak Microsoft memang sengaja membuat Windows 8 ini tidak bisa mendukung konten Flash di Tablet PC. Alasan Microsoft melakukan hal ini adalah untuk menghemat baterai Tablet. Selain itu juga dapat melindungi privasi Tablet kita dan meningkatkan keamanan. Karena sebagian aplikasi yang munggunakan konten flash justru membuat data crash /rusak.

3 Comments
  1. Ponsel Terbaru says

    Jadi tertarik ni untuk mencoba windows 8. Versi final desktopnya udah keluar belum mas?

    1. IlmuOnline says

      @Ponsel Terbaru : windows 8 udah release mas. banyak fitur baru dalam windows 8 terutama bag desktopnya.

  2. sutoro says

    wah belm nyicip windows 8 sekrang udah mau rilis windwows 10

Leave A Reply

Your email address will not be published.