Tempatnya Ilmu Internet

Prospek Kerja Teknik Elektro, Lapangan Kerja Luas Dengan Gaji Besar

Prospek Kerja Teknik Elektro Dan Kelebihan Lainnya

Jurusan teknik elektro berada di bawah payung Fakultas Teknik. Bukan hanya pria, kamu yang wanita juga bisa kok bergabung dengan jurusan ini. Prospek kerja Teknik Elektro juga luas sekali. Mulai dari BUMN, perusahaan swasta, hingga peluang untuk membuka lapangan kerja sendiri.

prospek kerja Teknik Elektro, sumber: Pexels

Supaya kamu makin tercerahkan, yuk simak penjabaran tentang jurusan Teknik Elektro di bawah ini. Mulai dari pengertiannya, mata kuliahnya, kelebihan dan kekurangannya, hingga prospek kerja Teknik Elektro.

Pengertian Teknik Elektro?

Jurusan Teknik Elektro adalah bagian dari Fakultas Teknik yang mempelajari tentang listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan mempelajari ilmu dan pengetahuan tentang konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronika. Lebih jauh, kamu juga akan banyak belajar tentang metode pembangkit dengan sumber energi baru. Metode penyimpanan energi dan metode kontrol penghematan energi.

Mereka yang lulus dari jurusan ini diharapkan dapat merancang alat elektronika yang lebih hemat energi, ramah lingkungan, namun tetap efektif dan memiliki daya guna tinggi. Kemampuan para lulusan Teknik Elektro di antaranya adalah:

  • Kemampuan mendesain sistem kelistrikan
  • Kemampuan dalam melakukan eksperimen
  • Kemampuan melakukan analisis masalah
  • Kemampuan memecahkan masalah bidang rekayasa teknik
  • Pemahaman matematika yang baik
  • Pemahaman fisika

Di jurusan Teknik Elektro, kamu akan berkutat dengan berbagai aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnet. Jika berhasil lulus, maka gelar yang kamu sandang adalah Sarjana Teknik.

Secara umum Teknik Elektro terfokus pada tiga bidang utama yaitu tenaga listrik (arus kuat), elektronika (arus lemah), dan telekomunikasi. Di bidang tenaga listrik kamu akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat lain. Dengan kata lain kamu akan belajar cara membangun sistem distribusi tenaga listrik.

Sementara di bidang elektronika kamu akan fokus pada material di berbagai konfigurasi atau struktur yang bisa mengatur aliran listrik. Pada bidang telekomunikasi kamu akan belajar tentang upaya rekayasa dalam mengirim informasi dari satu titik ke titik lain. Secara umum, jika ingin masuk ke jurusan ini kamu harus menyukai matematika, fisika dan betah menghadapi rangkaian elektronika yang njlimet.

Baca Juga: Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional Dan Peluang Karirnya

Mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan ini cukup beragam. Di antaranya adalah Rangkaian Listrik, Medan Elektromagnetik, Mikroprosesor, Sistem Kontrol, Sistem Telekomunikasi, Teknik Digital, Bahan-bahan Listrik, Pengukuran Beban Listrik, Konversi Energi, dll.

Universitas Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia

Bagi kalian yang sekarang ingin tau daftar perguruan tinggi atau universitas jurusan teknik elektro terbaik di Indonesia untuk strata Sarjana (S1), yang sudah dibuktikan dengan mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT tahun 2021 ini, adalah sebagai berikut.

Perguruan Tinggi Peringkat Akreditasi Tanggal Kedaluwarsa
Universitas Negeri Yogyakarta A 2026-06-11
Universitas Kristen Petra A 2025-04-01
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta A 2025-08-11
Universitas Pelita Harapan A 2025-06-07
Universitas Pendidikan Indonesia A 2025-07-07
Universitas Trisakti A 2025-09-04
Universitas Pancasila A 2025-09-09
Universitas Kristen Maranatha A 2025-10-25
Universitas Lampung A 2025-10-27
Universitas Negeri Yogyakarta A 2025-11-01
Universitas Sumatera Utara A 2025-11-01
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya A 2025-11-01
Universitas Indonesia A 2025-11-15
Universitas Muhammadiyah Surakarta A 2025-11-17
Universitas Presiden A 2025-11-24
Universitas Surabaya A 2024-07-16
Universitas Negeri Semarang A 2024-03-05
Universitas Mercu Buana A 2024-04-30
Institut Teknologi Nasional Malang A 2023-05-02
Universitas Negeri Malang A 2023-07-09
Universitas Udayana A 2023-11-14
Universitas Negeri Makassar A 2023-11-21
Universitas Negeri Surabaya A 2022-03-29
Universitas Hasanuddin A 2022-05-30
Institut Teknologi Sepuluh Nopember A 2022-06-06
Universitas Islam Indonesia A 2021-06-17
Universitas Negeri Padang A 2021-12-27
Universitas Syiah Kuala A 2021-10-20

Prospek Kerja Teknik Elektro Dan Kelebihan Lainnya

Jurusan Teknik Elektronika adalah salah satu jurusan favorit di hampir semua Fakultas Teknik. Selain prospek kerja Teknik Elektro yang menjanjikan, berbagai kelebihan juga dimiliki oleh jurusan ini. di antaranya:

  • Lulusan Teknik Elektro dibutuhkan di hampir semua bidang dan lini industri. Tentu saja untuk memperbaiki dan mengatasi masalah kelistrikan dan sistem peralatan elektronik.
  • Tuntutan untuk menemukan sumber energi listrik terbarukan semakin kuat di zaman modern ini. Prospek kerja jurusan Teknik Elektro untuk membangun sistem distribusi tenaga listrik sangat besar.
  • Kebutuhan akan infrastruktur telekomunikasi juga sangat tinggi. Tentu saja membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni juga untuk membangunnya. Kebutuhan ahli Teknik Elektro di bidang ini tergolong tinggi.
  • Perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan suplai tenaga listrik besar biasanya mendirikan pembangkit listrik (power plant) mereka sendiri. lulusan Teknik Elektro sangat dibutuhkan di sini.
  • Jurusan ini sangat menantang dan memungkinkan kamu untuk bereksperimen dalam menciptakan perangkat listrik baru.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, tentu ada juga kekurangan dari Teknik Elektro. Di antaranya adalah:

  • Biaya pendidikan yang mahal. Ada banyak praktikum dan percobaan yang merupakan bagian dari proses pembelajaran. Biaya untuk membeli alat praktikum tergolong besar.
  • Tekanan yang tinggi. Kamu dituntut untuk bisa berhitung, menganalisa. memecahkan masalah, sekaligus memiliki ketelitian yang tinggi. Bagi yang tidak tahan, kondisi ini bisa memicu stress.
  • Persaingan yang ketat. Karena jurusan ini adalah jurusan favorit, tentu peminatnya sangat banyak. Hal ini menyebabkan sainganmu juga banyak. tetapi jangan khawatir, selama kamu memiliki kompetensi yang bagus kamu akan memenangkan persaingan tersebut.

Baca Juga: Prospek Kerja Agribisnis, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Teknik Elektro Bisa Jadi Apa?

Dari tiga bidang peminatan di Teknik Elektro, bidang tenaga listrik adalah yang paling sering dipilih mahasiswa. Tidak heran karena peluang kerjanya juga sangat besar. Bidang ini membidik industri energi dan tenaga listrik. Prospek kerja Teknik Elektro di bidang ini tersebar dari instansi pemerintah, BUMN hingga perusahaan swasta.

Bisa dikatakan semua industri, lini usaha dan perusahaan memerlukan lulusan Teknik Elektro. Pilihan karir yang beragam juga diiringi oleh gaji yang lumayan besar. Namun hal tersebut tergantung pada tempat kerja dan bidang yang digeluti. Berikut adalah beberapa prospek kerja teknik elektro di tahun 2021.

BUMN dan BUMD

BUMN tidak bisa dipungkiri adalah incaran utama para lulusan Teknik Elektro. Sebut saja PLN, Pelni dan Pertamina. Selain jenjang karir yang bagus, di sana kamu juga akan digaji dengan angka yang tinggi. Semua bidang peminatan Teknik Elektro dapat bekerja di perusahaan milik negara, sesuai dengan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah. Mereka yang bekerja di perusahaan telekomunikasi misalnya, berperan penting dalam melakukan proses kodefikasi informasi menjadi sinyal listrik.

Baca Juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia Kini Semakin Menggiurkan

Pabrik, Galangan Kapal Dan Industri Lainnya

Di daerah-daerah industrial seperti Cibinong, Dumai, Batam dan Jababeka tersebar aneka pabrik, workshop dan galangan kapal yang memerlukan tenaga kerja dari jurusan Teknik Elektro. Di beberapa daerah, jika kamu bersedia ditempatkan di site (lokasi proyek) maka bayaran yang kamu terima akan jauh lebih besar. Lulusan Teknik Elektro juga bisa bekerja di industri penerbangan, manufaktur, bio engineering dan industri lainnya.

Menjadi Tenaga Pengajar

Sebagai sarjana teknik, kamu bisa berkarir di dunia pendidikan. Kamu bisa mengajar di SMP dan SMK Robotika, sekolah teknik, kursus-kursus elektronika, menjadi pengajar di BLK (Balai Latihan Kerja), atau menjadi tutorial di les online. Jika kamu mengambil jenjang strata yang lebih tinggi, kamu juga bisa menjadi dosen baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Membuka Usaha Sendiri

Salah satu tujuan jurusan Teknik Elektro adalah menelurkan sarjana-sarjana yang bisa membuka lapangan kerja sendiri. Kamu tentu bisa menjadi wirausahawan dengan kemampuan teknikmu yang mumpuni.

Entah itu dengan membuka jasa reparasi alat elektronik, membuka toko alat dan spare part elektronik, membuka jasa konsultasi di bidang kelistrikan dan komunikasi, atau bahkan membuka kursus elektronik sendiri.

Menjadi ASN

Seperti halnya jurusan lainnya di perguruan tinggi, selalu ada kesempatan untuk menjadi ASN. Kementerian yang membutuhkan banyak lulusan Teknik Elektro adalah Kementerian ESDM dan Kominfo. Kamu tentu harus memiliki kualifikasi yang sesuai agar bisa diterima menjadi ASN. Setelah itu akan ada gaji dan jenjang kepangkatan yang menjanjikan untuk masa depanmu.

Demikian penjabaran tentang prospek kerja jurusan Teknik Elektro, seluk-beluk perkuliahannya serta kelebihan dan kekurangan jurusan teknik elektro. Semoga dapat membantumu dalam menimbang-nimbang sebelum akhirnya mengambil jurusan tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.