Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Mengenal Lapisan Bumi dan Struktur Bumi

Seperti yang kita tahu bumi merupakan tempat tinggal hidup kita sekarang, maka dari itu setidaknya kita juga tau /mengenal lapisan dan struktur bumi yang ada di dalamnya. Bumi mempunyai lapisan udara yang disebut atmosfer dan juga mempunyai medan magnet yang di sebut magnestofer yang melindungi bumi dari sinar ultraungu. Bumi mempunyai massal 59.760 milyar ton, dengan 70,8% permukaan bumi meliputi air, dan sisanya atau sekitar 1/3 nya terdiri dari daratan.

Struktur Bumi

Bumi merupakan salah satu planet yang terbentuk dari batuan yang memiliki lempeng tektonik yang aktif. seperti yang kita ketahui bahwa permukaan bumi yang kita huni terdiri dari berbagai bentukan seperti ; gunung, lembah, danau, bukit, sungai, dll. adanya bentukan-bentukan tersebut membuat permukaan bumi menjadi tidak rata yang biasa di sebut juga relief bumi.

struktur bumi

Adapun kandungan utama yang ada di dalam bumi antara lain ; besi (32,1%), oksigen (30,1%), silikon(15,2%), magnesium (13,9%), sulfur (2,9%), nikel (1,8%), kalsium (1,5%), alumunium (1,4%), dan 1,2% selebihnya adalah unsur-unsur lain.

Lapisan Bumi

Menurut komposisi (jenis dari material)nya, bumi dapat di bagi menjadi beberapa lapisan seperti berikut :

  1.  Kerak bumi
  2. Mantel bumi
  3. Inti bumi

Sedangkan menurut sifat mekanik (sifat dari material) -nya, bumi dapat di bagi menjadi beberapa lapisan seperti berikut :

  • Litosfir
  • Astenosfir
  • Mesosfir
  • Inti bumi bagian luar ; mempunyai tebal sekitar 2250km yang terdiri dari besi dan nikel cair
  • Inti bumi bagian dalam ; mempunyai tebal sekitar 1200km yang terdiri dari besi dan nikel padat dengan temperatur mencapai 3900º C

Itu tadi penjelasan singkat mengenai lapisan bumi dan struktur bumi, semoga dengan begitu kita bisa lebih mengenal bumi serta menjaganya agar terus hijau alami sehingga membuat bumi kita menjadi lebih baik, semangat go green.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *