Tempatnya Ilmu Internet

Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan dan Ketiak yang Benar

Manusia dilahirkan di muka bumi dengan berbagai macam bentuk dan karakter, mulai dari bentuk fisik, hingga masalah – masalah seperti bau badan menjadi problematika bagi sebagian orang, terutama bagi yang memproduksi keringat berlebih. Namun untungnya kita hidup di zaman yang modern, semua akses informasi terbuka lebar sehingga Anda bisa melakukan berbagai tindakan untuk cara menghilangkan bau badan dan ketiak dengan cara sederhana.

Keringat berlebih terutama pada bagian ketiak menghasilkan bau badan yang menyengat, hal ini barang tentu membuat tidak nyaman bagi sebagian besar orang, terutama ketika sedang bersama orang lain ataupun sedang berdekatan dengan banyak orang.

Kebiasaan, Penyebab Bau Badan dan Ketiak

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan bau badan dan ketiak, namun pada kesempatan kali ini admin hanya membahas beberapa poin penting saja yang umum saja.

1. Sering Mengkonsumsi Jenis Makanan Tertentu

Ada banyak jenis makanan yang bisa meningkatkan produktifitas keringat sehingga memberikan efek bau badan dan ketiak. Berikut beberapa makanan yang mungkin perlu Anda hindari jika ingin bau badan dan ketiak Anda tidak berlebih.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Hal ini dikarenakan adanya zat allicin yang terkandung di dalam bawang dapat menghasilkan gas sulfur, yang diserap oleh darah serta dikeluarkan lewat paru-paru dan pori-pori kulit. Sehingga mengakibatkan munculnya bakteri yang bercampur dengan keringat, sehingga aroma yang ditimbulkan menjadi menyengat. Jika Anda termasuk pecinta bawang putih dan merah maka kalian bisa minum susu setelahnya. Sebab menurut sebuah studi, cara tersebut mampu metrelarisir bau tidak sedap.

Makanan Pedas

Bagi kalian pecinta makanan pedas perlu hati hari ya, hal ini disebabkan makanan pedas biasanya mengandung banyak cabe dan rempah lainnya yang memiliki gas. Ketika gas ini dipecah di dalam tubuh dan dilepaskan melalui pori-pori, sehingga menimbulkan keringat disertai bau yang tidak enak.

Junk Food

Salah satu jenis makanan yang tidak bagus buat mengusir bau badan dan ketiak adalah junk food. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi junk food tapi tidak disertai olahraga bisa menimbulkan penumpukan lemak pada tubuh. Akumulasi sel-sel lemak tidak baik inilah yang menyebabkan timbulnya keringat dan bau badan.

Kafein

Mengkonsumsi kafein berlebih bisa menyebabkan bau badan dan ketiak menjadi tak sedap lho. Hal ini dikarenakan kafein bisa menstimulasi saraf pusat dan meningkatkan denyut jantung. Hal inilah yang menyebabkan tubuh memproduksi keringat berlebih, yang secara otomatis menimbulkan bau badan dan ketiak.

Gorengan

Inilah yang mungkin bagi sebagian besar orang Indonesia susah meninggalkannya, gorengan menjadi salah satu makanan yang bisa menimbulkan bau yang tidak sedap lho. Hal ini dikarenakan minyak yang digunakan untuk menggoreng rata -rata mempunyai kadar lemak yang tinggi. Terlbih buat abag tukang gorengan yang biasa mangkal dipinggir jalan, biasanya menggunakan minyak goreng yang sudah berkali – kali dipakai untuk penggorengan. Jika anda mengkonsumsi gorengan terlalu sering maka proses pencernaan bisa terganggu. Jika itu terjadi maka produksi keringat akan lebih banyak, sehingga dapat menimbulkan bau badan dan ketiak.

2. Berat Badan Berlebih

Seperti yang kita ketahui bersama, orang dengan berat badan berlebih (gemuk) akan mudah memproduksi keringat. Hal ini disebabkan orang gemuk lebih mudah lelah ketika beraktifitas, sehingga ketika berkeringat akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

3. Mengidap Penyakit Tertentu

Ada beberapa jenis penyakit memang yang memang berpengaruh dengan keringat yang dihasilkan oleh tubuh beraroma tidak sedap. Salah satunya ialah bagi penderita diabetes melitus.

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Ketiak

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kalian jadikan kebiasaan, supaya terhindar dari bau badan dan ketiak. Yakni sebagai berikut:

1. Jangan Malas untuk Mandi

Hal sederhana akan tapi berguna ialah mandi secara teratur 2x dalam sehari, dengan menggunakan sabun dan air yang bersih supaya terhindar dari bakteri yang bisa menimbulkan bau badan dan ketiak.

Pastikan ketika mandi, gosok bagian bagian tertentu seperti ketiak, leher, dan beberapa bagian tubuh lain yang biasanya berkeringat, dan pastikan benar – benar bersih, supaya bakteri penyebab bau badan bisa hilang.

2. Cuci Pakaian dengan Teratur

Selain memperhatikan badan kita, pakaian yang di pakai juga penting untuk dijaga kebersihannya. Sebab mencuci pakaian setelah dikenakan bisa membantu mengurangi tumbuhnya bakteri setelah terkena keringat dan kotoran dari luar.

Pakaian seperti; masker kain, kaos, kemeja, blouse, kaos kaki, pakaian dalam, harus segera dicuci setelah dikenakan, meskipun baru sekali dikenakan.

3. Gunakan Deodoran yang Tepat

Secara umum memang deodoran bagi penggunanya tidak terbebas dari keringat, akan tetapi bisa membantu menghentikan sumber bau badan dan ketiak, yakni bakteri. Sehingga kami sarankan gunakan deodoran setelah mandi, ketika tubuh dan ketiak bersih dan kering.

Dengan menggunakan deodoran membuat bakteri di ketiak menjadi tidak nyaman. Selain itu, deodoran juga membantu menutupi bau badan dan ketiak dengan aroma khas deodoran yang wangi.

Demikian tadi penjelasan singkat mengenai penyebab serta cara menghilangkan bau badan dan ketiak, dengan mengetahui penyebabnya akan memudahkan dalam penanganannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.