Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Perbedaan USB 2.0 Dan 3.0 Yang Wajib Anda Ketahui

perbedaan USB 2.0 dan 3.0

Orang modern seperti sekarang ini tentu akrab dengan yang namanya USB. Akan tetapi, mereka belum tentu tahu apa arti dari USB itu sendiri dan perbedaan-perbedaan yang ada didalamnya. Meskipun sama, USB ternyata memiliki perbedaan karena tiap USB memiliki seri tersendiri. USB sendiri merupakan singkatan dari Universal Serial Bus yang mana merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan suatu perangkat keras bisa Mouse, flashdisk, printer, dan lain sebagainya yang masuk ke Laptop/ komputer. Selain itu, semakin berkembangnya kebutuhan akan kecepatan transfer data maka perangkat ini sendiri pun berkembang dimulai dari dulunya USB 1.0 kini muncul USB 2.0 dan yang terbaru adalah USB 3.0. Akan tetapi, tahukah anda bahwa yang terbaru yaitu USB 2.0 dan 3.0 memiliki perbedaan? Perbedaan USB 2.0 dan 3.0 sendiri bisa kita lihat dari performa dan bentuk dari USB itu sendiri.

perbedaan USB 2.0 dan 3.0

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sekarang banyak orang yang menggunakan USB 2.0 dan 3.0 adapun USB 1.0 sekarang sudah sangat jarang untuk ditemui. Oleh karena itu, mengetahui bedanya USB 2.0 dan 3.0 sangat penting agar saat kita menggunakan USB tersebut bisa langsung tekoneksi dengan cepat dan stabil. Untuk mengetahui lebih lanjut, maka berikut ini ada beberapa perbedaan yang perlu kita ketahui mengenai USB 2.0 dan 3.0.

Pengertian, Perbedaan USB 2.0 Dan 3.0

Perbedaan Penting yang perlu diketahui dari USB 2.0 dan 3.0 dalam segala aspek

Perbedaan dari dua slot USB tersebut memang bisa terlihat dengan sangat jelas. Hal itu bisa dilihat dari bantalan yang mendasari kedua USB tersebut. USB 2.0 biasanya memiliki bantalan slot dengan warna putih Adapun usb 3.0, bisanya memiliki bantalan slot yang berwarna biru. Warna ini merupakan perbedaan mendasar dari kedua slot usb tersebut. Selain perbedaan warna, ada perbedaan lain yang bisa kita ketahui dari kedua slot tersebut. Salah satunya yang paling kentara adalah kecepatan usb. Dilihat dari segi kecepatan, kita bisa mengatakan keduanya sangat berbeda jauh. Kita bisa melihat bahwa kecepatan usb 3.0 bisa 6 hingga 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan usb 2.0. Kecepatan transfer untuk usb 3.0 sendiri adalah sekitar 3.2 Gbps (atau sekitar 400 MB/s). Adapun teknologi transfer data pada usb ini adalah dua arah (full duplex) sehingga mampu membaca dan menulis dengan bersamaan.

Perbedaan USB 2.0 dan 3.0 lainnya adalah tegangan arus listrik. Dilihat dari konsumsi arus listrik, kedua usb sangatlah berbeda. Untuk 3.0, tegangan listriknya adalah sekitar 4V sedangkan pada usb 2,0, tegangan listriknya bisa mencapai 4.4V. Untuk usb 3.0 ini sendiri bisa ditingkatkan menjadi 150mA dan bisa menghasilkan perangkat yang hemat listrik. Selain itu, usb 3,0 juga bisa digunakan 4 hingga 6 perangkat seperti flashdisk, scanner, printer, dan lain sebagainya.

Perbedaan bentuk dan panjang kabel pada USB 2.0 dan 3.0

Perbedaan slot usb 2.0 dan 3.0 lainnya adalah bentuk dan panjang kabel slot. Untuk bentuk, dilihat dari sisi bentuknya pada dasarnya tidaklah terlalu berbeda. Akan tetapi ada sedikit yang membedakan yaitu terdapat sedikit model ukiran pada 2.0. Selain itu, pada sisi bantalannya, usb 2.0 juga memiliki 4 jalur kabel. Sedangkan untuk model 3.0, memiliki 9 jalur kabel. Selain itu, panjang dari slot kabel juga ternyata memiliki panjang yang berbeda dimana usb 2.0 memiliki panjang kabel mencapai 5 m akan tetapi untuk model 3.0 hanya mencapai 3 m.

Selain itu, ternyata kedua slot usb tersebut juga memiliki perbedaan lainnya. Perbedaan slot usb 2.0 dan 3.0 lainnya adalah perbedaan support kedua port. Dilihat dari support OSnya, kita bisa melihat perbedaan keduanya. Untuk usb 2.0, biasanya akan mendukung windows XP dan Vista. Adapun untuk usb 3.0, biasanya mensupport windows 7 keatas. Dengan kata lain, usb 3.0 tidak akan mendukung dan windows Xp.

Demikianlah beberapa aspek Perbedaan USB 2.0 dan 3.0 yang bisa kita ketahui dari keduanya. Untuk perangkat laptop sekarang ini, kebanyakan sudah menggunakan usb 3.0 sehingga kita bisa lihat bagaimana kecepatan transfer datanya pun semakin lancar. Hal ini juga sangat membantu sekali karena seiring perkembangan zaman, kebutuhan transfer ini semakin meningkat terus terlebih jika kita memiliki hobi mengkopi film-film ataupun game. Tentunya kedua jenis port USB juga masih memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *