Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Pengertian, Perbedaan Power Supply AT dan ATX

Power Supply merupakan bagian komputer yang berfungsi untuk mensupply tegangan listrik, agar perangkat keras komputer dapat beroprasi. Pengertian power supply AT dan ATX serta apa perbedaan power supply AT dan ATX ? Semuanya akan dibahas pada penjelasan kali ini. Oleh sebab itu power supply memiliki peranan yang sangat penting dalam perangkat komputer. Power supply bekerja dengan mengubah tegangan listrik AC menjadi DC agar dapat digunakan komputer. Sebab komputer hanya dapat beroprasi pada tegangan DC.

Selain mengubah tegangan listrik AC menjadi DC, power supply juga bertugas untuk menyalurkan tegangan listrik tersebut ke berbagai kompononen komputer seperti motherboard, harddisk, cooling fan, dan CD atau DVD Room. oleh karena itu sebaiknya pastikan bahwa perangkat komputer anda menggunakan power supply yang berkualitas baik. Sebab jika tengangan DC yang dihasilkan oleh power supply tidak rata (terdapat banyak ripple), maka dalam pemakaian jangka panjang, akan merusak komponen lain.

Terdapat beberapa macam power supply yang dapt digunakan pada komputer. Berdasarkan jrnis isiknya, power suplly dibedakan menjadi power supply AT dan ATX. Pada artikel kali ini kami akan membahas secara spesifik mengenai pengertian, perbedaan power supply AT dan ATX.

Pengertian Power Supply AT

Power supply AT adalah power supply yang digunakan pada komputer XT, AT, pentium I, dan pentium II. Kabel daya ke motherboard pada power supply ini terdiri atas 2 konektor (P8 dan P9) yang masing-masing memiliki  6 pin (total 12 pin).  Ciri paling menonjol dari power supply tipe ini adalah memiliki tombol On/ Off yang langsung dihubungkan ke casing komputer. Dengan demikian, untuk menyalakan atapun mematikan komputer, pengguna harus menekan tombol On/ Off tersebut secara manual. Besaran daya yang dimiliki power suppy AT hanya sekitar 250 Watt atau kurang.

Pengertian Power Supply ATX 

Power suppy AtX merupakan pengembangan dari power supply AT. Power supply ini digunakan pada komputer pentium III keatas. Kabel power ke motherboard pada power supply ATX terdisi dari satu set kabel yang memiliki 20 pin (minimal). Power supply ATX memiliki power switch yang memungkinkan penggguna untuk mematikan komputer tanpa perlu menekan tombol off secara manual. Hanya dengan mengklik tombol shutdown pada tampilan antarmuka komputer, atau melalui tombol shutdown pada keyboard. Power supply ATX terbaru juga dilengkapi dengan konektor tambahan power SATA. Power supply ATX memiliki kaspasitas daya yang lebih besar, juga lebih efisien jika dibandingkan dengan power supply AT.

Baca juga artikel :

Perbedaan Power Supply AT dan ATX

perbedaan power supply at dan atx

  1. Pebedaan tombol power: Power supply AT memiliki saklar On/Off yang dioperasikan secara manual (dipasang pada casing), sehingga untuk menghidupkan atau mematikan komputer harus menekan tombol. Pada power supply ATX, status On atau Off diatur oleh operating system. Sehingga untuk mematikan komputer tidak perlu menekan tombol off secara manual; cukup mengklik opsi shutdown.
  2. Perbedaan jumlah pin pada kabel daya ke motherboard: psu AT memiliki 12 pin, sedangkan psu ATX memiliki 20 pin.
  3. Perbedaan pemasangan kabel daya ke motherboard: psu AT terdisi dari 2 konektor power P8 dan P9 yang dalam pemasangannya diperlukan kehati-hatian agar tidak terbalik. Sedangkan konektor pada psu ATXtelah disesuaikan dengan poert konektor power pada motherboard, sehingga pemasangannya lebih mudah, dan tidak mungkin terbalik.
  4. Perpedaan tipe komputer yang menggunakannya: Power Supply AT, merupakan psu tipe lama yang digunakan pada komputer XT, AT, pentium I, dan pentium II. Sedangkan power supply ATX merupakan hasil pengembangan dari psu AT, dan digunakan pada komputer pentium III keatas.
  5. Perbedaan kapasitas daya: psu AT memiliki kapasitas kurang dari 250 Watt, sedangkan psu ATX memiliki kapasitas daya yang lebih besar, sesuai kebutuhan persangkat komputer terbaru saat ini. Selain itu juga lebih efisien.

Demikian artikel mengenai pengertian, perbedaan power supply AT dan ATX ini. Semoga bermanfaat!

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *