Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuannya

Kenapa ada Manajemen, apa tujuan dan fungsi dari manajemen ? Itulah mungkin ada sebagian yang hanya memandang sebagai urusan orang-orang yang bergelut di bidang ekonomi. Orang awam pada umumnya tidak perlu tahu akan hal tersebut. Padahal apa salahnya jika semua orang mengetahui mengenai pengertian manajemen dan peranan utama manajemen. Secara etimologi, Kata Manajemen berasal dari Bahasa Inggris  yaitu Manage yang artinya adalah mengelola, mengendalikan, mengusahakan, dan juga mengurus atau memimpin. Ada pula yang mengatakan bahwa Kata manajemen berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare artinya  “mengendalikan,”. Sebenarnya dalam konteks ini maksud mengendalikan adalah mengendalikan kuda, yang berasal dari bahasa latin manus yang berarti “tangan”. Selanjutnya, Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ada dua pengertian umum manajemen. Pengertian manajemen yang pertama adalah penggunaan sumber daya efektif untuk mencapai sasaran. Pengertian kedua mengandung arti pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi. Bisa dilihat ya, dari pengertian-pengertian secara asal kata maupun KBBI bahwa memahami manajemen dan peranan utamanya sangat penting bagi kehidupan, apalagi jika melihat pengertian pertama manajemen berdasarkan KBBI.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

pengertian manajemen, fungsi, tujuannya

Untuk lebih meyakinkan lagi mengenai pengertian manajemen, mari kita lihat definisi manajemen yang dikemukakan oleh para ahli. Pada tulisan ini akan ditampilkan lima orang ahli.

  1. George R. Terry : Manajemen adalah adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya.
  2. Koontz : Manajemen adalah suatu seni yang produktif yang didasarkan pada suatu pemahaman ilmu,  ilmu dan seni tidaklah bertentangan, namun masing masing saling melengkapi.
  3. Stoner : Manajemen adalah sebuah proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
  4. Lawrance A Appley : Manajemen adalah sebuah seni dalam mencapai tujuan yang diinginkan yang dilaksanakan dengan usaha orang yang lain
  5. Wilson: Manajemen adalah sebuah rangkaian tindakan tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. Prosess merupakan suatu rangkaian aktivitas yang dijalankan dengan sistematis.

Setelah kita memahami arti-arti manajemen, lalu apa sebenarnya fungsi manajemen itu sendiri dalam kehidupan? Ada empat fungsi utama manajemen yaitu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), directing (pengarahan) dan controlling (pengendalian). Planning adalah sebuah aktivitas menyusun rencana-rencana guna mencapai target yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan dari awal memulai aktivitas yang lain. Tanpa perencanaan matang suatu kegiatan akan berjalan tanpa aturan yang jelas.

Baca juga : Pengertian malwar dan cara mengatasinya

Selanjutnya pengorganisasian sumber daya manusia yang ada. Masing-masing individu memiliki kemampuan yang bebeda, dengan hal ini akan jelas garis kewenangan masing-masing orang. Setelah ada pembagian tugas dari masing-masing individu, untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja harus ada sebuah pengarahan entah dari atasan maupun orang yang lebih ahli. Selanjutnya saat individu tersebut sudah ahli pengendalian atau kata lain dari pengawasan suatu kinerja dilakukan. Pengawasan bukan hanya bisa dilakukan oleh orang lain namun pada diri masing-masing individu juga sangat diperlukan karena yang sebenarnya mengetahui kemampuan pribadi seseorang adalah dia sendiri. Jadi sebelum orang lain mengevaluasi kita, evaluasilah diri kita sendiri.

Baca juga : Pengertian Router dan Fungsinya

Mudahnya, manajemen berperan sangat penting karena dengan cara tersebut segala hal dapat diatur lebih baik. Segala kegiatan akan dirasa lebih efektif dan efisien. Pada dasarnya pekerjaan yang berat akan terasa ringan jika dikerjakan bersama-sama. Agar tidak ada bentrokan pembagian kerja antara satu orang dengan yang lain, tentu dilakukan pembagian tanggung jawab kerja dengan melihat kinerja dan potensi yang dimiliki dan dalam hal ini peran manajemen berjalan. Tentunya setelah itu akan mengurangi bahkan menghindari pemborosan baik pemborosan waktu, tenaga maupun materi.

Semoga pembahasan di artikel ini mengenai pengertian manajemen dan peranan utama manajemen dapat membuat pembaca lebih paham mengenai manajemen. Selamat mengaplikasikan di kehidupan.

Leave a Reply