Tempatnya Ilmu Internet

Mengenal Cara Kerja LAN Card Serta Fungsinya

Pengertian serta cara kerja LAN Card dan fungsinya merupakan sebuah informasi yang perlu untuk diketahui ketika ingin membuat Local Area Network atau yang sering disebut dengan LAN. Ketika hendak membuat sebuah Local Area Network maka ada beberapa jenis perangkat pendukung agar sebuah jaringan bisa terkoneksi dan mampu berjalan dengan lancar. Salah satu jenis perangkat yang dibutuhkan yaitu LAN Card. LAN card dalam istilah lainnya disebut juga dengan NIC atau Network Interface Care, Ethernet Card. Kartu jaringan ini merupakan sebuah jenis perangkat yang akan digunakan untuk bisa menghubungkan antara satu komputer dalam sebuah jaringan komputer dalam hal ini khususnya LAN. LAN ini sendiri merupakan sebuah jaringan dalam komputer yang nantinya mencakup wilayah yang tidak begitu luas. Contohnya sebuah jaringan komputer dalam sebuah gedung atau dalam satu ruangan rumah. Jenis jaringan LAN ini kerap digunakan dalam beberapa ruangan seperti kantor, hotel. Bandara serta warner dan beberapa jenis jaringan lainnya. Berikut Pengertian LAN Card dan fungsinya.

Pengertian LAN Card

Lan Card ini merupakan salah satu jenis perangkat antar muka yang ada dalam sebuah jaringan komputer guna menghubungkan komputer dengan jenis perangkat lain dengan menggunakan kabel. LAN Card ini memiliki bentuk berupa kartu ekspansi yang nantinya akan dipasang dalam slot PCI pada motherboard komputer. Agar jaringan komputer bisa terhubung maka biasanya menggunakan jenis port Rj-45. Untuk bisa memasang LAN Card ini maka sebelumnya harus menginstal driver dari LAN terlebih dahulu. Namun ada juga LAN Card yang sudah terinstal secara otomatis tanpa perlu menggunakan driver.

cara kerja lan card

Akan tetapi seiring dengan bekembangnya waktu maka fungsi dari LAN Card ini semakin tergeser dengan munculnya jaringan nirkabel bernama Wireless. Wireless dinilai lebih efektif dan efisien karena bisa digunakan tanpa perlu menggunakan kabel. Akan tetapi meskipun demikian ternyata masih banyak juga yang menggunakan LAN Card untuk melakukan transfer data karena kecepatan transfer data yang lebih cepat apabila dibandingkan dengan menggunakan wireless.

Cara Kerja LAN Card

Cara kerja LAN Card dalam komputer / PC tak lepas dari pengaruh OSI (Open System Interconnectioons). OSI sendiri adalah model teoretis di sebuah jaringan komputer, dan terdiri dari 7 lapisan.

Dua lapisan pertama OSI merupakan lapisan fisik dan juga lapisan data link. Masing-masing lapisan OSI memungkinkan lapisan lain untuk tetap independen. Upaya meng-upgrade atau mengganti satu layer tidak akan mempengaruhi independensi lapisan lain. Hal ini berarti bahwa jika ada perangkat yang menggantikan LAN card, elemen komputer lainnya, seperti protokol, tidak akan berubah.

Fungsi data link dari LAN Card lah yang menyediakan fasilitas penerimaan data biner dari jaringan pada tataran perangkat keras. LAN Card dapat mengenali aliran ini dan bahkan mampu memeriksa kesalahan yang ada. Ketika seorang pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan menyalakan komputernya, maka akan terlihat 2 (dua) buah lampu: Satu berwarna hijau, dan satunya lagi berwarna jingga. Lampu jingga akan terus menyala ketika lapisan data link dihubungkan. Hal ini mengindikasikan bahwa kabel tersebut bekerja, ada jaringan dan terdapat aliran data. Adapun lampu kedua, yakni lampu hijau, akan muncul begitu lapisan berikutnya diaktifkan.

Fungsi Dari LAN Card

Seperti pada penjelasan di awal dimana fungsi utama dari LAN Card ini yaitu sebagai penghubung dalam suatu jaringan komputer ketika melakukan pergantian dara. Lebih dari itu fungsi LAN Card yang lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengontrol jaringan data antara host atau komputer pada suatu jenis jaringan
  2. Untuk menyiapkan data dalam sebuah komputer agar datanya bisa ditransfer atau dikirimkan ke beberapa jaringan komputer lain menggunakan media penghubung
  3. Untuk menerima data dalam komputer lewat kabel serta diterjemahkan ke dalam bentuk bit yang akan dimengerti oleh komputer itu sendiri

Beberapa Jenis LAN CARD

Jika dilihat dari jenisnya kabel LAN ini terdiri dari dua jenis yaitu LAN Card internal serta LAN Card Eksternal. Yang dimaksud dengan LAN Card internal merupakan LAN Card yang langsung ada dalam motherboard. Jenis moteherboard yang keluar sekarang ini LAN Cardnya sudah terpasang dengan otomatis. Sedangkan yang dimaksud dengan LAN Card eksternal merupakan LAN Card yang akan dipasang secara manual di dalam slot moterboard. Jika dilihat dari bentuknya LAN Card ini terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. LAN Card ISA

Jenis LAN Card ini adalah LAN Card yang pertama kali diciptakan oleh sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang jaringan komputer. Untuk jenis LAN Card ini memiliki slot dengan warna hitam dengan jumlah satu sampai tiga. Adapun ciri lain dari LAN card jenis ini yaitu terdapat konektor output yang sudah didukung oleh BNC serta RJ-45.

  1. LAN Card PCI

Jenis LAN Card ini diproduksi di tahun 1992 serta hingga saat ini masih banyak digunakan. Jenis PCI ini merupakan pengembangan dari jenis ISA. Untuk LAN Card PCI ini sudah mulai digunakan di komputer generasi pentium 1 dan hingga saat ini masih banyak digunakan. Untuk jenis komputer pada zaman dahulu memiliki slot sebanyak 5 slot dan untuk motherboard sekarang ini hanya memiliki slot sebanyak 1 slot saja.

Demikianlah uraian singkat mengenai pengertian serta cara kerja LAN Card dan fungsinya. Semoga uraian singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.