Google Deindex, Mengantisipasi dan Cara Mengatasi Google Deindex

Google Deindex, Google Dance maupun Banned Google. saya perhatikan banyak menjadi bahan perbincangan di blog maupun forum-forum terutama kalangan blogger. semenjak munculnya algoritma baru dari google seperti google panda dan google pinguin banyak trik-trik SEO yang di lakukan oleh sebagian blogger mengalami masalah, seperti google dance maupun google deindex. Maka dari itu meskipun saya bukan ahli SEO tapi saya akan mencoba sharing sedikit mengenai tips cara mengantisipasi google deindex pada blog /website yang saya peroleh dari membaca beberapa blog dan forum-forum.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah blog Anda terkena Google Deindex atau tidak ? Mungkin itu pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda pada saat membaca artikel ini. Untuk mengecek apakah blog /website kita terkena Google Deindex berikut caranya ;

– Silahkan Masuk ke www.google.com kemudian search seperti biasa dengan mengetikkan ‘site:alamatblog.com‘ tanpa tanda ‘ (petik). serta alamamatblog.com Anda ganti dengan URL alamat dari blog Anda

– Jika blog Anda masih terindex, baik homepage maupun artikel blog berarti blog /website Anda masih aman dan bebas dari Google Deindex, tapi jika sebaliknya google tidak mengindex sama sekali homepage blog /web Anda berarti blog Anda terkena Google Deindex.

Untuk mengatasi Google Deindex berikut beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan di Blog /Website Anda ;

  • Fresh Content /Artikel yang Berkualitas
Google pinguin lebih menyukai fresh content yang berkualitas, jadi usahakan untuk mengupdate blog secara berkala dengan artikel yang berkualitas “kalau saya biasanya min 2 artikel per minggu”
  • Internal /External Duplicate Content
Naah kalau yang ini saya kira penyakit lama yang susah di ilangin 😀 karena biasanya duplicate content bisa faktor kesengajaan maupun tidak, duplicate content bisa terjadi karena artikel /content blog Anda banyak yang di copas (copy-paste) oleh blogger lain. untuk mengatasi masalah ini mungkin Anda bisa memakai tool anti copas yang sudah banyak di internet “dicari sendiri ya…!!!” 😀
  • Hindari Blog dari Content Otomatis

Sebelum kemunculan Google Panda dan Google Pinguin, banyak dari blogger memanfaatkan AGC untuk meraup keuntungan dari adsense maupun dari program affiliate seperti amazon. tapi sekarang cara tersebut sudah di expied mungkin ya. karena google tidak menyukai/ mengindex autoblog.

“dan masih banyak lagi tips2 yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari Google Deindex seperti memperhatikan struktur SEO On Page Blog, dll”

Cara Mengatasi Google Deindex pada Blog

Bagaimanapun juga tidak selalu semua blog yang mengalami deindex benar-benar mengalami masalah serius /pelanggaran serius, kadangkala perkara yang kita anggap sepele tapi malahan berakibat deindex google (blog tidak di deteksi google). Jika anda mengalami masalah dengan penyebab yg tidak terlalu serius anda bisa mengajukan banding melalui webmaster google.

  • Pertama ; yang perlu anda lakukan sebelum mengajukan banding ke google ialah mengoreksi blog anda terlebih dahulu, kira-kira point apa yang bisa melanggar TOS google, apakah konten kopi-paste, konten sponsor, konten SARA, penggunaan script berbahaya ? untuk point ini hanya anda sendirilah yang tahu, cobak dikoreksi sendiri.
  • Kedua ; Jika point pertama sudah diperbaiki, selanjutnya anda bisa mengajukan banding agar blog anda bisa terindex lagi oleh google (reindex google), caranya silahkan masuk ke google webmaster dan pastikan blog anda sudah terverifikasi oleh google webmaster, kalau belum silahkan verifikasi terlebih dahulu
  • Ketiga ; jika sudah terverifikasi, klik tijauan ulang atau dari link berikut  https://www.google.com/webmasters/tools/reconsideration dan isikan alasan secara singkat yang pada intinya blog yang bersangkutan sudah kamu perbaiki, dan jika sudah tunggu balasan 1-3hari kerja, berdasarkan pengalaman penulis setelah 1hari kerja sudah dibalas dan jika blog anda tidak melanggar TOS google akan reindex lagi (terindex oleh google lagi).