Daftar Situs Cari Freelance dan Lowongan Freelance di Indonesia

Daftar situs cari freelance dan lowongan Freelance di Indonesia. Dijaman yang serba instan ini kita dihadapkan dengan paradigma-paradigma baru yang mungkin tak terbayangkan oleh sebagian besar orang sebelumnya, termasuk buat freelancer Indonesia yang mungkin sebelumnya hanya mencari lowongan kerja offline “nyata” sekarang bisa bekerja freelance (bekerja paruh waktu) cukup melalui internet dan bisa dilakukan kapan saja tanpa batasan waktu. Ilmuonline.net akan membahas daftar situs untuk mencari freelancer Indonesia maupun sebaliknya situs untuk lowongan freelance di Indonesia yang sudah terpercaya membayar dan kredibel.

Beberapa tahun terakhir ini banyak sekali bermunculan StartUp-StrartUp berbasis online, termasuk di Indonesia, dari sekian banyak startUp yang ada, sebagian sukses berjalan sampai sekarang namun sebagian besar ndak mampu bersaing dan akhirnya hilang termakan waktu. dan untuk kali ini penulis akan berbagi mengenai daftar situs pencari freelance dan juga penyedia lowongan freelance di Indonesia berbasis online sehingga tidak terbatas hanya untuk kota-kota besar di Indonesia macam ; Jakarta, Bandung, Tangerang, Bekasi, Semarang, Solo, Jogja, Surabaya, Medan, dll saja, melainkan semua orang yang “mampu” untuk kualifikasi tertentu untuk mengerjakan atau memberi pekerjaan buat freelance yang ada di Indonesia.

Daftar Situs Cari Freelance dan Lowongan Freelance di Indonesia

Berikut daftar situs freelancer (pemberi kerja freelance maupun pencari lowongan kerja freelance) yang ada di Indonesia.

1. Projects.co.id

Daftar Situs Cari Freelance dan Lowongan Freelance di Indonesia

Projects.co.id merupakan salah satu situs lowongan freelance di Indonesia yang favorit, terdapat ribuan member yang aktif disana, baik sebagai pemberi kerja freelancer maupun pencari kerja freelance indonesia. Plusnya lagi kamu tidak perlu bayar (alias gratis) untuk mendaftar disitus ini.

Ada berbagai keahlian yang paling banyak dicari oleh pemberi kerja freelance, seperti keahlian ; website development, penulisan artikel, programmer berbasis mobile (android), desain grafis, dan masih banyak lagi.

Untuk saat ini situs projects.co.id ini paling rame projectsnya untuk ukuran situs lokal, dengan target lokal. Di setiap harinya terdapat ratusan kesempatan projects yang bisa kamu ikuti.

Disitus ini kamu bisa mencari lowongan kerjaan freelance dari menu Projects, dan bagi pencari freelance (pemberi kerja) bisa memilih layanan service/product yang sudah ditawarkan oleh freelancer maupun bisa membuka lowongan sendiri dengan membuat projetcs yang sifatnya terbuka, dari situ anda bisa menemukan kriteria freelancer yang anda cari dari daftar bidder di projects yang sedang anda buka.

2. Sribulancer.com

Hampir mirip dengan projects.co.id, sribulancer juga situs penyedia freelancer lokal yang asli Indonesia, artinya kita bisa freelancer lokal sesuai kualifikasi dan bagi freelancer juga memudahkan komunikasi dan pembayaran ketika mendapatkan projects.

Sribulancer merupakan pengembangan dari sribu.com yang sebelumnya memfokuskan pada jasa desain logo, website, brosur, dan sejenisnya.

3. Sribu.com

Seperti yang sudah saya singgung diatas, sribu.com merupakan jasa freelancer “asli” Indonesia yang lebih fokus ke layanan desain grafis, kamu bisa membuat kontes dan juga ikut kontes untuk mendapatkan income.

Situs ini sangat cocok buat freelancer yang jago desain, karena disini kamu bisa menemukan banyak sekali tema-tema desain yang berbentuk kontes, karena ini berbentuk kontes maka kamu harus mempunyai gambaran akan desain kontes yang kamu ikuti.

Ada banyak sekali varian desain yang bisa kamu ikuti disini, mulai dari ; desain logo, desain undangan, desain website, desain banner, desain seragam, desain interior, desain aplikasi mobile dan masih banyak lagi.

4. Freelancer.co.id

Situs ini berasal dari Australia, namun sudah ada versi Indonesianya. Saat ini sudah bekerjasama lebih dari 20juta pengusaha dan freelancer secara global dari 247 Negara. Banyak disitus ini pengguna baru yang sekedar mencoba dan merasakan bagaimana kerja dirumahan. Banyak yang memberikan pendapatnya bahwa disini sangat mudah mendapatkan setiap job yang di cari.

Untuk anda pengguna baru bisa mendaftar menjadi membernya pada saat pendaftaran pastikan anda memilih salah satu dari Mempekerjakan, atau kerja. Jika anda mempunyai beberapa pekerjaan dan membutuhkan pekerja lepas ini anda pilih yang Memperkerjakan (Hire). Apabila anda hanya ingin bekerja sebagai Freelance anda dapat memilih kerja (work).

5. Ruangguru.com

Bagi kamu yang mempunyai basic (keahlian) mengajar/pendidik untuk menjadi mentor (guru), bisa mencoba keberuntungan dengan bergabung menjadi pengajar di ruangguru.com, dengan begitu kamu bisa mengajar tanpa harus bertatap muka, dan cukup online (tersambung dengan internet).

Sebenarnya masih banyak sekali situs sejenis yang menghubungan antara freelancer dan pemberi kerja, terutama diluar sana semisal seperti ; fiverr, 99design, upwork, dan masih banyak lagi. Namun mayoritas dari situs-situs yang saya sebutkan barusan hanya support untuk pembayaran $$ (dollar amerika) sehingga cukup merumitkan bagi kamu yang masih awam, namun bagi kamu yang sudah mempunyai paypal dan paham bahasa inggris situs-situs tersebut bisa kamu coba, karena pangsa pasarnya yang global memungkinkan jangkauannya lebih luas.

Dari beberapa situs pencari freelance dan lowongan freelance di Indonesia kita bisa menarik kesimpulan kalau jaman sekarang tidak seharusnya kita pusing mencari kerja sana-sini, selagi kita punya kemampuan dan kemauan insyAllah jalan untuk mendapatkan hasil (pendapatan) bisa melalui banyak hal, yang salah satunya mungkin bisa dengan menjadi freelancer.

Leave a Reply