Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Tutorial Membuat Background di Coreldraw Yang Keren

tutorial membuat background di coreldraw yang keren

Kalian tentu sangat sering mendengar kata background. Jika pertama mendengar kata background tentu kami akan teringat dengan foto studio, wallpaper smartphone atau bahkan laptop. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tutorial cara membuat background di coreldraw yang keren. Background merupakan sebuah gambar yang biasa dipakai sebagai latar belakang baik itu di smartphone atau di laptop kamu. Biasanya background yang paling sering digunakan adalah foto kenangan, foto idola, pemandangan, atau bahkan background abstrak.

Pada smartphone atau laptop biasanya juga disediakan background bawaan yang bisa kamu gunakan untuk menghiasi layar laptop atau smartphone kamu. Biasanya background bawaan yang disediakan berupa foto pemandangan alam, lukisan, atau gambar abstrak. Jika kamu bosan dengan background yang itu itu saja, kamu juga bisa loh membuat desain background sendiri dengan aplikai desain. Aplikasi desain yang akan saya pakai adalah corel draw. Bagi kamu yang sedang belajar coreldraw tidak usah khawatir, karena tutorial yang akan saya bagikan dibawah ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

tutorial membuat background di coreldraw yang kerenTUTORIAL MEMBUAT BACKGROUND DI CORELDRAW YANG KEREN

Yuk langsung saja kita simak tutorial membuat background di coreldraw yang keren.

LANGKAH 1

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah buka coreldraw pada laptop kamu. Kemudian buka lembar kerja baru seperti biasa. Selanjutnya buatlah objek persegi panjang dengan Recangle Tool pada toolbox.

LANGKAH 2

Langkah berikutnya adalah buat objek melengkung sesukamu. Caranya aktifkan Bezier Tool pada toolbox.

LANGKAH 3

Kemudian buatlah objek seperti gambar dibawah ini. Pastikan objek melengkung tersebut melewati objek persegi panjang.

LANGKAH 4

Langkah selanjutnya adalah aktifkan kedua objek tersebut,  kemudian klik Intersect pada bagian atas lembar kerja.

LANGKAH 5

Selanjutnya hapus bagian yang ada diluar kotak dan hasilnya akan seperti gambar berikut.

LANGKAH 6

Ulangi langkah tadi hingga 3 kali dan menghasilkan bentuk seperti gambar dibawah ini.

LANGKAH 7

Langkah berikutnya adalah pewarnaan. Berilah warna pada ketiga objek tadi sesuai dengan keinginan kamu dan perhitungkan pula kombinasi warnanya.

LANGKAH 8

Langkah selanjutnya adalah membuat objek yang sudah diberi warna tadi menjadi transparan. Caranya klik pada Transparency pada toolbox, kemudian sesuaikan pengaturannya sesuai dengan gambar berikut ini.

LANGKAH 9

Ulangi langkah tadi pada ketiga objek yang sudah kamu buat. Warnanya kalau bisa berbeda-beda ya sob agar terlihar perbedaan warnanya ketika diberi efek transparan.

Lihat juga : Cara Membuat Efek Tekstur Batu di Coreldraw

LANGKAH 10

Langkah berikutnya yaitu menggandakan ketiga objek tadi yang sudah diberi warna. Caranya cukup aktifkan ketiga objek tadi, kemudian tarik kearah bawah sambil menekan tombol CTRL, lalu langsung klik kanan. Secara otomatis objek akan tercopy seperti gambar dibawah ini.

Langkah terakhir yaitu mengganti warna objek yang tadi sudah tercopy dengan warna lain. Hasilnya kurang lebih akan seperti ini.

cara membuat background di coreldraw yang keren

Bagaimana sob? tidak sulit kan? Selain berguna untuk membuat desain logo atau poster, kamu juga bisa memanfaatkan coreldraw untuk membuat background kamu sendiri. Selain lebih kreatif, kamu bisa menentukan desain sesuai dengan keinginan kamu. Dengan membuat background, kamu juga bisa mengembangkan kemampuan kamu di bidang desain, bahkan bisa menjual background yang kamu buat di situs penyedia background online.

Demikian artikel tentang tutorial membuat background di coreldraw yang keren. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasanmu di bidang desain corel dan bermanfaat jika membagikannya dengan orang lain. Semoga bermanfaat dan selamat belajar desain.

Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *