Tempatnya Ilmu Internet

Tips Liburan Murah dan Menyenangkan

Lebaran sudah dekat dan tidak terasa bulan puasa sudah berjalan 2 mingguan. dan saat ini pasti sudah banyak sobat-sobat yang mempersiapkan tradisi mudik. Momen ini merupakan waktu yang tepat untuk bersilaturahmi, dan juga pas untuk liburan. Bayangkan saja, beberapa bulan kedepan ini, akan lebih banyak waktu luang untuk beristirahat, dari mulai libur lebaran, Idul adha hingga akhirnya sampai ke penghujung tahun. Bicara tentang mudik dan liburan, pastinya kita semua pernah melakukannya, baik yang jaraknya dekat atau jauh. Tapi dari pengalaman kita berlibur, pasti ada saja yang tidak bisa dipersiapkan dengan baik. Padahal, sebenarnya liburan atau trip mudik ini bisa dilakukan dengan seefektif mungkin. Penimbangan hal ini diukur dari waktu yang dibutuhkan, biaya yang dikeluarkan, kenyamanan, dan manfaat yang akan kita dapatkan. Nah, dalam artikel ini saya akan membahas sedikit tips sederhana bagi sobat yang ingin liburan murah dan menyenangkan.

Sebenarnya mempersiapkan rencana liburan ini memang gampang-gampang susah, pasalnya anda harus memperhatikan beberapa hal pokok yang tanpa kita sadari bisa menghemat biaya. Dengan begitu kita tidak perlu pusing dan memaksakan diri untuk mendapatkan liburan murah, menyenangkan dan pastinya tidak menguras isi dompet anda. Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang mungkin bisa anda jadikan referensi /terapkan jika ingin menghemat pengeluaran ketika berlibur.

1. Rencanakan Liburan Anda Jauh-Jauh Hari

Jika liburan anda sudah direncanakan jauh-jauh hari maka ada banyak waktu untuk menyiapkan bekal dan materi, dengan begitu anda bisa memilih tempat wisata yang murah, termasuk akomodasi dan transportasinya. Setidaknya, 2 bulan menjelang liburan anda sudah membuat rencananya dan mulai melakukan pencarian. Baik dari tempat wisata, akomodasi, transportasi hingga menghitung perkiraan biayanya.

2. Tentukan Tempat Liburan yang Tepat

Untuk menentukan tujuan wisata ini, kita harus memperhatikan beberapa hal. Pertama dari segi waktu yang kita miliki untuk berlibur, kemudian jarak tempat wisata, biaya yang harus dikeluarkan, cuaca, serta manfaatnya. Contoh sederhananya jika dimusim penghujan alangkah baiknya anda tidak berwisata alam/mendaki gunung, walaupun ini bagian dari hobi. Seperti yang kita tahu, berwisata alam ke pegunungan akan memiliki resiko tersendiri dimusim penghujan, dan itu dapat membahayakan anda. Jadi pilihlah tempat liburan yang asik dengan memperhatikan faktor-faktor diatas.

3. Memilih Tranportasi yang Efektif

Salah satu opsi yang kelihatannya sepele tapi juga mempunyai andil yang cukup besar ialah pemilihan tranportasi yang sesuai, tapi jika anda berlibur masih di dalam satu lingkup kota mungkin tidak perlu begitu memperhatikan persoalan ini. Namun berbeda lagi jika anda akan berlibur ke luar kota, luar pulau, atau bahkan keluar negeri hehehe. Kalau rencananya seperti itu, maka faktor pemilihan alat tranportasi sangatlah penting, nah untuk yang satu ini opsi pilihan terbaik hemat penulis pastinya dengan menggunakan pesawat terbang.

tips liburan murah

Transportasi ini sekarang sudah sangat umum dan terjangkau oleh orang banyak. Dengan adanya maskapai yang bergerak di LCC, maka otomatis harga tiket yang ditawarkanpun jauh lebih murah. Kita dapat menggunakan berbagai macam cara untuk membeli tiket pesawat. Bisa langsung pergi ke bandara, agen travel di daerah tempat tinggal, atau bahkan via online. Saat ini, pembelian via online ini sedang sangat diminati karena memang dapat menghemat waktu, dan juga baik untuk melakukan rencana penerbangan. Kenapa? Karena tiap website maskapai, contohnya Tigerair Mandala atau Garuda Indonesia pastinya akan memberikan akses khusus pada konsumennya, termasuk seputar harga tiket promo dan informasi lainnya.

Tapi apakah ada hal yang lebih praktis yang bisa lebih menghemat waktu? Karena untuk mengecek satu-satu atau berlangganan email di tiap web maskapai sepertinya kurang efisien. Untuk mengetahui jawabannya sangat mudah, karena saat ini sudah mulai banyak muncul penyedia jasa meta search dan booking tiket pesawat domesti secara online. Sebut saja Traveloka, Utiket dan Tiket. Mereka sudah cukup memegang peranan dalam penawaran jasa seperti ini. Kebetulan saya sempat bertanya ke teman yang memang sudah sering menggunakannya. Teman saya ini menjatuhkan pilihannya pada Traveloka.com, karena entah kenapa dia merasa puas dengan pelayanannya, mulai dari pencarian tiketnya yang cepat, prosedurnya yang mudah, hingga pengiriman etiket ke email.

Menurutnya, Traveloka ini sangat up to date soal harga dari beberapa maskapai Indonesia, termasuk maskapai besar seperti update harga tiket Garuda, Lion air, atau Tigerair Mandala di Traveloka yang melayani suatu rute, jadi dia bisa lebih mudah membandingkannya secara langsung. Awalnya hanya menggunakan Traveloka ini sebagai barometer pembanding harga tiket saja, dan kemudian melanjutkannya ke pembelian ditravel agen lokal. Tapi entah kenapa dia mau mencobanya juga, walaupun masih ada rasa takut. Kenyatannya setelah sekali mencoba, dia jadi sangat menyukainya karena prosesnya sangat cepat dan mudah.

Selain itu dari segi harga, Traveloka ini menjadi yang termurah diantara penyedia yang sama, bahkan dengan web maskapainya sendiri. Saya sendiri sempat bingung awalnya, begitu juga dengan konsumen lainnya. Tetapi setelah menanyakan langsung di Facebook fans pagenya, ternyata memang itu resmi dan memang bagian dari kerjasama antara pihak Traveloka dengan Maskapai.

Dengan begini, proses pencarian tiket pesawatpun menjadi jauh lebih mudah. Karena tanpa perlu mengecek satu persatu kita sudah bisa tahu tentang harga yang ditawarkan, termasuk update tentang penawaran tiket promo ke email. Jadi kalau memang ingin berlibur dengan jarak yang jauh, maka bisa mempertimbangkan transportasi pesawat terbang, karena memang efektif dalam hal waktu, dan juga biaya jika mendapatkan tiket promo.

4. Mengikuti Paket Wisata

Salah satu cara yang cukup efektif ialah mengikuti paket wisata yang biasanya ditawarkan oleh penyedia jasa wisata tour and travel, dengan begitu saya yakin anda akan menghemat banyak biaya liburan dan pastinya sangat menyenangkan jika memilih tempat wisata dan jasa wisata yang sesuai dengan harapan anda. Terlebih di bulan-bulan/saat tertentu biasanya para penyedia jasa tour and travel berlomba-lomba menarik minat konsumen untuk menggunakan jasanya dengan memberikan voucher ataupun diskon khusus.

5. Carilah Informasi Mengenai Promo, Penginapan dan Tempat Oleh-Oleh yang Murah

Satu lagi tips sederhana yang bisa anda lakukan agar liburan anda hemat dan menyenangkan ialah dengan mencari informasi mengenai promo, info mengenai tempat wisata, tempat penginapan disekitar objek wisata (jika berwisata diluar kota), ataupun hal-hal lain seperti tempat membeli oleh-oleh yang murah dan khas daerah. Hal ini akan menambah pengetahuan dan memudahkan anda dalam membuat biaya yang harus anda keluarkan pada saat liburan tiba.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat bagi anda untuk mendapatkan liburan yang murah dan menyenangkan. Terima kasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.