Tempatnya Ilmu Internet

Perhatikan Hal Sederhana ini Supaya Memiliki Jantung yang Sehat

Jantung menjadi salah satu organ dari tubuh manusia terpenting yang perlu Anda rawat supaya tetap sehat. Hal ini tak lepas dari fungsi dari jantung itu sendiri yang berfungsi memompa darah ke seluruh organ tubuh manusia, karena mempunyai fungsi sebagai media yang mengatur pendistribusian darah, maka memiliki jantung yang sehat menjadi idaman bagi setiap insan manusia.

Jika jantung Anda tidak sehat, maka kesehatan Anda akan terganggu, bahayanya penyakit-penyakit yang sangat mematikan di dunia saat ini salah satunya ialah penyakit jantung. Maka dari itu Anda berkuwajiban merawatnya supaya jantung Anda tetap sehat.

Ada banyak jenis penyakit jantung yang umum kita kenal, yakni; Penyakit jantung koroner, Gagal jantung, Tumor jantung, Penyakit katup jantung, Serangan jantung, Aritmia, dan berbagai jenis penyakit jantung lainnya yang sama bahayanya.

Perhatikan Hal Sederhana ini Supaya Jantung Anda Tetap Sehat

Berikut ini adalah beberapa hal sederhana yang berdampak luar biasa pada kesehatan jantung Anda, untuk detailnya silakan disimak pada penjelasan dibawah ini.

1. Hindari Kebiasaan Buruk Merokok, atau Minum – minuman Beralkohol

Jika Anda ingin jantung yang sehat, maka menjaga pola makan dan minum merupakan hal yang utama. Hindari kebiasaan yang kurang sehat seperti; merokok, minum-minuman beralkohol, dan sejenisnya.
Hal ini karena asap rokok tidak baik untuk organ tubuh manusia, terlebih jantung. Karena mengandung zat racun cotinine dan NNK yang sangat berbahaya buat tubuh.

2. Aktif Beraktifitas Fisik atau Olahraga Secara Rutin

Dengan aktif melakukan kegiatan fisik, justru akan baik untuk jantung Anda. Lebih baik lagi jika meakukan kegiatan olah fisik secara rutin seperti berolahraga sepeda, lari, sepakbola, dan kegiatan olah fisik lainnya yang kalian sukai.

Tapi perlu di ingat dalam berolahraga jangan terlalu kelelahan, karena justru akan tidak baik untuk jantung. Jadi berolahragalah sesuai kemampuan tubuh, supaya kesehatan jantung Anda tetap baik.

3. Istirahat yang Cukup

Sebagai mahluk hidup Anda diharuskan untuk beristirahat yang cukup, hal ini sangatlah penting untuk menjaga organ tubuh Anda, termasuk jantung. Dalam dunia medis istirahat yang cukup biasanya memerlukan waktu lebih kurang 6 sampai 8 jam per hari.

Dengan beristirahat yang cukup selain menyehatkan jantung, juga membuat tubuh menjadi lebih sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol berat badan, meredakan rasa nyeri, memperbaiki suasana hati.

4. Hindari Stres

Bila Anda menginginkan jantung yang sehat, maka kelola stress Anda. Hal ini karena jika Anda stres jantung memompa darah tidak beraturan dan ini akan berdampak pada organ tubuh lainnya. Maka penting rasanya untuk selalu mengontrol stres Anda supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

5. Hindari Duduk Terlalu Lama

Perlu diketahui bersama jikalau duduk terlalu lama, ntah itu ketika kerja ataupun ketika main game di depan komputer itu tidak baik untuk kesehatan, terlebih jantung.

Hal ini dikarenakan bila Anda duduk terlalu lama tekanan darah akan meningkat, gula darah juga ikutan naik, serta kolesterol abnormal juga ikutan naik. Sehingga meskipun duduk terlalu lama tidak langsung menimbulkan penyakit, akan tetapi jika Anda lakukan secara terus menerus dalam waktu tahunan / waktu yang lama akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

6. Atur Berat Badan yang Ideal

Berat badan yang ideal menjadi penting untuk kesehatan, tidak hanya kesehatan jantung. Menjada berat badan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Caranya dengan menjaga pola makan yang sehat, gizi seimbang, rendah lemak, serta rendah kadar gula.

7. Makan Makanan yang Berserat Tinggi dan Menyehatkan untuk Jantung

Konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, Ikan, kacang-kacangan seperti:

Buah – buahan : Pisang, apel, anggur, alpukat, delima, stroberi, blueberry, raspberry, delima.

Sayuran : bayam, wortel, kangkung, daun ubi jalar, awi, brokoli, tomat, paprika merah, pok choy, labu.

Ikan : Kembung, salmon, tuna, lele, sarden, teri, mackerel, dan ikan lainnya yang tinggi akan omega-3.

Kacang – kacangan : Kedelai, almond, kenari.

Selain menkonsumsi makanan yang sudah disebutkan diatas, serta ada baiknya Anda menghindari garam grosok, serta mengurangi konsumsi makanan yang mempunyai kandungan lemak jenuh berlebih.

Itu tadi tips sehat yang bisa kalian lakukan, supaya mempunyai jantung yang sehat dan harapannya terhindar dari berbagai jenis penyakit yang membahayakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.