Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Epson Tidak Keluar Tinta

Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Epson Tidak Keluar Tinta

Printer epson merupakan salah satu produk unggulan untuk printer infus, bagaimana tidak dengan printer tipe ini kita bisa menghemat banyak rupiah. Bila dibanding jenis printer yang masih menggunakan catridge sebagai media utama printer untuk mencetak dokumen. Selain itu printer infus merk epson ini nyatanya, lumayan bandel dibanding merk lain. Maka tidak mengeherankan meskipun harga di awal tidak murah, tapi sesuai dengan kualitasnya printer merk ini jarang rusak. Namun bukan berarti anti rusak, yang namanya barang elektronik semua ada masanya. Dan bagi pengguna printer epson pasti pernah mengalami masalah printer epson tidak keluar tinta hitam atau warna tertentu (cyan, magenta, yellow). Nah untuk masalah ini, maka anda perlu tahu penyebab dan cara mengatasi printer epson tidak keluar tinta hitam dan warna.

Jika kita bicara masalah yang ada printer, maka akan ada bebeberapa penyebab dan solusi yang ditawarkan untuk mengatasinya. Bisa saja masalah terjadi karena masalah sepele seperti ; tinta yang sudah habis, atau masalah yang lebih serius yang berkaitan dengan head printer.

Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Epson Tidak Keluar Tinta

Secara umum masalah printer epson yang tidak keluar tinta, ketika digunakan untuk mencetak adalah karena tinta printer yang habis, dan masalah pada komponen head printer.

Seperti apa maksud dari masalah tersebut, akan dibahas pada penjelasan dibawah ini.

A. Masalah Tinta Printer Epson yang Habis

Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Epson Tidak Keluar Tinta

Masalah sepele yang mungkin akan ditemui pengguna epson yang baru, ialah printer epson yang tidak keluar tinta karena tidan printer yang habis, masalah ini yang paling sering ditemui dalam kasus ini, dan baru sadar setelah tidak bisa digunakan ngeprint. Maka dari itu penulis menyarankan untuk sering-sering mengecek tabung tinta, yang ada di sisi printer epson. Serta mengisi tinta sebelum tabung tinta benar-benar habis.

Namun bagaimana sudah terlanjur menemui masalah printer tidak keluar tinta, dengan penyebab tinta printer epson telat di isi ? jika anda menemui masalah seperti ini, ndak perlu risau anda tinggal mengisi tinta di tabung tinta dan kemudian clean printer epson tersebut. Adapun caranya pernah penulis bahas di Cara clean printer epson.

B. Masalah Head Printer Epson

Penyebab printer tidak keluar tinta selanjutnya adalah faktor head printer. baik itu karena head printer yang tersumbat ataupun head printer yang sudah rusak. Head printer

Head Printer Tersumbat

Masalah ini, sering ditemui pada printer epson yang sangat jarang digunakan. Bukan rahasia lagi kalau salah satu kelemahan printer dengan tinta cair, adalah ketika jika lama tidak digunakan tinta akan mengering. Dan pastinya akan merusak komponen yang ada, salah satunya head printer yang tersumbat oleh tinta mengering.

Maka disarankan jika anda sebelum membeli printer, baiknya perhatikan beberapa hal teknisnya. Untuk jenis printer epson model infus, baiknya digunakan minimal 2 minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari tinta yang mengering.

Namun jika sudah terlanjur terjadi, Jika Kondisi Head masih dalam Keadaan Fit atau tidak ada kerusakan dari segi fisik, tentunya masih ada jalan yang bisa kita tempuh. Yaitu dengan cara membersihkan Head printer.  Caranya Kita Cukup memasukkah Cairan Head Cleaner Ke dalam Head yang mampet tadi, dengan Menggunakan Bantuan Suntikan tinta.

Lihat juga :

Head Printer Rusak

Masalah seperti ini ditemui, biasanya disebabkan karena penggunaan printer yang tidak sesuai prosedur, atau bisa juga karena memang usia printer yang sudah usang. Maksud dari penggunaan printer epson yang tidak sesuai kemampuan, misalnya sering digunakan untuk mencetak kertas ukuran tebal, atau mencetak kertas 300 ratusan lembar dalam satu momen, tanpa diberi jeda untuk di istirahatkan.

Meskipun ada beberapa spesifikasi printer epson yang mampu mencetak banyak dan kertas yang tebal, namun rata-rata printer epson yang ada di pasaran dengan harga kisaran 2jutaan, tidak disarankan untuk mencetak ratusan lembar dalam satu momen.

Jika terpaksa anda mau mencetak kertas ratusan lembar, baiknya dilakukan bertahap, semisal setelah 100 lembar dikasih jeda 5-10 menit.

Solusi untuk head printer yang sudah rusak. Head printer perlu diganti dengan head printer yang baru, agar printer bisa digunakan seperti sediakala.

Itu tadi informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi printer epson tidak keluar tinta, yang umum terjadi pada jenis printer epson. Semoga artikel ini bermanfaat buat pengguna printer epson.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *