Tempatnya Ilmu Internet

Mau Investasi Emas? Yuk Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Berikut Ini

Emas merupakan logam mulia harganya selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Tak heran apabila banyak menjadikannya sebagai alat investasi untuk kebutuhan jangka mendatang. Investasi emas ini banyak sekali jenisnya, ada yang menggunakan emas perhiasan, emas dinar, tabungan emas, dan investasi emas antam dalam bentuk batangan.

Banyak orang tertarik untuk memulai investasi emas hanya karena mendengar kelebihannya saja dan mereka juga belum tahu apa kekurangannya yang akan berisiko untuk kedepannya. Bagi kalian yang penasaran akan hal tersebut, kita akan kupas tuntas semuanya di sini, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan investasi emas secara umum yang harus anda ketahui

Kelebihan Investasi Emas

  1. Mudah Cair

Baik investasi emas dinar, perhiasan ataupun investasi emas antam, semuanya mudah untuk dicairkan. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri di saat beberapa alat investasi lainnya hanya mampu cair pada saat tertentu saja. Terlebih lagi jika anda melakukan investasi emas antam, yang kadar kemurniannya hampir 99,9% , tentu anda akan mendapatkan banyak cuan dari hasil keuntungan investasi emas antam tersebut bukan?

  1. Tidak ada Pajak

Tidak sama dengan investasi saham yang kalian lakukan pada perusahaan tertentu, memilih investasi emas akan membuat kalian terbebas dari pajak. Jika kalian melakukan investasi saham bentuk keuntungan tak lantas langsung dinikmati begitu saja oleh pemegang saham, namun keuntungan tersebut biasanya juga disertai oleh potongan pajak atau keuntungan tersebut bukan dalam bentuk tunai melainkan berbentuk selembar kertas saham perusahaan.

  1. Nilai kekayaan Aman

Nilai kekayaan anda akan cenderung aman dengan melakukan investasi emas  mengingat adanya bayang – bayang inflasi yang akan terjadi seiring berjalannya waktu karena harga emas yang selalu naik dari waktu ke waktu. Jika Inflasi naik maka harga emas juga akan naik, hal tersebut membuat nilai uang kita menjadi sama dengan keadaan sebelumnya sebelum terjadi inflasi, bahkan kita juga masih bisa untung.

Kekurangan Investasi Emas

  1. Risiko Kehilangan

Risiko seperti ini sering terjadi pada mereka yang melakukan investasi emas dalam bentuk batangan atau emas antam , dan emas perhiasan yang dipakai sehari – hari. Tentu kita tidak bisa menjamin emas kita aman dari risiko pencurian bukan? Apalagi jika anda mempunyai emas dalam jumlah banyak. Untuk mengatasi hal ini, investor sering kali membayar lebih untuk menyewa fasilitas safe deposit pada bank untuk menyimpan emas yang mereka miliki atau memilih untuk melakukan investasi emas online. Sudah banyak layanan online yang memfasilitasi hal tersebut anda tinggal memilihnya salah satu.

  1. Harga Fluktuatif

Memang benar harga emas selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu, namun kenaikan tersebut tak lantas mudah untuk di prediksi, dan biasanya kenaikan tidak terjadi dalam waktu yang tidak singkat. Harga emas juga bisa turun sewaktu – waktu, hal tersebut seringkali mempersulit investor untuk memprediksi keuntungan investasi emas di masa mendatang.

  1. Harganya Lambat untuk  Naik Jika Ekonomi Stabil

Harga emas cenderung lambat naik jika keadaan ekonomi sedang stabil. Namun, jika keadaan ekonomi sedang tidak stabil, harga emas bisa mengalami kenaikan atau mungkin penurunan yang cukup tinggi. Hal tersebut juga menjadi alasan kuat kenapa emas juga digunakan sebagai alat pengukur pertumbuhan ekonomi. Apabila inflasi yang terjadi lebih tinggi dari perkiraan masyarakat, maka harga emas akan naik dan sebaliknya.

Maka dari itu, jika anda ingin terhindar dari resiko ini, sering – seringlah untuk mengecek harga emas dari beberapa layanan investasi emas online. Jadi anda bisa memantau nilai emas yang anda investasikan saat ini.

Itulah beberapa keuntungan investasi emas sekaligus kekurangannya yang akan anda alami. Bagaimana? Apakah anda sudah siap?

Leave A Reply

Your email address will not be published.