Jumat, September 30, 2022
BerandaAplikasiKelebihan Microsoft Edge dan Fitur Populer yang Perlu di Coba!

Kelebihan Microsoft Edge dan Fitur Populer yang Perlu di Coba!

Microsoft Edge merupakan salah satu browser favorit yang banyak digunakan oleh pengguna saat ini, terlebih untuk menggunakan microsoft edge tidak perlu menginstall mandiri, karena jika kalian menggunakan OS windows 10, windows 11, secara otomatis sudah include didalamnya ada Microsoft Edge. Kelebihan Microsoft Edge dan fitur populer yang ada didalamnya akan membuat kalian nyaman menggunakannya dalam waktu yang lama.

Bila dulu browser bawaan Windows Internet Explorer, yang terkenal akan tampilan yang ndak menarik, lemoot, banyak bugg, erorr, dan kekurangan – kekurangan lainnya, namun nampaknya penggantinya Microsoft Edge mengubah mindset tersebut.

Enaknya kita sebagai pengguna windows, setiap saat kita akan mendapatkan update perkiraan cuaca, berita terbaru, info saham, serta tampilan bacground yang menarik, dan masih banyak fitur menarik lainnya. Ya meskipun kita tahu bagi pengguna android hal seperti memang sudah sebagian besar ada. Namun untuk pengguna komputer desktop / laptop, fitur itu tidak bisa kita temui sebelum Microsoft Edge ada.

Kelebihan Microsoft Edge

Sebenarnya ada cukup banyak kelebihan yang ditawarkan dari Microsoft Edge, namun secara garis besar berikut ini adalah kelebihan dari Microsoft Edge yang perlu kalian tau.

Lebih Cepat, Ringan dan Hemat Baterai

Dari berbagai pengujian dan tes performa, untuk saat ini Microsoft Edge menjadi browser teringan dan tidak membutuhkan banyak space memory, dan tidak menguras baterai laptop kalian.

Dari berbagai test speed dan performa dari akhir-akhir tahun ini, setidaknya hingga artikel ini dipublish Microsoft Edge masih menjadi pemimpin dalam hal kecepatan, ringan, dan membutuhkan ruang memory yang banyak untuk mengoperasikannya.

Tampilan Interface yang Menarik

Dengan tampilan yang menarik seperti ; bacground foto maupun video, tampilan berita terupdate, info cuaca, saham, dan fitur menarik lainnya masih tidak membuat lemot, dan tetap ringan. Inilah salah satu keunggulan dari Microsoft Edge yang dimiliki sekarang.

Terintregasi dengan Layanan Microsoft

Sesuai namanya, Microsoft Edge di kembangkan oleh Microsoft, maka buat kalian yang terutama menggunakan Microsoft 365 bisa juga nih memanfaatkan fitur ini.

Lebih Safety

Bila versi pendahulunya (internet explorer) banyak kritikan perihal keamanan browser, namun tidak untuk Microsoft Edge. Sebab sudah dirancang tingkat safety yang lebih tinggi akan serangan malware, phising, dan tindak kejahatan lainnya.

Untuk menanggulangi hal – hal yang tidak di inginkan, Microsoft Edge menyediakan fitur password monitor, yang bisa dimanfaatkan untuk memindai situs-situs yang dianggap berbahaya.

Jadi dengan banyak kelebihan diatas, yakin kalian masih tidak mau menggunakan Microsoft Edge? Kalau saya sih pasti salah satu pengguna Microsoft Edge 😀 disamping google chrome, dan firefox.

Fitur Populer Microsoft Edge

Berikut ini fitur – fitur yang bisa kalian manfaatkan, ketika menggunakan Microsoft Edge.

Menambahkan Web Populer ke Bookmark Microsoft Edge

Seperti browser populer lainnya, di Microsoft Edge juga bisa lho menambahkan alamat web ke bookmark Microsoft Edge. Seperti dikutip dari Tekno Channel berikut caranya.

  • Buka Microsoft Edge
  • Kemudian buka halaman website yang ingin dimasukkan bookmark, semisal ; ketikkan https://ilmuonline.net pada adress bar.
  • Klik Add this page to favorite (tanda bintang) di sisi kanan atas, dan pada bagian Nama; silahkan beri nama / identitas sesuai yang di inginkan.
  • Klik Done, selesai.

Menambahkan Web Populer ke Bookmark Microsoft Edge

Memanfaatkan Cortana sebagai Bantuan Dalam Pencarian

Bagi kalian yang malas mengetik sesuatu yang di inginkan melalui mesin pencari, kalian juga bisa lho memanfaatkan Cortona yang dapat mempermudah dalam melakukan pencarian dengan lebih cepat menggunakan suara, di mesin pencarian bing.

Namun sebelumnya sebelum kalian menggunakannya, pastikan kalian sudah mengaktifkan dulu Cortana systemwide, dan ubah pengaturan dalam Advanced settings menjadi Get Cortana to assist me in Microsoft Edge. Dengan fitur ini, kalian serasa punya asisten virtual ya 😀

Sematkan / Pin ke Halaman dan Taskbar

Fitur unggulan lainnya dari Microsoft Edge ialah kalian bisa menyematkan / membuat pintasan / pin ke halaman ataupun taskbar laptop dan desktop PC.

Cara menggunakannya ialah buka situs yang ingin di pin / sematkan, lalu klik pada bagian titik 3 … pada sisi pojok kanan atas, lalu klik More tools >> dan pilih Pin to Taskbar (jika ingin menyematkan di taskbar) ataupun Pin to Start (jika ingin menyematkan di Start).

pin taskbar di Microsoft Edge

Dengan begitu kalian bisa dengan mudah membuat halaman pintasan di situs – situs yang kalian minati, tapi harus mengetiknya ulang di address bar Microsoft Edge/browser.

Membuka Microsoft Edge dengan Mode Penyamaran (Privasi)

Sama halnya dengan browser chrome, opera, ataupun firefox yang ada mode privasi, dalam Microsoft Edge juga ada lho. Lalu, caranya seperti apa? Seperti dikutip dari Tekno Channel kalian bisa menggunakan cara dibawah ini.

  • Cara Pertama : buka Microsoft Edge, lalu klik Ctrl+Shift+N pada keyboard secara bersamaan untuk membuka mode inPrivate.
  • Cara Kedua : buka Microsoft Edge, lalu Klik kanan pada logo Microsoft Edge yang ada pada Taskbar, dan pilih New inPrivate Window
  • Cara Ketiga : buka Microsoft Edge, lalu klik … di pojok kanan atas, New inPrivate Window. Maka akan tampil mode penyamaran (inPrivate).

Demikian penjelasan mengenai Kelebihan Microsoft Edge dan Fitur Populer yang ada didalamnya, sebenarnya masih ada fitur-fitur lainnya yang bisa kalian pergunakan, jadi silahkan di eksplore sendiri ya.

Hasanaji
Hasanajihttps://ilmuonline.net
Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular