Selasa, September 27, 2022
BerandaBloggingDomain dan HostingPengertian, Fungsi, dan Kegunaan Fitur-fitur cPanel yang Perlu Kalian Ketahui

Pengertian, Fungsi, dan Kegunaan Fitur-fitur cPanel yang Perlu Kalian Ketahui

Sebenarnya apa itu cPanel? fungsi dan fitur – fitur yang ada di dalamnya seperti apa, mungkin itu pertanyaan yang umum terpikir dibenak kalian ketika pertama kali belajar seputar website, ataupun blogger pemula. Hal ini tentu wajar mengingat sebelum kalian menggunakannya minimal sudah tau sedikit gambaran mengenai cPanel, baik itu pengertiannya, fungsi dan fitur – fitur yang biasa ada di dalamnya.

Bagi yang kalian yang ingin mengonlinekan website ataupun blog tentu harus mengenal cPanel ya. Termasuk mana saja penyedia hosting dan vps yang jual hosting & vps termurah di Indonesia, supaya kalian bisa menghemat biaya yang ditimbulkan dari sewa hosting ataupun vps nantinya.

Maka dari itu untuk artikel kali ini admin akan sedikit berbagi info mengenai apa itu cPanel, cara menggunakan cPanel, serta fitur-fitur ataupun fungsi dari cPanel yang umum ada di setiap web hosting yang kita sewa.

Apa itu cPanel

cPanel adalah panel kontrol yang mempunyai tampilan user interface, dimana didalamnya terdapat banyak fitur untuk mengelola sebuah website di layanan hosting yang dimiliki. Fitur -fitur tersebut seperti pengaturan domain, database, file manajement, kapasitas penyimpanan, dan masih banyak lagi fitur yang bisa kalian manfaatkan dari layanan cPanel.

cPanel biasanya digunakan umum di layanan web hosting, cloud hosting, dedicated hosting, maupun VPS. Baik itu yang menggunakan sistem operasi Windows, maupun Linux.

Fungsi cPanel

Secara umum fungsi cPanel ya untuk mengatur manajemen hosting yang kalian miliki, dengan tampilan yang user frendly (mudah dipahami), dimana dengan cPanel kalian bisa mengatur file website, database, mengatur domain dan subdomain, memudahkan saat instalasi CMS (wordpress, joomla, maupun CMS lainnya bila ingin menggunakan CMS), mengatur keamanan website, dan masih banyak sekali fungsi dari cPanel yang bisa kalian manfaatkan.

Kegunaan cPanel

Seperti yang sudah disinggung diatas, kegunaan dari cPanel itu sendiri sangat banyak ya, namun pada umumnya setiap layanan hosting memiliki fitur cPanel yang hampir sama.

Berikut penjelasan rincinya dan cara menggunakan cPanel yang patut kalian pahami bersama, supaya tau akan manfaat dari masing-masing fitur yang ada.

  • Fitur Pengelolaan Database Website

fitur manajemen database

Pada fitur ini kalian bisa mengontrol database yang ada, seperti ; mengganti penggunaan database ke versi terbaru, memberikan hak ases, mengupdate, mendelete, ataupun menambahan database bisa dilakukan dari fitur ini.

  • Fitur Pengelolaan File Website

Fitur Manajemen File

Secara umum fitur ini fungsinya miriplah dengan windows eksplorernya windows pada komputer ya, yakni kalian bisa mengelola file, gambar, serta disk penyimpanan dari hosting yang kalian miliki.

  • Fitur Pengaturan Domain

Manajemen domain ini sendiri, sangat cocok buat kalian yang ingin menaruh lebih dari satu domain atau subdomain dalam satu wadah hosting.

Site Publisher: digunakan untuk membuat website dengan berbagai pilihan template.

Addon Domains: Dengan fitur ini kalian bisa lho menambahkan ataupun menghapus domain.

Subdomains: digunakan untuk menambahkan atau membuat sub domain baru pada cPanel.

Redirects: digunakan untuk melakukan pengalihan atau redirect website. Selain itu juga bisa digunakan untuk menambahkan URL versi lebih singkat pada sebuah website yang kalian miliki.

  • Fitur Manajemen Email

Pada bagian ini kalian bisa mengatur email website kalian, mulai dari; menciptakan email baru, kapasitas email, auto respon email, dan masih banyak fitur menarik yang bisa kalian manfaatkan.

  • Fitur Backup dan Restore Website

Sesuai nama fitur ini kalian bisa membackup seluruh data yang tersimpan di cPanel maupun mengembalikan ke settingan sebelumnya (restore) melalui cPanel.

  • Fitur Keamanan pada Hosting

Dengan pengaturan keamanan yang benar, maka peluang website kalian aman dari tindakan kejahatan melalui online. Berikut beberapa fungsi dari fitur ini.

SSH Access: digunakan untuk menghubungkan kalian ke server secara aman lewat command line.

SSL/TLS: digunakan untuk mengelola kunci, sertifikat, dan permintaan SSL/TLS. Bagian ini sekaligus dapat dipakai untuk meningkatkan keamanan website.

Hotlink Protection: dengan fitur ini kalian bisa menghalangi website lain menampilkan konten website kalian, akan tetapi menggunakan bandwith cPanel yang kalian miliki.

IP Blocker: digunakan menghindari akses ke website melalui IP Addresss.

Let’s Encrypt SSL: dipakai untuk menambahkan SSL gratis keluaran Let’s Encrypt.

Leech Protection: digunakan mengatur jumlah login yang dapat dilakukan dalam rentang tertentu.

SSL/TLS Status: digunakan untuk menampilkan status SSL/TLS. Bagian ini juga dipakai untuk melakukan upgrade atau memperbarui sertifikat SSL/TLS.

  • Fitur Advanced dan Preferences

Pada fitur ini merupakan settingan tingkat lanjut yang bisa kalian lakukan di cPanel, seperti misalnya :

Virus scanner : sesuai namanya, yakni fitur untuk mendeteksi (scan) virus yang ada di manajemen file website kalian, jadi dengan fitur ini kalian bisa nih scan data hosting yang kalian punya untuk mengetahui seberapa aman data yang sudah kalian miliki di hosting.

Password & Sucirity : kalian bisa mengganti password baru pada cPanel sesuai keinginan.

User Manager : dengan fitur ini kalian bisa menambah, ataupun menghapus user lain, semisal dalam cPanel kalian ingin bagi – bagi peran dengan orang lain (sharing user).

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, bisa ditarik kesimpulan cPanel merupakan panel kontrol yang mempunyai interface mudah dipahami, dengan segudang manfaat untuk mengontrol suatu website dalam layanan hosting.

Dan bagi kalian yang masih pemula yang bingung mau menggunakan layanan hosting yang mana, kalian bisa lho mencoba Niagahoster yang merupakan salah satu penyedia hosting yang jual hosting & vps termurah di Indonesia.

Hasanaji
Hasanajihttps://ilmuonline.net
Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular