Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Instalasi Virtuemart ke dalam Joomla

Bagi pengguna Joomla yang ingin membuat toko online bisa menggunakan virtuemart, karena virtuemart memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan mudah pengaplikasianya, terlebih jika anda pengguna CMS Joomla. menurut pengamatan penulis hampir sebagian besar para pelaku bisnis yang menjual produknya melalui toko online sebagian besar menggunakan virtuemart untuk proses jual – beli produk, sehingga tidak ada salahnya jika anda mencoba aplikasi yang satu ini untuk membuat toko online. Untuk menginstall Virtuemart pada Joomla seperti berikut :

Langkah Pertama : Masuk ke administrator joomla “http://namadomain.com/administrator” tanpa tanda petik, setelah berhasil login maka akan tampil menu control panel joomla.

Langkah kedua : Melakukan install modul virtuemart yang telah anda download sebelumnya, jika belum mendownload silahkan download terlebih dahulu dan setelah berhasil di download sekarang proses install joomla, yakni dengan cara klik menu Extensions >> Install/Uninstall, lalu klik tombol Browse/Telusuri file mod_virtuemart.zip, lalu akhiri dengan klik tombol Upload File & Install, kemudian tunggu sampai muncul pesan “install Component Success”

Langkah ketiga : Selanjutnya adalah melakukan instalasi modul keranjang belanja virtuemart yang telah di download. caranya, klik menu Extensions >> Install/Uninstall, kemudian Browse/Telusuri file mod_virtuemart_cart.zip, kemudian klik tombol Upload File & Install, tunggu sejenak hingga ada pesan install module success.

Langkah keempat : Untuk langkah selanjutnya adalah menginstall komponen virtuemart, klik Menu Extensions >> Install/Uninstall, kemudian Browse/Telusuri file com_virtuemart.zip, lanjutkan dengan klik tombol Upload File & Install, maka akan mucul pesan install Component Success dan akhiri dengan Install Sample Data.

Proses instalasi ssudah selesai, silahkan mencoba ^<^

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

10 Replies to “Instalasi Virtuemart ke dalam Joomla”

  1. wah sangat membantu neh,, oya gan bisa buat bikin harga grosir di viertuemart ga? jadi setiap pembelian 4 barang/lebih, harga yang muncul harga grosir.. mohon bantuannya

    1. @Rifky : waah jujur sy agak lupa gan, sepertinya sih bisa. 😀 soal x dah lama ndak make virtuemart. skrg fokus sy ke opencart, klo opencart bisa di setting harga grosirnya.

  2. bang mau tanya?

    ane pake joomla 2.5 terbaru n virtuemart(2.0.20b) terbaru juga pas ane install di joomla kok ada error yah. kalo nda salah ingat errornya di line 56 sama 60 itu kenapa yah,…

    ada solusi nda?

    1. @Ebywrongway : Berarti yg perlu di cek di file bagian yg error sob, misal yg error di folder virtumart/edit.php line 50, 60 “berarti yg perlu sobat cek di file edit.php pd line 50 ato 60”.
      utk ngeceknya bisa dr file manajer dr cpanel “jika sudah online”.
      atau pake Notepad Plus(+) klo mau mengetahui detail baris/line nya “jika masih di lokalhost/komputer lokal”.

    1. @HolidayTrans : Sudah di enable/aktifkan component VM nya ?
      klo sdh tpi blm bisa, bisa jadi krn settingnya blm bener atau versinya tidak sesuai dgn seri joomlanya.

  3. Broo….klo muncul fatal error interface jobservableinterface…saat mau upload packga virtumart, apa nya yah itu??

    1. @Ato : jujur saya sdah lama ndak menggunakan VM, tpi klo biasanya kata “Interface” itu mengacu pd tampilan.. jd bisa saja tampilannya yg ndk mendukung.
      Saran cobak diganti themesnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *