Tempatnya Ilmu Internet

Cara Merubah Ekstensi File (File Ekstension) di Microsoft Windows

Dalam Windows banyak jenis file yang dapat diakses oleh pengguna, cara merubah ekstensi file baik itu file pribadi maupun file sistem. Masing – masing Jenis file tersebut dibedakan dengan menggunakan sebuah karakter agar menjadi pembeda dan ciri masing – masing file, karakter ini disebut dengan file ekstension. File ekstension adalah penanda sebuah file dengan tujuan pengguna dapat mengenali jenis file atau informasi dari file tersebut. Ekstensi file biasanya dapat dilihat di bagian akhir nama file dengan awalan titik (.) dan diteruskan dengan jenis file tersebut. Contoh misalnya file tersebut berupa gambar biasanya diberi nama Gambar.jpg, .jpg adalah ekstensi dari file tersebut yang menandakan bahwa file tersebut berupa gambar yang dapat diakses pengguna dengan aplikasi pengolah gambar.

Secara Default dari Windows, keberadaan file ekstension ini tidak ditampilkan. File hanya ditampilkan nama saja oleh Windows dan ekstensi biasanya dapat dilihat di properties dari file tersebut. File ekstension sendiri dapat diubah sesuai kebutuhan pengguna, file ekstension bisa dirubah jika ada alasan tertentu atau kondisi yang memungkinkan untuk melakukan perubahan. Terdapat cara yang dapat dilakukan pengguna untuk merubah ekstensi file di Microsoft Windows, melalui tulisan ini kami akan membahas hal tersebut.

Cara Merubah Ekstensi File

Cara Merubah Ekstensi File

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum merubah file ekstension, pastikan bahwa file ekstension di Windows telah terlihat dengan melakukan pengaturan pada Windows Ekplorer sebagai berikut.

  • Pada Windows Eksplorer untuk Windows 8, 8.1, 10 pada tab view, cek pada pilihan file ekstension untuk menampilkan file ekstension secara otomatis.
  • Pada Windows Eksplorer untuk Windows 7 Ke atas pilih menu file >> folder options, kemudian pada tab view hilangkan cek pada “Hide ekstension for known file types”, kemudian Klik OK.

Jika langkah tersebut telah dilakukan, anda bisa langsung merubah file ekstension dengan cara sebagai berikut.

  • Pada Windows Eksplorer, pilih file yang akan diubah ekstensinya, misalnya file “Gambar.jpg”
  • Klik kanan file kemudian pilih rename, atau bisa tekan tombol F2 untuk melakukan rename
  • Rename ekstensi file yang akan diubah tadi, misalnya “Gambar.jpg” menjadi “Gambar.png”
  • Jika ada dialog konfirmasi rename file, klik yes
  • File berhasil dirubah ekstensinya sesuai dengan yang diinginkan, anda bisa lakukan cek file tersebut dengan membukanya atau melihat properties nya

Tidak Semua File Bisa Diubah File Ekstension

Perlu diperhatikan bagi anda, tidak semua file bisa dilakukan perubahan ekstensi begitu saja dengan metode melakukan rename. Ada beberapa alasan yang mendasari karena jika file yang dirubah ekstensinya bisa saja membuat sistem operasi bingung untuk memproses file tersebut, misalnya anda merubah file program (.exe) menjadi file gambar (.jpg) maka ketika file tersebut dibuka maka tidak akan muncul apapun pada software pengolah gambar karena pada dasarnya file tersebut bukanlah gambar murni.

Baca juga : Cara mengatasi suara laptop yang tiba-tiba hilang

Keberadaan file ekstension juga sebaiknya dibiarkan begitu saja tanpa seharusnya dirubah oleh pengguna. Akan tetapi ada beberapa jenis file yang bisa dirubah ekstensinya, misalnya file teks (.txt) menjadi file HTML (.html) yang dapat dibuka di web browser. Jika anda ingin merubah file ekstension dengan benar maka sebaiknya menggunakan software yang dapat melakukan hal tersebut terlebih dahulu, misalnya merubah JPG ke PNG dapat dilakukan dengan software pengolah gambar seperti Microsoft Paint atau Adobe Photoshop.

Demikian artikel kami mengenai cara merubah ekstensi file di Microsoft Windows, kami sarankan hati – hati dalam merubah ekstensi file agar file tetap dapat diakses oleh anda. Semoga tulisan kami bermanfaat dan menjadi bahan informasi bagi anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.