Tempatnya Ilmu Internet

Cara memperbaiki memory card yang rusak atau tidak kebaca

Biasanya memory card rusak pada bagian sistem, dan jarang sekali memory card rusak secara fisik. Beberapa penyebab utama dari kerusakan tersebut antara lain karena kita sering mengeluarkan dan memasukkan memory card karena tujuan transfer file dari komputer ataupun sebaliknya,  bisa juga karena pengaruh dari medan magnet atau bisa juga karena panas. Biasanya hal tersebut akan menyebabkan memori corrupt /rusak sistemnya.

Bila sobat mendapatkan masalah seperti tadi  yaitu kerusakan karena sistemnya sehingga membuat memory kita hang atau tidak bisa dibuka isinya maka langkah yang dapat sobat lakukan yakni dengan memformat nya. Adapun untuk  memformat memory card berikut detailnya :

  • Silahkan lepas  memory card sobat dari ponsel dengan mengikuti langkah atau aturan yang ada. Biasanya terdapat menu cabut atau kalau tidak bisa mematikan hp sobat sebelum anda melepaskannya dari hp.
  • Kemudian masukkan memori card sobat pada card reader dan colokkan pada komputer/notebook.
  • Selanjutnya cari drive dari kartu memori anda, silakan lihat di windows explorer komputer.
  • Dan pastikan memory card sobat sudah terdeteksi, selanjutnya silakan klik kanan dan klik “format”. Jika muncul pilihan format silakan pilih format file dengan type “FAT” dan tunggu hingga proses format complted.
  • Jika sudah berhasil di format sobat bisa mencobanya mengisi beberapa data “music” dari komputer kemudian masukkan dan tes di HP sobat. jika berhasil maka memory card sobat sudah normal kembali.

Namun apabila gagal dengan menggunakan cara diatas “muncul pesan error” maka bisa menggunakan cara lain seperti berikut ini :

  • Pertama silahkan masukkan memory card sobat di card reader komputer, kemudian klik Start -> Run -> ketik “cmd”  tanpa ” ”  dan enter (OK) seperti gambar dibawah ini

perintah cmd

 

  • Tunggu beberapa saat hingga  muncul mode DOS prompt ketik FORMAT f: / FS:FAT (f=merupakan letak drive memory card, jika memory cardnya terletak di drive G maka sobat ganti dengan G) dan tunggu beberapa hingga proses selesai.

Jika munggunakan cara di atas masih tidak berhasil maka sobat bisa menggantinya dengan yang baru, dengan kata laen beli memory card baru 😀

19 Comments
  1. Nur Djulianah says

    maaf mau tanya. kalau memory card di masukkan ke slot memory android langsung panas itu karna apa ya???

    1. IlmuOnline says

      @Nur : bisa jadi karena androidnya itu sendiri sob, memang ada beberapa kasus utk beberapa type android memang seperti itu.
      Tapi tdk menutup kemungkin bisa krn faktor lain.

  2. shikaku says

    thanks
    sngat membantu 🙂

  3. Arab says

    numpang tanya.
    koq krt memory saya udh di masukin ke hp nya tapi gk conex ama hpnya ?

    1. IlmuOnline says

      @Arab : ada banyak faktor sob, bisa jadi krn Memorynya emang rusak, bisa memeorynya kekunci, bisa juga kurang pas penempatan memorynya di HP sehingga tidak terdeteksi.
      Jadi coba di cek Memorynya, pasang ulang trus restat HPnya.

  4. bboiz says

    Kalau memorynya tidak terbaca di windows explor gimana boz????

    1. Hasanaji says

      Banyak hal bisa jadi memang memory sudah rusak dan tidk bisa diperbaiki, atau bisa jadi krn faktor lain.
      coba pake solusi diatas dan jika memang msih tidak bisa kemungkinan besar memang sudah rusak “tidak bisa diperbaiki”

  5. ola says

    E… memory ku jga kek gtu,, gk ke baca di laptop ama di Hp…
    tpi,,, foto” ku banyak disana.. 🙁
    Gimana cara ny lgi.. ;'(

  6. Yusuf says

    aku baru beli memory 16 (gb/mb lupa ) aq masukin ke android di settingnya masuk ,tapi pas mau download apk “ruang penyimpanan penuh” minta sarannya gan

  7. Rio says

    bro, mau tnya.. barusan memiry card saya gak bisa kebaca lagvi. saya udh matiin hp dan copotin memory cardnya dan msukin ke hp lgi tapi sama aja gak kebaca. any idea? thank

    1. Hasanaji says

      @Rio : ada beberapa teman saya yg mengalami nasib yg sama, yg sy lakukan mencoba mengeceknya melalui komputer/notebook. Biasanya klo memorinya error akan minta di format. Sebelum sy format sy recovery dulu filenya melalui program recovery files “utk programnya search aja di google y” kemudian baru memory cardnya sy format.
      dan jika memang memory nya tdk bisa terbaca krn error/kerusakan sistemnya maka cukup dgn cara ini sudah teratasi. namun jika di format sdh tidak bisa kemungkinan besar yg rusak komponennya (minta ganti baru)

  8. santika says

    Comment
    memoriku tdak terdeteksi di hape pdhal fto2nya bnyak bisa g di benerin….selalu di suruh masukkan memory card kepala jadi pusing

  9. muhaimin says

    Bleh tanye sikit x.kalau memory x bleh langsng masuk dlm telefon kite kene wat ape

  10. ami says

    Kalo abis di format gitu,semua data dan file ikutan ilang ga gan?soalnya saya jg ga ke baca tiba2, udh coba di copot trus pasang lg,udh di restart jg,udh coba pindahin ke hp lain masih sama jg ga kebaca. Apa mungkin ini ke hiden atau rusak ya gan?

  11. lia alfariz says

    Memory saya eror, saya pengen memory seperti awal lagi.. Gmana caranya kembalikan nya ? Supaya foto2 lama masih ada dimemory itu.

    1. Hasanaji says

      @lia : sudah dicoba cara diatas ?
      jika sudah, lalu ingin mengembalikan filenya yg lama, cobak pergunakan format factory

  12. ikhsan nugraha says

    bang mw tnya . memori sya msih bnyak data nya . sblmnya kena virus dri warnet trus d scan pake avira d hp . berhubung d scan nya lama lalu saya memorynya d cabut trus d masukin lagi ada pemberitahuan memori kosong sruh format atau gak kebaca . itu gmna bang caranya buat ngembaliin data trsebut ? thanx

  13. widhi says

    Memori ku kok gk bisa kebaca di hp ya?? Malah pas tak masukan ke slot memori di hp ada tulisan memori tidak tersedia karena kerusakan fatal,,itu kenapa ya kira-kira,,apa emang memorinya udah rusak apa penyebab lain,,padhl itu memori jarang aku pakek,,tolong solusinya?

  14. Hadi says

    Bro kalau memoriku biking hang camera dan laptop sama gk muncul removeble icon nya di pc. Gimana mau formatnya bro

Leave A Reply

Your email address will not be published.