Selasa, September 27, 2022
BerandaUmumAyo Hiasi Taman Rumah dengan Jenis Rumput Taman Ini!

Ayo Hiasi Taman Rumah dengan Jenis Rumput Taman Ini!

Rumah akan menjadi nyaman ditempati jika kita bisa merawatnya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan supaya rumah kita lebih asri, indah dan nyaman untuk dihuni. Salah satu hal yang bisa kita lakukan ialah dengan menghiasi rumah dengan rumput taman, adapun jenis rumput taman sendiri ada berbagai macam.

Untuk memilih rumput yang bisa kalian lakukan ialah mempertimbangkan cara merawatnya dan budget yang harus kalian keluarkan nantinya, mengingat beda jenis rumputnya biasanya beda juga cara merawatnya, meskipun bisa juga sama 😀

Selain itu, faktor lokasi atau media yang akan digunakan juga berpengaruh lho sama perkembangan si rumput nantinya, misalnya saja ada beberapa jenis rumput yang harus terkena sinar matahari 80%, ada pula yang ndak terlalu membutuhkan sinar matahari.

Sehingga saran admin, sebelum membeli ataupun menentukan jenis rumput yang akan dipakai untuk menghiasi taman rumah kalian, ada baiknya mengkroscek dulu beberapa hal berikut.

Mengenal Jenis Rumput Taman

Berikut ini adalah beberapa jenis rumput taman yang cocok buat menghiasi sudut-sudut taman rumah kalian.

  • Rumput Jepang

rumput jepang

Rumput bernama latin Zoysia Japonica ini kabarnya bukan berasal dari jepang lho!. Tercipta nama rumput jepang, karena kebiasaan dari Masyarakat Indonesia yang menamai sesuatu berdasarkan bentuk dan kekhasan dari barang tersebut.

Bentuk dari rumput jepang ini sedikit kurus, tipis, dan agak meruncing. Sehingga agak kurang enak kalau di duduki, atau ketika berjalan diatasnya tanpa alas kaki.

Kelebihan dari jenis rumput ini ialah rumput tumbuh rapat, rapi dan tumbuhnya tidak terlalu cepat, sehingga tidak perlu memerlukan perawatan yang ekstra.

Cara merawatnya cukup sering di siram dan dikasih pupuk, serta sesekali di pangkas jika dirasa sudah terlbihat tidak rapi.

  • Rumput Manila

rumput manila

Salah satu rumput hias favorit yang cocok ditanam di rumah kalian ialah rumput manila, rumput jenis ini mempunyai ciri khas hijau pekat, tahan dipijak kaki, serta tumbuh rapat.

Maka tidak mengherankan jika jenis rumput ini, sering dipakai untuk lapangan sepakbola, karena teksturnya tadi.

Namun perlu diketahui ya, cara merawat dari rumput jenis ini perlu perawatan yang rutin dan teratur, seperti; menyiraminya, memangkas, dan memberi pupuk. Hal ini supaya rumput bisa tumbuh sesuai yang yang diharapkan.

  • Rumput Gajah Mini

rumput gajah mini

Varian rumput gajah mini ini, mempunyai bentuk daun yang relatif lebih lebar dibanding jenis rumput manila, ataupun jepang, namun ukurannya lebih kecil dibandingkan rumput gajah besar.

Kelebihan dari jenis rumput ini ialah tidak perlu pencahayaan matahari yang ekstra, cukup memerlukan sekitar 50% cahaya matahari, memerlukan sedikit puput, tumbuh menjalar kesamping, serta tahan ketika di injak kaki.

Rumput ini cocok buat taman rumah yang sering dipakai main anak, karena bentuknya yang padet, serta daunnya tidak terlalu besar sehingga tidak terasa sakit ketika di injak anak-anak.

  • Rumput Gajah Besar

rumput gajah besar

Sesuai namanya, jenis rumput ini mempunyai daun yang sedikit lebih lebar dibandingkan rumput gajah mini. Namun jenis rumput ini bukan sama dengan jenis rumput gajah buat pakan ternak lho ya 😀

Kelebihan dari jenis rumput gajah besar ialah perawatannya yang mudah, yakni dengan disiram, dan dikasih pupuk sesekali. Selain itu harganya juga relatif murah jika dibanding jenis rumput lainnya.

  • Rumput Swiss

rumput swiss

Rumput yang satu merupakan salah satu jenis rumput yang eksotis, karena memiliki tekstur lebih halus dibanding jenis rumput lainnya.

Namun sayangnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu perawatan agak ekstra ya seperti misalnya; rutin memangkasnya, pencahayaan matahari yang cukup, memupuknya.

Jika kalian pintar merawatnya, maka taman rumah akan terlihat lebih menawan jika ditanami rumput jenis swiss ini. Namun sayangnya untuk mendapatkannya siap-siap dana yang lumayan ya, karena dipasaran Indonesia harga rumput jenis ini relatif masih tinggi.

Ternyata ada banyak juga ya jenis rumput yang bisa kalian manfaatkan untuk menghiasi sudut-sudut rumah ataupun taman rumah kalian ya, dari penjelasan diatas kiranya sekarang sudah mulai paham ya, kira-kira kalau mau mempercantik rumah kalian, mau menggunakan rumput jenis yang mana.

Hasanaji
Hasanajihttps://ilmuonline.net
Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular