Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

Microsoft /Ms Excel tak lepas dari rumus rumus excel yang paling sering digunakan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan data office. kita tahu sendiri kan rumus excel sangat bervariasi dan banyak banget. Buat sobat ilmuonline yang lagi mbutuhin rumus Ms excel untuk keperluan kerjaan atau hanya sekedar mau belajar Ms excel bisa di simak penjelasan singkat saya di bawah ini :

1. SUM

Rumus SUM ini paling sering di gunakan, fungsi utamanya adalah untuk penjumlahan /menjumlahkan. Misal :

=SUM(B12:B25) artinya menjumlahkan data di kolom B12 sampai B25

2. AVERAGE

Fungsi untuk mengabil nilai rata-rata suatu variable, misal :

= AVERAGE(D7:E7) artinya menngambil nilai rata-rata dari D7 sampai E7.

rumus average excel Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

 3.  AND

Fungsi Menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR DAN FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH.

Contoh kasus : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.

rumus if dan and 450x103 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

 

4. NOT

Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR

rumus not pada excel 450x173 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

 

5. OR

Fungsi Menghasilkan TRUE jika beberapa argument bernilai BENAR dan FALSE jika semua argument SALAH

rumus or dalam excel 450x144 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

 

6. SINGLE IF

Fungsi Menguji kebenaran suatu kondisi, contoh kasus

rumus IF dalam excel 450x150 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

 

7. MULTI IF

Fungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi. contoh kasus

rumus multi if 450x115 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

 

8. AREAS

Fungsi Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di sebutkan). Contoh kasus 

fungsi areas 450x195 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

 

9. CHOOSE

Fungsi Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range.

rumus choose in excel Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

 

10. HLOOKUP

Fungsi Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syarat penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh kasus

rumus hlookup di excel 450x206 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

 

11. VLOOKUP

Fungsi menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syarat penyusunan tabel  data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh kasus

rumus vlookup in excel 450x123 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

 

12. MATCH

Fungsi menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. contoh kasus

rumus match in excel 450x315 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

13. COUNTIF

Fungsinya untuk menghitng jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. adapun rumus yang serng digunakan adalah =COUNTIF(range;kriteria).

Misal :  menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. maka hasilnya adalah total siswa yang remidi.

Dan masih banyak lagi rumus-rumus excel yang mungkin bisa sobat pelajari sendiri. atau sobat bisa juga mbaca panduan /contoh kasus dari kumpulan rumus-rumus excel 2007 disini.

Perhatian : Dalam beberapa kasus rumus yang menggunakan koma “,” tanpa petik atas ” tidak bisa di gunakan, jadi sobat ganti tanda koma”,” dengan tanda titik koma “;” tanpa tanda ” begitupun sebaliknya.

Tags:

Rate this article!

Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap,4.38 / 5 ( 8votes )
author

Author: 

Hanyalah seorang pemuda yang hoby dengan dunia blogging, penulis seorang blogger newbea yang ingin berbagi tulisan tentang komputer, teknologi, gadget, internet dan sesuatu hal yang penulis tahu melalui blog ini. Jika ingin bertukar pikiran, share, atau ingin mengenal lebih dekat mengenai saya bisa menghubungi melalui twitter ataupun facebook.

120 Responses

  1. author

    Benyo Cyberprotokol at 6:24 pmReply

    keren gan infonya, sangat berguna banget sekalian buat belajar neh sukses buat agan

    • author Author

      IlmuOnline at 6:31 amReply

      @Benyo Cyberprotokol : amien gan, thanks sudah berkunjung di blog ini.

      • author

        Leonardus at 6:02 amReply

        rumus kurang gk ada ya?

        • author Author

          IlmuOnline at 12:08 amReply

          @Leonardus : klo kurang cukup pake tanda minus (-) sob, misal cell B2 dikurangi B3, maka cukup dgn rumus =B2-B3 (enter)

  2. author

    ari at 9:22 amReply

    gan mhn pencerhannya :
    klo pakae rumus vlookup khan satu parameter nyebutkan satu nilai, klo satu parameter banyak nilainya, trus saya ingin menyebutkan banyak banyak nilainya tersebut pake rumus apa ya Gan,hehe (kira kira tahu maksudsaya gak ya )

    • author Author

      IlmuOnline at 11:33 amReply

      @Ari : coba saya jawab ya “sepaham saya”
      setau q vlookup kan emang bisa mempunyai banyak nilai “misal nilai siswa bisa mendapatkan nilai A,B,C,D,E sesuai dgn definisinya”. Tapi klo misal sobat bingung dgn rumus Vlookup bisa menggunakan rumus Multi IF.

  3. author

    ila at 10:51 amReply

    kereen makasih buat ilmu nya , jd bisa deh ujian praktek nya buat besok :) ;)

    • author Author

      IlmuOnline at 11:18 amReply

      @Ila : yups masama, untuk contoh lengkapnya bisa di donlod dalam format excel pd postingan paling bawah.

  4. author

    Ramli at 5:17 amReply

    gan kalo rumus nilai mutu apa ya?

    • author Author

      IlmuOnline at 11:36 pmReply

      @Ramli : utk rumus nilai mutu, mungkin bisa pake fungsi multi IF sob.
      jadi misal cell yg mau dinilai “F7″ maka rumusnya =IF(F7>79,”A”,IF(F7>69,”B”,IF(F7>59,”C”,IF(F7>49,”D”,”E”))))
      mudah2an bisa dimengerti ya..

      • author

        KangUky at 10:21 amReply

        salam om makasih banyak untuk ulasannya
        mau tanya om, kalo menggunakan MULTI IF kalo kondisinya lebih dari 10 gimana om??
        saya hanya bisa menggunakan multi if sampe 8 saja je.. terimakasih untuk penjelasannya..

  5. author

    deka at 3:51 pmReply

    berguna banget nih . makasi bro…. ! :D

    • author

      puji susanti at 11:54 pmReply

      agan masih belum paham nii masih dalam tahap belajar,gimana ya biar belajar rumus-rumusnya lebih mudah..

      • author Author

        IlmuOnline at 12:49 amReply

        @puji : yg kurang paham bagian mana mbak ?
        coba di baca dan praktekan aja mbak, krn klo ndak sering di praktekkan jga akan lupa lagi. naah dr situ nanti lama kelamaan akan paham dgn sendirinya.
        saran “komputer” di pelajari bukan utk di hafal, melainkan utk di praktekkan.
        jadi solusi terbaiknya ya mbaknya harus sering berlatih, selain itu di pahami struktur penulisan rumusnya. :D

    • author

      puji susanti at 1:27 amReply

      ..agan masih belum paham nii masih dalam tahap belajar,gimana ya biar belajar rumus-rumusnya lebih mudah..

  6. author

    sita at 2:53 amReply

    bagaimana caranya agar jika seseorang memasukkan NIM lalu enter maka dalam kolom masuk otomatis tertera jam komputer, dari jam tersebut tidak berubah.
    terima kasih

    • author Author

      IlmuOnline at 3:41 amReply

      @Sita : mungkin bisa pake rumus NOW sist dgn perintah “=NOW()”
      utk detailnya mungkin bisa di lihat pd ebook excel pd BAB7.

      • author

        Ruslan at 8:05 amReply

        Wowww keren,,,,!!!

        sangat bermanfaat.

  7. author

    Deddy Nurrochman at 5:00 pmReply

    thnks ilmunya….sip trus deh…
    by deddy

  8. author

    kiki at 5:24 pmReply

    Kereeen blognya, sangat membantu.. makasih

  9. author

    mariya at 8:51 amReply

    permisi, mw tny nih,,ada gk rumus di excel yang bisa di pk’ buat mengecek hrga, ky’ program di supermarket gt,,
    thx’s

    • author Author

      IlmuOnline at 2:13 pmReply

      @mariya : utk excel sepertinya ndak bisa sist, klo yg di supermarket2 ntu pake bahasa progamming sendiri seperti : java, visual studio, delphi, foxpro, ajax, dan bahasa pemprograman lain tergantung supermarketnya.
      kalu pengen tau caranya, mbaknya bisa mempelajari pemprograman terutama ttg database.

  10. author

    AHMAD ROSID at 1:51 pmReply

    INFO SANGAT BERMANFAAT.
    TERIMAKASIH KAWAN

  11. author

    toto at 3:44 amReply

    Gan, mau tanya nih.Kalau fungsi vlookup bagaimana caranya supaya hasil di kolom index otomatis terkalkulasi apabila di lookup value muncul lebih dari 2x.Karena yg sy coba hanya baris pertama saja yg terlookup. Trims infonya

    • author

      Enny at 2:42 amReply

      saya juga punya pertanyaan yang sama dengan ini. mohon bisa bantu jawabannya? tq

  12. author

    wahyu at 10:55 amReply

    gan,mohon dibantu,gw ada file didalamnya ada beberapa sheet,and si bos pengen gw menyandingkan antara satu data di sheet satunya dengan data di sheet lainnya,untuk compare,apakah nomor/nilai nya cocok ga antara data satu dengan sebelahnya,kebetulan ini adalah data nomor faktur dan nilai PPN nya..mohon dibantu ya..

    • author

      wahyu at 10:56 amReply

      lanjutan..dan yang dikompare data SPT dengan ledger..

    • author Author

      IlmuOnline at 11:30 pmReply

      @wahyu : mungkin bisa pake cara seperti yg di jelasin di excel support ini http://support.microsoft.com/kb/213367/id-id

      • author

        wahyu at 4:24 amReply

        gan,gw gi coba rumus nya nih,tapi kalau mau ditambah warna,rumusnya jadi gimana ya?jadi yang sudah match atau ada,dia otomatis ke blok by warna gitu..thanks gann

        • author Author

          IlmuOnline at 11:11 amReply

          @wahyu : waah klo yg itu sy kurang tau mas :D
          kayake siih ndak isa ya, pling2 klo mau ngeceknya pake printah Find”cari” klo ada yg double kan keliatan, nah dri situ bisa kita kasih tanda sendiri dgn color. dgn kata laen pake cara manual. :D

  13. author

    wahyu at 1:51 amReply

    ooke gan..thanks ya..nanti kalau ane ada masalah lagi,dibantu lagi ya.hehehe..thanks once again..

    • author Author

      IlmuOnline at 12:00 amReply

      @wahyu : yups sama2, klo ane bisa pasti ane bantu :D
      btw thx udah mampir lagi.

  14. author

    Riki at 9:46 amReply

    Bila ada kondisi

    Customer Type qt’y
    A grade A 312
    A grade B 221
    C grade B 99
    C grade B 203
    B grade A 211
    B grade A 32
    A grade B 100
    B grade B 94
    C grade B 220

    Saya mau jumlahkan qty setiap customer dan typenya
    contoh jumlah:
    Customer A dengan Grade A = …? (qty)
    Customer B dengan Grade A = …?
    Customer A dengan Grade B = …?

    Help dong..!! saya coba pake “SUMIF()” cuma bisa 1 kondisi (maksudnya Customer doang atau Grade doang). SUMIF() 2 kondisi bisa ga?. Saya coba SUMIFS() pake excel 2003 ko ga bisa-bisa.

    *saya pake excel 2003
    please ya formulanya…

    • author Author

      IlmuOnline at 12:06 amReply

      @Riki : Naah looh, klo 2 kondisi sprti ni gmna ! :D
      emm cobak aja pake multi if plus “AND” sob jadi gabungan antara fungsi IF & AND.
      soal type mau pake 2003, 2007 ataupun 2010 klo menurut saya sih ndak ada masalah sob klo di rumus. jadi asal rumusnya bener, y pasti bisa.

      • author

        Riki at 7:57 amReply

        Sudah coba, dan tidak bisa sob,
        yang paling mendekati pakai formula =SUMIF()(dan ini sudah saya coba namun tidak berhasil),
        kalo tidak salah, saya pernah coba ternyata untuk excel 2003/2007/2010 ada beda sob, ada beberapa fungsi 2007 bila di kondisikan di 2003 yang tidak bisa, contoh fungsi/formula =SUMIFS() tidak bisa di jalankan di 2003, hanya =SUMIF() [tanpa S] saja yang bisa di 2003, maaf ya, itu kalo saya tidak salah. hehe…
        Nah kondisi yang saya post tersebut belum saya temukan cara formulasinya. hehehe,,, mohon bantuan ya kalo sob lagi iseng.

  15. author

    Irul at 5:17 amReply

    siang gan,
    gan mw nanya, q kan pke rumus hlookup/vlookup akan tetapi kodenya campuran karakter dan angka/numerik. sprt ini :

    kode
    123/A/C
    321/B/B
    213/C/A

    kalo utk kode A atau C (huruf) sy bisa kerjainnya, rumusnya seperti ini ( =HLOOKUP(MID(A5;5;1);F19:I20;2) )atau ( =HLOOKUP(RIGHT(A5;1);K19:N20;2) ). tapi ketika saya ambil kode yg angka sy gunakan rumus diatas tdk mau y gan, knp y? klo emang menggunakan ‘char’ keterangan rumus lengkapnya gmn y? tks gan

    • author Author

      IlmuOnline at 4:10 amReply

      @Irul : bisa sob, gini klo sobat make character biasa rumus di ketik biasa seperti diatas, cumak klo mau manggil angka rumusnya sama tetapi tambahi petik dua “angka” seperti itu.
      semoga bisa dimengerti ya, and thanks udah berkunjung & commnet dimari.

  16. author

    master_exel at 3:28 amReply

    this is a good lesson. I hope we can share about our knowledge in exel..!! thank’s..!!

  17. author

    Agus Suprapto at 2:03 pmReply

    Trims berat atas ilmunya…. cuman untuk BAB08L kok nggak kena di extract ya Boz… mohon bantuan deh, mudah-2an bertambah banyak pahalanya. Amien

    • author Author

      IlmuOnline at 4:16 amReply

      @Agus S : bener sekali sob, bab 1 n 2 nya emang filenya hilang ntah kemana :D, utk bab 8nya iya kayake. and amien udah di doain.

  18. author

    putri at 12:36 amReply

    gan, kalo soal kaya gini “tunjangan jabatan diberikan kepada pimpinan dan manager 3% dr gaji pokok?
    rumusnya pake apa yah?

    • author Author

      IlmuOnline at 4:18 amReply

      @putri : pake aja rumus presentasi sist, misal gini gaji pokoknya berada di cell F5 maka di bagian tunjangan jabatan di isi rumus =3%*F5 trus enter.

  19. author

    Fazry at 4:57 pmReply

    TERIMA KASIH….
    SANGAT BERMANFAAT

  20. author

    Lintas Informatika at 5:25 pmReply

    thanks bro

  21. author

    kevin at 8:53 amReply

    thank’s guys..

  22. author

    AYSYAH at 2:07 amReply

    AGAN BAGAIMANA CARA NYARI NILAI” RATA”????
    THANKS

    • author Author

      Pengelola at 12:43 amReply

      @Aysyah : untuk mencari nilai rata2 gunakan rumus =AVERAGE(celldata), utk detailnya sudah saya bahas penjelasan di atas.

  23. author

    ety at 3:14 amReply

    Bagaimana rumusnya bila kita ingin memasukkan kode data untuk jenis kelamin berbeda tetapi mempunyai batasan (if) yg berbeda pada kolom Hb?

    • author Author

      Pengelola at 12:44 amReply

      @ety : mungkin bisa menggunakan rumus multi IF.

  24. author

    Yuvan Suharmoko at 12:46 amReply

    Makasih banyak atas semua infonya bro, sangat bermanfa’at nih

  25. author

    Vietha at 7:05 amReply

    terimakasih….

  26. author

    luqman at 2:01 pmReply

    gan mo tanya?
    klo kita mo ngitung value(Rp) jd prosentase(%)di excel itu gmn y gan caranya?
    contoh : target penjualan: Rp 27.000.000, realisasi : Rp 20.000.000, klo cara hitung manual kan caranya sperti ini: realisasi:targetx100, klo di excell itu caranya gmn gan?

    • author Author

      IlmuOnline at 2:58 amReply

      @luqman : gini sob, klo seperti itu pake fungsi dari percent style (%) yang ada di tab Menu Home, detailnya seperti ini. misal cell realisasi berada di cell E10 dan target di cell E12 maka rumusnya =E10/E12 kemudian click menu percent style (%) atau pake tombol shurtcut CTRL+Shift+%
      maka nantinya akan muncul presentase nya.

  27. author

    ririn at 2:09 pmReply

    kalo datanya berkaitan satu sama lain dalam sati file tp beda sheet, misalnya saya masukkan angka-angka ke sheet A kemudian saya jumlah. jumlah ini akan saya masukkan ke sheet lain sebagai rekapitulasinya. menurut anda, saya harus pake rumus apa? gimana? selama ini saya pake “cut” kemudian saya “paste”, ini makan waktu dan kerja dua kali. mohon dibantu dan terima kasih.

    • author Author

      IlmuOnline at 1:17 amReply

      @ririn : tinggal di linkkan (dihubungkan) aja sist, caranya pd cell sumber ketikkan = trus menuju ke sheet tujuan yg mau dihubungkan dan enter.
      klo mau di kalikan berarti tinggal nambahin faktor kali (setelah melakukan cara diatas)
      dan klo misal mau di copy rumusnya ke cell lain dibawahnya, berarti hapus dulu tanda $ ($ 2 terakhir) kemudian tinggal tarik seperti copy rumus biasanya.

      Semoga bisa dimengerti.

  28. author

    sinola at 5:05 pmReply

    bertanya, saya punya kasus yakni, sy mau jumlahkan mslnya 3+5+0,5 tp stlh sy jlnkan trnyata jwbannya adlah 8. berrti 0,5 itu tdk trhitung njd bgmn racanya menjumlhkn itu agar 0,5 itu trhitung jg krn sy sdh gunakan =sum(D1:D15) tp tdk trhtung 0,5 itu. trm ksh sblmnya

    • author Author

      IlmuOnline at 1:29 amReply

      @sonola : itu terjadi krn, cell tujuan masih blm menjadi bilangan pecahan sob.
      solusinya di cell tujuan klik kanan >> Format cells, di bagian Number >> Number pada bagian Decimal Places = 1 “bukan 0″ trus tinggal pilih OK

  29. author

    Anung Mirna Sari at 11:08 amReply

    gmna klo cara nyari vlookup dan hlookup?
    contohnya gmna?

    • author Author

      IlmuOnline at 2:38 amReply

      @Anung : sudah ada penjelasan + contohnya diatas, silahkan dibaca pd nomor 10 dan 11 disitu sudah sy jelasin.

  30. author

    rizqy khairani at 2:23 amReply

    makasih yea atas informasinya….
    sangat membantu loh… :)

    • author Author

      IlmuOnline at 2:42 amReply

      @rizky : yups sama2 sob.
      makasih juga udah mampir di ilmuonline.net

  31. author

    RYAN at 4:43 amReply

    GAN low mau nulis di kolom itu jg,mksudnya hanya menulis “s” truz munculnya “start” thu apa rumusnya gan…………….???

    • author Author

      IlmuOnline at 7:05 amReply

      @Ryan : kalau seperti itu ndak isa setahu saya. soale gini ibarat kata kamu mau nulis kata “saya” ndak isa krn ketika ketik “s” yg muncul malah “start” kan jadinya malah rancu..
      biasanya gini klo dlm excel misal sebelume pernah nulis kata “selamat” otomatis ketika ngetikkan kata baru nyampe “selam..” sudah muncul opsi kata “selamat”. klo ini emang bisa dan otomatis, ndk perlu disetting2 lagi.

  32. author

    yayah at 2:38 amReply

    mas saya pengen bljar dari awal, dku waktu SMa saya sdah bisa menguasai MS,excel tapi berhubung saya sdah lama ga di praktekkan jdi lupa smuanya

    bleh minta bntuan ga postingin cra bljar akuntansi menggunakan ms,excel

    • author Author

      IlmuOnline at 2:50 amReply

      @yayah : Maaf utk blog ini saya kemungkinan besar ndak isa posting ttg office “termasuk excel”, jadi klo mau request posting ttg office bisa request di blog sy yg satunya http://dasar-office.blogspot.com yg memang sy tujukan khusus buat office tutorial..
      tpi perlu di ingat klo request juga hrs yg jelas, jgn terlalu luas pengertiannya. sperti misalnya ttg akuntansi “akuntansi kan banyak, akuntansi dasar, ato akuntansi yg mana” naah makanya perlu spesifikasi dan kejelasan juga..

  33. author

    arif muhammad at 5:40 amReply

    thanx gan,ane jadi inget lagi rumus masa smp nih …

  34. author

    pras at 6:52 amReply

    Terima kasih infonya
    Membantu banget

  35. author

    Nanda at 2:40 amReply

    gan,misalnya “ABC” itu barang rakitan yg udah jadi gmna biar kita ketik ABC tapi secara otomatis barang “A” “B” “C” yg rakitannya itu keluar? mohon dibales ya

  36. author

    inunk at 12:53 pmReply

    klau rumusx mengurangi or mncri msa krja gmna???????????????

  37. author

    ruhiy4t at 2:14 amReply

    aku lagi ada tugas buat jurnal keuangan, dalam pembuatan nama akun udah pake depline name otomatis, tapi gimana caranya supaya ketika masukan akun yang berposisi kredit, posisinya menjorok 5 spasi ke kanan secara otomatis, terima kasih

  38. author

    AHMAD at 10:15 amReply

    kalo rumus kurang gmana kalo beberapa kolom ko ga bisa kalo pake rumus=(a)-(b)

    • author Author

      IlmuOnline at 11:40 amReply

      @ahmad : maaf setau saya seharunya rumus kurang ndk pake tanda kurung (), cumak simple tinggal misal yg ingin dikurangin Cell A12-B12-B13 berarti nulis rumusnya =A12-B12-B13 “kemudian tekan enter”

  39. author

    icha at 12:51 pmReply

    gann .. w bingung ne , klo ada pertanyaan Y=a+bX.
    a nya uda diketahui, angkanya tetep sama
    b nya juga uda diketahui, angkanya tetep sama
    y juga uda diketahui, tapi angkanya beda” setiap kolom

    pake rumus apa si masukin nya ?
    mis,
    1. 12+13.5 = ?
    2. 12+13.9 = ?
    3. 12+13.19 = ?
    dst ..
    tolong kasih tw rumus cpt ny y gan … :D
    MKASIH SBLUM NA ..
    tetep sukses

  40. author

    ASEP PIRMAN at 1:44 pmReply

    Agan,,saya mau nanya.saya lagi input database karyawan.pakai rumus vlookup,tapi kadang ketika saya setelah saya input nomor karyawan yang muncul di rumus vlookup nya malah bukan nama dia.
    contoh:
    nokar nama
    ’001885 udin
    ’001713 yudi
    ketika saya input nokar ’001885 yang muncul namanya malah yudi,mohon pencerahannya.makasih

    • author Author

      IlmuOnline at 4:40 pmReply

      @Asep Pirman : itu berarti pendeklarasian vlookapnya kurang tepat sob, jadinya kegeser kebawah outputnya.
      Solusinya coba diteliti rumusnya, itu sepertinya peletakan rumusnya aja yg kurang tepat.

      • author

        Rudi at 2:37 amReply

        Coba Tambahin False dibelakang rumusnya agar pencariannya lebih tepat, seperti ini: =Vlookup(referensi yang dicari;range tempat mencari;index;false)
        Soalnya kalau ga pakai false jika referensi yang dicari tidak adapun akan dicarikannya yang terdekat.
        Misal List A B C D terus kamu input referensinya F maka jika tidak pakai false akan tetap muncul hasilnya akan kemungkinan akan memilih dari referensi A atau D.

  41. author

    dewisps at 3:41 amReply

    terimakasih banyak.. :)

  42. author

    Dadang at 2:46 amReply

    Misi gan..
    Mau tanya dong, kalo saya mau bikin rumus begini gimana caranya ya?
    Misal saya punya list orang sebagai master data, nah kalo saya comot satu nama orang tersebut saya cantumkan pada jadwal pekerjaan masih di sheet yang sama, nama orang tersebut berganti warna atau terblok warna lain (merah atau biru0 terima kasih..

    • author Author

      IlmuOnline at 9:43 amReply

      mungkin bisa pake Conditional Formatting >> Color yg ada di menu Home.

  43. author

    Parlin at 6:48 pmReply

    gan tolong dong.
    Misal di A1 s/d A2000 adalah brisi 6 digit angka yg smuanya berbeda, dan di B1 s/d B2000 brisi type dari kolom A yg jumlahnya 20 type.
    Yg ingin saya tanyakan, rumus apa yang harus saya gunakan di kolom D jika yang saya ketik di kolom C1 itu sama dgn yg ada di kolom A30, maka di D1 menghasilkan yg ada di kolom B30.
    Mohon di jawab. Tq

  44. author

    vie86 at 11:29 amReply

    gan,saya mw tanya ni….saya mw buat rumus penulisan angka silang , misalnya A.B.C.D setelah kita ketik di excel maka otomatis mengkonversi menjadi masing-masing AB AC AD BC BD CD BA CA DA CB ,saya bingung..hehe

  45. author

    Eka eliyae at 4:52 amReply

    aku suka ini yang aku cari soalnya aku bekerja banyak menggunakan rumus2an …tapi aku ingin belajar lebih lagi nih ..

  46. author

    feri at 5:40 amReply

    rumus if yang bagaimana jika kondisi yang di minta spt ini?
    GOLONGAN SKOR
    II a 1
    II b 2
    II c 3
    II d 4
    III a 5
    III b 6
    III c 7
    III d 8
    mohon bantuannya, thank sebelumnya

  47. author

    SADRI at 9:29 pmReply

    bagus itu bikin kitaa lenih mengerti lebih banyak tentang mc.ecel

  48. author

    Master Wedding at 2:12 amReply

    Trims, sangat membantu pekerjaan kami

  49. author

    qia at 10:44 amReply

    aq ada tugas buat rumus nih,,,,buat nentuin isi jabatan pkai fungsi if, tp aku kebingungan….

    • author Author

      IlmuOnline at 11:10 pmReply

      @qia : pake rumus Multi IF sob

  50. author

    Adam's New Heart at 4:58 amReply

    THANK Informasinya,…
    ,….

    Good Luck

  51. author

    amel at 4:01 amReply

    mau tanya gan vlookup sma hlookup itu buat cari apa yaa masih kurang paham

  52. author

    Randy at 3:23 pmReply

    Sip. Terima kasih banyak buat infonya.

  53. author

    Bloggiest Girl at 6:53 amReply

    makasih infonya….sangat membantu buat belajar :)

  54. author

    Agus at 1:32 pmReply

    Makasih ilmunya Pak. Pak bisa diajari pakai rumus apa kalo mau bikin hitunga pemilihan kepala rt/rw/kadus/pilkades pakai excel. Misal kita buat userform utk input nomor urut calon, ketika surat suara dinyatakan sah maka kita input nomor urut ybs, maka jumlah suaranya menambah 1 suara. dan bila kebablasan bisa kita kurangi lagi….

  55. author

    riyant at 2:35 pmReply

    gan tolongi ane donk, ane ada masalah dikit nih,

    a 70
    b 70
    c 55
    dicari nilai rata rata?
    dengan asumsi bobot nilai
    a=20%
    b=30%
    c=50%

    kalo tanpa bobot nilai kan mudah misal =average(b3,c3,d3). kan dah dapat nilai rata rata tuh. nah klo dengan asumsi diatas gmna tuh gann…??

    tahank gann sebelomnya…

    • author

      anisa chubie at 2:16 amReply

      hem.. coba deh kaya gini,,

      =D8*20 %
      dan sterusnya,,
      D8 itu tempat cell itu berada

      coba ajaa,, may bee bisa

    • author

      anisa chubie at 2:24 amReply

      @riyant. ngerti gak maksud nisa?

  56. author

    Katrok at 10:07 amReply

    Gan……. saya coba menggunakan multi if, yang bisa bekerja hanya 8 perintah…. selanjutnya tidak beerfungsi ?
    sedangkan yang saya butuhkan 11 perintah berturut-turut, mohon solusinya……..

  57. author

    wira at 4:27 pmReply

    slmt malam,
    cara menampilkan choose itu gimana ya? saya pakai ms.office 2013, stelah diketikkan rumus sprti diatas ga bisa muncul pilihan, yg muncul hanya hasil cell yg diketik manual.
    trims sblm nya. mhon pncerahannya :)

  58. author

    asmayadi at 2:41 pmReply

    Terima kasih sekali atas infonya

  59. author

    iwan at 3:43 amReply

    ok gan, muantap,
    ijin copas ya, he he he
    salam,

    m. ayubbain

    • author Author

      Hasanaji at 2:50 pmReply

      @iwan : sorry sob bukannya pelit, tapi mohon untuk tidak di copas. krn itu akan pengaruh di search enggine “duplicate content”.
      Klo ingin dipelajari silahkan.

  60. author

    rumus excel lengkap at 6:57 amReply

    ptogram excel ini memang mantap membantu sekali dalam pekerjaan sehari hari. namun terntata tidak mudah menguasai semua rumus tsb.blog tutorial excel seperti ini tentu akan bermanfaat bagi bsnyak orang,terrmsduk saya yg msih belajar excel

  61. author

    totok at 10:40 amReply

    Kalo ada pendftar 50 org, yang registrasi 35org secara acak, bagaimana cara mengetahui secara urut yang tidak registrasi. Tq

  62. author

    novita at 9:04 amReply

    maaf min, mau tanya.
    aku kan buat data di excell dengan beberapa sheet. gimana ya cara biar sheet ke 2,3,4,dst otomatis ke copy dari data sheet pertama? biarpun saya merubah 1 angkapun. Terimakasih ya min

  63. author

    Fauzan Jani at 10:34 amReply

    gak ada gambar kolom dan sel jadi yang newbie kurang faham

    • author Author

      Hasanaji at 10:49 amReply

      @Fauzan : kolom = yang menyamping misal : Kolom A, B, C, D, dan seterusnya.
      Sedangkan Cell/sel = penamaan kombinasi antara kolom dan baris, jadi gini misal angka 100 itu terdapat di kolom B pada baris ke-3 maka bisa di artikan berada di sel B3
      seperti itu, mudah2 isa dimengerti.

  64. author

    irwan at 11:52 amReply

    Gan, bantuin dong.
    saya mau buat tabel yang akan membaca ‘hanya kolom paling kanan yang ada nominal saja’
    maksudnya jika saya punya 5 kolom dan satu kolom di ujung kanan adalah result.
    seperti kolom A,B,C,D,E dan kolom result.
    jika yang berisi hanya sampai kolom C maka di kolom result akan muncul C.
    jika yg terisi sampai kolom D maka dikolom result akan muncul D.
    mengenai isi dari kolom2 tersebut adalah angka acak.
    maksudnya lagi kolom result hanya membaca kolom yg berisi saja.
    terima kasih gan.

  65. author

    anisa chubie at 9:52 amReply

    mau nanya donkk

    lagi stress ama PKL neh…
    ditugasin excel buat nilai gituu,
    saya kasih contoh ya,,
    misalnya
    presentasi & penguasaan materi
    HM AM
    C

    terus catatanya,, kalo HMnya A , AMnya 4
    B 3
    C 2
    D 1
    E 0

    TOLONG DIBANTU YA

    • author Author

      Hasanaji at 10:44 amReply

      @anisa c : mungkin bisa menggunakan rumus MULTIIF

  66. author

    anisa chubie at 2:11 amReply

    udahh,,, cuma gak bisa-bisa :(

  67. author

    Roma at 2:05 pmReply

    Bagaimana memisahkan nilai angka
    contoh: 11 menjadi 8 2 1 (pada kolom yang berbeda)
    12 menjadi 8 2 2 (pada kolom yang berbeda)
    13 menjadi 8 2 3 (pada kolom yang berbeda)

  68. author

    rangga_deg at 11:34 amReply

    Numpang nanya gan…
    Ada nggak rumus untuk di m excel, untuk perintah insert row otomatis.
    misal : di range/cell B2 tertulis jumlah barang misal 20 buah dgn nominal RP.5.000,- ( di range/cell C2 ) dst.
    yang saya tanyakan, bisa nggak secara otomatis menambah range/baris sendiri sejumlah 20 baris, dari range/cell B3 s.d B22 ( s.d. 20 baris )

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya., ty

    • author Author

      Hasanaji at 8:15 pmReply

      @rangga_deg : untuk insert row otomatis setahu saya di excel tidak ada, kalaupun ada mungkin dr perintah macro…

      • author

        rangga_deg at 10:45 amReply

        bisa dikasih contohnya untuk yang di makro atau mungkin script di VB…?? saya awam untuk VB…, ty

  69. author

    rangga_deg at 2:19 amReply

    pengandaiannya : jika di cell B2 tertulis lebih dari 1 (jumlah barang ) maka insert row ototmatis sejumlah nilai yang tertera di cel B2

  70. author

    rangga_deg at 3:23 amReply

    @hasanaji : boleh dikasih contohnya….???

  71. author

    canda at 4:12 pmReply

    1 kata buat kalian semua … “GILAAAAA” salut-salut.otak gua mau copot kagak ngejangkau…… :D (y), makasih banget ilmunya. sangat bermanfaat banget.Salam buat para Excelers semua dech.

  72. author

    Golan at 7:31 amReply

    gan mau nanya nih, buat kompare jumlah dari 2 kolom yang berbeda jumlah kolomnya pake rumus apa ya?? soalnya ane coba pake =sum(1*(colomn_index_one=colomn_index_two)) hasilnya malah #N/A. mohon pencerahannya gan

  73. author

    rangga_deg at 11:40 amReply

    Kok gak dibalas nih gan….??
    Mohon dibantu…??

Leave a Reply