Tempatnya Ilmu Internet

Rumus Bangun Ruang (Kubus, Tabung, Kerucut, Limas)

Dalam ilmu matematika bangun seperti kubus, balok, tabung, kerucut, limas, bola, dll merupakan bagian dari bangun ruang. dalam artikel kali ini saya akan coba ulas tentang rumus bangun ruang yang ada di dalam ilmu matematika seperti rumus kubus, rumus tabung, rumus kerucut, rumus limas. untuk mengetahui luas dan volume masing-masing bangun ruang.

Bangun ruang sedikit agak berbeda dari bangun datar dalam menentukan rumus nya yang tegantung dari bentuknya bangun masing-masing karena secara umum bentuk dari bangun ruang adalah 3 dimensi yang mempunyai isi berbeda dengan bangun datar yang hanya 2 dimensi. Mungkin untuk lebih detailnya silahkan di simak penjelasan singkatnya di bawah ini :

1. KUBUS

bangun kubus

Bangun kubus mempunyai ketentuan :

  • Terdapat 6 (enam) buah sisi yang berbentuk persegi dengan masing-masing luasnya sama
  • Terdapat 12 (dua belas) rusuk dengan panjang yang sama
  • Semua sudut bernilai 90 derajat atau siku-siku
  • Rumus Volume Kubus = rusuk x rusuk x rusuk (rusuk pangkat 3)
  • Rumus Keliling Kubus = 12 x rusuk
  • Rumus Luas Permukaan Kubus = 6 x rusuk x rusuk
  • Luas salah satu sisi = rusuk x rusuk

 

2. BALOK

balok

Bangun balok mempunyai ketentuan :

  • Rumus Volume Balok = p x l x t (sebenarnya sama dengan kubus, hanya saja kubus memiliki semua rusuk yang sama panjang).
  • Luas Permukaan Balok = 2 x {(pxl) + (pxt) + (lxt)}
  • Keliling Balok = 4 x (p + l + t)
  • Diagonal Ruang = Akar dari (p kuadrat + l kuadrat + t kuadrat)

 

3. TABUNG

tabung

Rumus luas tabung /silinder = luas alas + luas tutup + luas selimut atau ( 2 x phi x r x r) + (phi x d x t)

Rumus Volume tabung = luas alas x tinggi atau luas lingkaran x t

4. KERUCUT

kurucut

Luas Kerucut = luas alas + luas selimut

Volume Kerucut = 1/3 x phi x r x r x t

 

5. LIMAS

limas

Luas Limas = luas alas + jumlah luas sisi tegak

Volume Limas = 1/3 luas alas tinggi sisi

 

6. BOLA

bola

Bangun bola mempunyai ketentuan :

  • Rumus Volume Bola = 4/3 x phi x jari-jari x jari-jari x jari-jari
  • Rumus Luas Bola = 4 x phi x jari-jari x jari-jari atau 4 x phi x r2
  • Phi = 3,14 atau 22/7

 

57 Comments
  1. Nazla says

    Luas dan volum Bangun ruang prisma brapa?

    1. IlmuOnline says

      @Nazla : untuk bangun prisma rumusnya menyesuaikan
      Luas = (2 x luas alas) + luas selubung
      Volume utk prisma segitiga
      =(1/2 x alas segitiga x tinggi segitiga) x tinggi prisma.

      sedangkan utk menghitung volume prisma segiempat = (panjang x lebar) x tinggi prisma

    2. supardin usman says

      Saya mau tnya sebuah bangun tabung,dengan D=28cm brapa volume,dan tinggi tabung.

      1. supardin usman says

        Bagai mn cara mencari volume tabung kalau,jari2 tabung=14cm dan brapa volume nya???

  2. denis says

    klo luas nya gimana…??

  3. panca says

    rumus keliling bidang diagonal balok apa ?

    1. IlmuOnline says

      @panca : klo ndak salah 1/2 nya dr rumus keliling balok “tapi tergantung juga bidang diagonalnya juga sih”.

    2. angga says

      Gan klo rumus bidang diagonal gmna ??
      yang tau tolong baless yahh,Nih buat UKK aku

  4. kristin yani vera says

    apa perbedaan kerucut dengan prisma segitiga

    1. jasmine says

      kalau rumus phytagoras gimana caranya??

      1. Diannitania says

        A= SISI ALAS SEGITIGA
        B= SISI TINGGI SEGITIGA
        C= SIS MIRING SEGITIGA

        mencari sisi miring = √(b^2+a^2)
        mencari sisi tinggi = √(c^2-a^2)
        mencari sisi alas = √(c^2-b^2)

  5. maghfira fajar r says

    apa rumus tinggi bidang empat dan volume bidang empat ?

  6. Deborah Sidabutar says

    rumus luas permukaan limas dan kelilingnya ??

  7. ayu says

    perbedaan dari segitiga siku siku dan prisma apasih ???

    1. Pengelola says

      @ayu : kalau segitiga siku2, merupakan bangun datar berupa 2 dimensi, sedangkan prisma merupakan bagian dr bangun ruang 3dimensi “mempunyai banyak sisi”.

  8. AMIRA says

    kalau perbedaan unsur-unsur limas dan prisma apa ????

  9. Michael says

    GW NGGAK TAHU TUH BENER ATAU NGGAK YG PENTING ITU BERGUNA!!!

    1. biljes says

      Thank ya rumusnya

  10. inyong says

    kalau luas bidang tegak gimana?

    1. IlmuOnline says

      @inyong : tergantung bidang tegaknya sob, beda2

  11. OKKY HANDAYAN says

    KALO RUMUS LUAS ALAS PRISMA SEGILIMA DAN ENAM APA?

    1. IlmuOnline says

      @Okky : utk mencari luas alasnya, berarti klo segilima = 5 x luas segitiga dan jika segi enam = 6 x luas segitiga.
      Jika tinggi suatu segi tiga belum deketahui bisa digunakan rumus
      Luas=S(S.a) (S.b) (S.c)
      misal jika panjang rusuknya =12cm, maka tinggi segitiga :
      = √12² – 6²
      = √144 – 36
      = √108
      = 6√3 cm

  12. maharani alya az-zahra says

    bagaimana gambar limas segi 12

  13. kevin says

    susahhhhhh banget???

  14. septian says

    izin sedot gan..
    nuhun pisan,,, hehheee

  15. Putri Fatimah Azzahra says

    Aduuuhhh…. susah buanget yaaaaa
    samapai2 aku jdi bingung nich gmn mw kerjakan yaaaa????
    🙁

    1. IlmuOnline says

      @Putri F : Dibaca, dipahami dengan teliti, kemungkinan besar bisa.
      Ndak susah2 amat kok 😀
      yg penting tetep semangat.

  16. nisa says

    kalo mencari sisi dari volume balok caranya bagaimana?

  17. intan kiki says

    kak unsur-unsur bola apa sih?

  18. yhogie says

    giie mnaa siih cara menghitung diameter kerucut

  19. bariyah says

    gimana sih cari tinggi limas jika volume dan luas alasnya sudah diketahui

  20. Ghisa Fadila Ginoga says

    Aku hanya disuruh bu guru membuat 4 rumus bangun ruang dan sekarangpun sudah selesai

  21. Ghisa says

    Heey kalau rumus semuaaaaa bangun prisma apa sii

  22. septia says

    pintar

  23. Naisha says

    Bagaimana jika rumus Keliling kerucut?

  24. aprilia says

    kalau luas prisma apa???

  25. Sisada Media says

    Salut dengan dedikasi penulis. Mau menuliskan ilmu matematika dasar sprt ini.

  26. Jeany says

    Kalau ngitung soal ini gmn ya?
    “Sebuah tempat air brbntuk kerucut yg pnjng jari²nya 10cm dn tnggi 15cm penuh brsi minyak. Seluruh mnyak dlm kerucut dituang ke dlm wadah brbentuk tabunh yg pnjang jari²nya sm dngn jari² kerucut. Tinggi mnyk pd wadah adalah..”

  27. syereva anggie setiawan says

    ada berbentuk lain yang belum jadi / sebelum jadi

  28. Susah Belajar >_ says

    saya minta tolong donk nih susah banget untuk di jawab nya

    Nama Bangun Banyak Rusuk Banyak sisi
    Prima Segi 3
    A.Alas Siku-siku
    B.Alas Sama kaki
    C.Alas Sama Kaki

    Prisma Segi 4
    A.Kubus
    B.Balok
    C.Alasnya BK
    D.Alasnya Trapesium siku
    E.Alasnya Trapesium Sama kaki

    Sebenar nya harus gimana itu???

    1. Hasanaji says

      disuruh mencari yg paling banyak terdapat rusuk & sisi nya diantara pilihan yg ada..
      adapaun utk mengetahui Jumlah rusuk = jumlah rusuk alas x 3 “utk prisma segi 3”
      Jumlah rusuk = jumlah rusuk alas x 4 “utk prisma segi 4”

  29. ivana.simanjuntak. says

    susah banget ini,,bingung kerjain nya???

  30. sabil says

    Saya gk ngerti nih ukknya gini pusing.yut yut kepalaku.

  31. Wahyu Hutabarat says

    Rumus bangun ruang segitiga sebanngun dan lingkaran apa yaaa….????

  32. Yuli muliana says

    Keterangan limas dan rumus nya bagaimana

  33. hazna says

    klo misalnya di cari tinggi air di dasar kerucut itu caranya gimana ya…?

  34. insan says

    Ada yangg tau jawaban dari soal berikut ↓

    Apabila sebuah tabung berjari-jari (r) 20 cm . Dengan volume (v) 6280 cm³ dan π = 3,14
    Berapakah luas selimut tabung tersebut ?

  35. adri i wayan says

    baguss

  36. rizkikurnia says

    kalo cranya nyari di dasar kerucut gi mana

    1. rizkikurnia says

      bagus

  37. pudjo atmadji says

    Volume ruang limas berapa ya
    tinggi tengah 23
    tinggi samping kiri kanan 15 ,panjang 120 lebar 70

  38. aditia says

    thenks rumusnya kak

  39. Mea Aprilia Maheswari says

    bagaimana cara mencari tinggi limas dgn alas persegi panjang jika salah satu sisi miringnya diketahui?
    Sisi miringnya Diketahui 13 cm
    panjan persegi panjangnya 8 cm
    lebar persegi panjang 6 cm
    tinggi limas=….?

  40. Fayed says

    Saya mau nanyang diketahui nilai ulangan biologi siswa yg diambil secara acak adalah 8,4,7,9,4,7,3,6,5,7 (1)Mean=6
    (2)median=6,5
    (3)modus=7
    Cara hitungnya gimana ya….?

  41. nafisa adila wibawa says

    Rumus kerangka bangun ruang limas apa?

  42. widya says

    Sya mau tanya gimana caranya untuk menentukan luas dan volume selimut tabung dan kerucut

  43. imel says

    Sy mo tanya, sy mendapat lembar soal anak ttg bangun ruang kubus tp pertanyaan d suruh melengkapi, a. Limas memiliki bangun datar segitiga sebanyak……
    b. Sudutnya ada….
    c. Rusuknya ada…..
    Kl yg point b n c sy bs jwb tp point a sy bingung jwbnnya apa. Tlg jwbn scptnya ya….

Leave A Reply

Your email address will not be published.