Penyebab dan Cara Mengatasi Monitor No Signal Detected ‘Going to Sleep’

Pernah mengalami monitor no signal detected, lalu kemudian ada pesan screen going to sleep ? Penulis akan berbagi cara mengatasi monitor no signal detected, jadi jika kamu mengalami masalah seperti ini jangan panik, karena InsyAllah masalah ini bisa teratasi tanpa harus membawanya ke tukang service, alias kamu bisa memperbaiki malasah monitor no signal detected selagi masalah tersebut bukan kompenen komputer yang rusak. Saya sendiri sering sekali menemui masalah monitor no signal detected ‘screen going to sleep’ yang kasusnya sebagian besar terjadi pada komputer desktop (bukan laptop), dan masalah ini biasanya akan muncul ketika baru pertama kali dinyalakan setelah sekian minggu/bulan tidak dinyalakan, namun meskipun begitu komputer yang rutin setiap hari digunakanpun juga bisa bermasalah seperti ini.

Naah disini penulis akan berbagi tips atau cara mengatasi monitor no signal detected ‘screen going to sleep’ beserta penyebab monitor no signal kenapa itu bisa terjadi. cara mengatasi monitor no signal detected ini bukanlah tips yang rumit, sehingga saya yakin kamupun bisa melakukannya.

Penyebab Monitor No Signal Detected

Ada beberapa sebab mengapa monitor komputer menampilkan pesan no signal detected, yang diantaranya:

  1. Kabel VGA yang menghubungkan CPU dan Monitor kendor atau serat kabel ada yang putus.
  2. VGA Rusak atau Driver VGAnya rusak
  3. VGA kotor/rusak
  4. Memori komputer kotor
  5. Kipas CPU rusak/tidak berfungsi, sehingga processor komputer kepanasan
  6. Motherboard rusak
  7. Monitor rusak

Cara Mengatasi Monitor No Signal Detected

Untuk cara mengatasi monitor no signal detected ‘screen going to sleep’ kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini :

Cara Pertama ; Cek kabel VGA yang menghubungkan CPU dan monitor komputer kamu, apakah kabelnya kendor atau ada masalah lain, jika perlu kamu cek dengan kabel VGA yang lain/baru (meskipun ini terlihat sepele, namun masalah ini juga bisa terjadi karena fungsi utama VGA ialah menampilkan visual ke monitor).

Cara Kedua ; Jika cara pertama masih belum berhasil, ini cara andalan penulis ilmuonline.net yang biasa dilakukan. Yakni membongkar CPU lalu melihat kompenen daleman CPU apakah berjalan normal? cek mulai lampu indikator motherboard, kipas pendingin cpu/processor, vga card, trus tingkat kebersihan daleman CPU. Jika ternyata semua komponen yang saya sebutkan barusan dalam keadaan normal, namun keadaan daleman CPU berdebu dan kotor bisa jadi ini penyebab monitor no signal detected, jika itu terjadi silahkan bersihkan hingga benar-benar bersih lalu restrat komputer. Namun jika daleman CPU bersih, cobak lepas memori komputer lalu bersihkan dengan stip/penghapus petelot pada komponen/pin ujung memori, jika sudah pasangkan ram/memori komputer tadi dan restart komputer.

cara mengatasi monitor no signal detected

Cara ketiga ; Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil, ketika komputer dinyalakan perhatikan data-data BIOS, jika keluar berarti monitor dan VGA tidak bermasalah, berarti settingan driver VGA di Windows yang rusak/corrupt. Jika itu terjadi solusinya masuk ke Safe Mode, lalu install ulang driver VGA komputer melalui Safe Mode, semoga berhasil.

Baca juga : Cara Mengatasi  Hardisk Error ‘ Windows Detected a Harddisk Problem’

Demikian tadi penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi monitor no signal detected yang biasanya tejadi pada komputer desktop, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share via fb, twitter, g+ ke temen-temen kamu biar banyak orang terbantu.