Cara Mengatasi Hardisk Error ‘Windows Detected A Harddisk Problem’

Apakah pembaca ilmuonline.net pernah mengalami masalah windows detected a harddisk problem ? dan ingin tahu cara menghilangkan pesan hardisk error ‘windows detected a harddisk problem’ tersebut selamanya ? Saya yakin tentu bagi pembaca yang mengalami nasib yang sama akan menjawab iya.. Lalu bagaimana cara mengatasi pesan bahwa hardisk error yang terdapat pada pc ataupun laptop ? karena pesan itu jika di close akan muncul lagi berulang-ulang dan sangat mengganggu, maka untuk menghilangkan pesan windows detected a harddisk problem tersebut kamu bisa mencoba tips mudah yang akan penulis jelaskan disini.

Penyebab utama yang paling sering terjadi pada hardisk yang error pada pc ataupun laptop dengan pesan ‘windows detected a harddisk problem‘ rata-rata di sebabkan oleh hardisk bad sector, yang biasanya komponen hardisk yang terdapat pada pc/laptop kamu sudah tidak berfungsi/rusak sehingga muncul pesan Windows detected a hard disk problem yang tampak seperti gambar dibawah ini.

cara mengatasi windows detected a harddisk problem

Cara Mengatasi Hardisk Error windows detected a harddisk problem

Pertama; Tekan tombol pada keyboard “Windows(logo Windows)+R” secara bersamaan, lalu ketikkan  “gpedit.msc” tanpa tanda petik ” dan OK/enter. Seperti gambar dibawah ini

cara mengatasi hardisk error
Kedua; Tunggu beberapa saat hingga muncul Layar Local Group Policy Editor, untuk selanjutnya anda pilih “Computer Configuration”>>”Administrative Templates”>>”System”>>”Troubleshooting and Diagnostics”>>”Disk Diagnostic”

Ketiga; Pada bagian Disk Diagnostic di layar sebelah kanan terdapat dua settingan yang harus di ubah yaitu : “Disk Diagnostic Configure Custom Alert Text” dan “Disk Diagnostic Configure Execution Level”. Kedua setinggan tersebut diatas sobat Ubah State-nya menjadi Disable dengan cara : Klik dua kali setingan tersebut lalu pilih Disable, lalu klik tombol OK.

Windows Detected A Harddisk Problem
Keempat ; Terakhir, kamu bisa langsung merestart komputer/laptop untuk melihat hasilnya, dan jika cara menghilangkan Windows Detected A Harddisk Problem ini berhasil maka pesan ‘Windows Detected A Harddisk Problem’ tidak akan tampil lagi. Selamat mencoba.

Perlu di ingat untuk mengatasi masalah bad sector pada hardisk tidaklah mudah, karena ini berkaitan dengan komponen dari hardisk itu sendiri jika kamu ingin memperbaiki pada kasus bad sector yang tingkat kerusakannya tidak terlalu parah, mungkin tips yang sudah pernah saya bahas penyebab hardisk bad sector dan cara memperbaikinya ini bisa di jadikan solusi, atau kamu bisa menyerahkan hal ini ke teknisi khusus hardisk yang barang tentu biaya servicenya tidak murah. Adapun cara diatas hanya berfungsi untuk menghilangkan pesan windows detected a harddisk problem yang barang tentu sering mengganggu kamu kerja, untuk keamanan sebaiknya kamu sering-sering backup data yang ada didalamnya sehingga ketika sewaktu-waktu hardisk kamu mati total/rusak kamu sudah mempunyai backupnya.

Kotak Komentar