Tempatnya Ilmu Internet

Membangun Web dengan CMS

Cara mudah membangun web adalah menggunakan CMS “Content Manajement System” yang merupakan aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. CMS biasanya sudah tertata rapi baik dari segi tampilan template, ataupun pengelolaan lainya, sehingga memudahkan pengguna dalam mengelola blog ataupun web tersebut. Dengan begitu untuk membangun web sudah tidak menjadi perkara sulit yang tidak perlu ahli dalam pemprograman berbasis web ataupun tidak harus mengetahui tentang HTML, PHP ataupun CSS, Karena sobat hanyalah tinggal mengatur dan mengelola web tersebut sesuai dengan keutuhan. Dalam perkembangannya CMS sering digunakan dalam membangun web dalam berbagai kategori semisal ; untuk membuat e-commerce (toko online), membuat blog pribadi, membuat website sekolah, membuat web perusahaan, membuat forum, dan hampir semua type website bisa di buat melalui CMS.

Sekarang ini banyak sekali CMS yang bisa sobat pergunakan dalam membangun website, baik yang dari luar negeri ataupun buatan karya anak Indonesia. CMS Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menyediakan CMS free yang bisa sobat pergunakan untuk membuat website. Beberapa contoh CMS buatan Indonesia antara lain :

  1. AuraCMS
  2. CMS Lokomedia
  3. CMS Balitbang
  4. CMSid
  5. Endonesia
  6. Fiyo
  7. Pangsit
  8. SpasiCMS
  9. PopojiCMS

membangun website

Selain CMS diatas ada juga jenis framework berbasis scripting language PHP yang diantaranya misal seperti :

  • CakePHP
  • Code Igniter (CI)
  • FuseBox
  • RubyOnRail (RoR).

Macam-macam Content Management System (CMS) banyak sekali, yang diantaranya seperti :

  • CMS untuk membuat personal blog, misal ; WordPress, joomla, dan sejenisnya
  • CMS untuk membuat personal web, misal ; joomla, Mambo, drupal, dan sejenisnya
  • CMS untuk membuat Forum, misal ; Vbulletin, phpBB, MYBB, dan sejenisnya
  • CMS untuk membuat Toko Online (e-Commerce), misal ; Opencart, PrestaShop, OsCommerce, (Joomla+Virtuemart), (WordPress+eCommerce), Zencart, dan sejenisnya
  • CMS untuk membuat Virtual kantor, misal ; virtual office
  • CMS untuk membuat web e-Learning/pendidikan, misal ; Moodle, lokomedia, joomla dan sejenisnya.

Itu tadi beberapa pilihan CMS yang bisa anda pilih /gunakan secara free untuk membangun web nantinya, tentunya bagi para blogger yang sudah berpengalaman pasti sudah ada yang menggunakan salah satu CMS yang saya sebutkan diatas.

1 Comment
  1. […] mudah membangun web adalah menggunakan CMS “Content Manajement System” yang merupakan aplikasi perangkat […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.