Tempatnya Ilmu Internet

Cara Mengganti Password Wifi First Media

First Media merupakan salah satu penyedia internet di Indonesia, bagi kalian pengguna layanan ini mungkin menginginkan untuk mengganti password internet. Cara mengganti password Wifi First Media dengan HP android maupun laptop /PC, bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Router yang kita miliki di rumah digunakan sebagai media penyebar jaringan wifi untuk beberapa klien. Semakin banyak klien yang menyambung dengan router tersebut maka, semakin sedikit bandwith yang kita dapatkan, karena bandwith total yang dipancarkan dari wifi tersebut akan terbagi dengan banyaknya device yang tersambung ke dalam router tersebut. Hal ini biasanya akan membuat jengah Anda sebagai pemilik jaringan internet, dimana internet yang Anda gunakan tersebut akan semakin lelet. Oleh karenanya banyak orang yang kemudian ingin mengganti password yang ada di router mereka.

Salah satu router yang banyak digunakan dalam jaringan internet adalah First Media, atau biasanya juga disebut D Link. Dalam tulisan ini kami akan sampaikan Cara Mengganti Password Wifi First Media kepada Anda agar router Anda tidak terlalu terbebani dengan banyaknya device yang sudah terhubung. Hanya orang-orang yang Anda berikan password router itu sajalah yang nantinya bisa terhubung dengan router Anda.

Baca Juga : Cara Memperbaiki WIFI Android Error yang tidak bisa Terhubung

Sebelum masuk ke dalam sistem dari router Anda. Sebaiknya Anda harus mengetahui dulu apa IP gateway jaringan lokal router Anda. Karena IP gateway itulah nantinya yang digunakan untuk masuk ke dalam sistem router untuk memanejemen sistem yang ada di dalamnya, sehingga Anda akan semakin mudah dalam melakukan Cara Mengganti Password Wifi First Media ini.

Cara Mendapatkan IP Gateway Jaringan Lokal Router dengan HP

Sebelumnya Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa HP Anda sudah terhubung dengan jaringan wifi router Anda. Setelah itu ikuti beberapa langkah berikut.

  1. Buka Setting HP Anda, kemudian pilih Wifi
  2. Biasanya ada titik 3 di sejajar di pojok kanan atas HP, kemudian pilih Lanjutan
  3. Di bagian tersebut ada alamat IP HP Anda. Biasanya alamat IP tersebut berupa angka. Contohnya adalah 192.168.0.200
  4. Melihat IP tersebut bisa langsung diartikan bahwa IP Gateway untuk jaringan router Anda adalah 192.168.0.1
  5. Contoh seperti yang ada di gambar berupa alamat IP 192.168.5.8, berati untuk gambar tersebut, IP gateway adalah 192.168.5.1

Setelah mendapatkan IP gateway, Anda bisa langsung menggunakannya untuk manajemen sistem router first media milik Anda.

Baca Juga : Cara Mengganti Password Wifi Indihome ZTE

Cara Mengganti Password Wifi First Media

  1. Buka browser Anda bisa Chrome, mozilla atau browser lainnya
  2. Ketikkan IP gateway yang sudah Anda temukan. Namun biasanya IP gateway First Media yang default ada dua macam:

Pertama : 192.168.0.1

Kedua : 192.168.1.1

Jika IP pertama tidak bisa, Anda bisa menggunakan IP yang kedua. Jika bukan keduanya, maka Anda bisa menggunakan cara menemukan IP Gateway seperti yang dijelaskan sebelumnya.

  1. Anda akan dibawa ke dalam manajemen sistem router. Ketikkan

User                 : admin

Password         : password lama yang lagi digunakan

  1. Klik Login
  2. Setelah pilih bagian Wireless. Kemudian pilih Pre-Shared Key.
  3. Isikan password baru first media sesuai dengan keinginan Anda, kemudian Apply

Setelah itu Anda akan terputus dengan jaringan router Anda. Untuk masuk kembali Anda harus menyesuaikan dengan password yang baru Anda ganti. Pastikan bahwa semua karakter yang Anda gunakan sama persis dengan password yang akan Anda ketikkan. Karakter huruf kapital atau juga huruf kecil harus sama dan sesuai dengan password.

Itulah Cara Mengganti Password Wifi First Media atau D Link, yang bisa Anda aplikasikan langsung untuk router Anda. Dengan begitu maka Anda bisa mengontrol dan menseleksi siapa saja yang bisa menggunakan wifi milik Anda.

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.