Tempatnya Ilmu Internet

Daftar Kelebihan, Kekurangan Nikon dan Canon Kamera

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Nikon dan Canon Kamera – Ada dua merk kamera yang sangat populer di dunia, banyak orang yang menggunakan kamera merk Nikon dan Canon sebagai kamera profesional untuk memotret banyak hal, mulai dari hal-hal yang sederhana hingga hal yang sangat luar biasa. Sekilas mungkin Anda sangat tergila-gila dengan 2 merk kamera tersebut, bahkan memimpikan untuk memiliki salah satu model dari kedua merk kameranya.

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Nikon dan Canon Kamera

Tahukah Anda apa saja kelebihan dan kekurangan Nikon dan Canon kamera? yang belum tahu bisa menyimaknya di bawah ini:

Teknologi

Karena merk-nya saja sudah berbeda, maka kualitas produknya pun berbeda. Nikon merupakan perusahaan multinasional asal Jepang yang markas besarnya berada di Tokyo, Jepang, salah satu spesialisasi produk yang dijual Nikon adalah kamera. Dari segi usia, Nikon jauh lebih tua dari Canon, namun untuk segi kualitasnya sangat bersaing. Untuk segi teknologi beberapa fotografer profesional menilai jika kamera yang diluncurkan oleh Canon sedikit lebih unggul dengan sistem image processing yang selalu bisa menjaga frame rate dengan sangat cepat, jauh lebih cepat daripada Nikon dengan kata lain gambar yang dihasilkan dari kamera Canon jauh lebih halus sehingga fotografer tidak perlu melakukan banyak proses editing. Pada umumnya, fotografer yang sering melakukan point and shoot sangat menyukai tipe kamera berkualitas tinggi seperti ini. Sistem image processing yang dioleh oleh Nikon memang jauh lebih lambat namun masih bisa diatasi dengan memakai mode Raw. Dari segi kelebihan, kamera Nikon dilengkapi lensa yang jauh lebih baik sehingga gambar yang dihasilkan pun baik, fitur yang tersedia pada kamera Nikon pun jauh lebih banyak, tidak heran jika banyak fotografer profesional yang lebih suka menggunakan kamera Nikon untuk bekerja.

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Nikon dan Canon Kamera

Konsumsi

Jika berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan Nikon dan Canon kamera jangan sampai Anda melupakan kebutuhan konsumsinya. Kebutuhan kamera untuk level pemula, middle dan level profesional pastinya sangat berbeda. Banyak yang bilang jika kamera merk Canon tipe DSLR jauh lebih cocok untuk para pemula karena bisa digunakan dengan lebih praktis dan sederhana berbanding terbalik dengan kamera Nikon yang fiturnya jauh lebih profesional, sehingga hanya pengguna profesional saja yang memahami dengan baik bagaimana cara menggunakan kamera tersebut. Sedangkan untuk fotografer middle, dianjurkan untuk memilih kamera yang nyaman dan sesuai karakter, entah merk Canon dan Nikon keduanya sama bagusnya, beberapa fotografer mengaku lebih suka menggunakan kamera Canon karena memiliki processing frame rate yang cepat, beberapa lebih suka menggunakan kamera Nikon karena dinilai lebih berkualitas dengan fitur yang lengkap. Terakhir untuk fotografer profesional mereka lebih tertarik untuk menggunakan kamera merk Nikon karena kualitas lensa dan fitur premium.

Kualitas Ketahanan Kamera

Jika menentukan kamera apa yang jauh lebih unggul maka Anda bisa mencari informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Nikon dan Canon kamera. Dari segi kualitas ketahanan kamera, banyak fotografer yang berpendapat jika kamera Nikon jauh lebih baik, namun sebagian pula ada yang berpendapat jika kedua merk kamera tersebut mampu bertahan dengan sama kuatnya. Sedangkan untuk ketahanan fisik, mungkin kamera Canon jauh lebih unggul, mengingat kamera ini masih bisa bertahan dan digunakan meskipun telah disirami dengan air yang panas, sedangakn kamera Nikon akan mengalami kerusakan shutter. Karena kebanyakan orang menilah berdasarkan penilaian subjektif, maka akan lebih baik bila Anda membuktikannya sendiri, jika Anda tidak punya kamera Nikon, mungkin Anda bisa meminta bantuan dari teman anda yang memilikinya untuk dibandingkan pertahanannya dengan kamera Canon Anda.

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Nikon dan Canon Kamera

Price

Tentu Anda menyadari dengan baik apa saja kelebihan maupun kelemahan dari kedua merk kamera Jepang tersebut, kedua kamera dihargai dengan harga yang pantas, meskipun terkadang harga kamera Nikon sedikit lebih mahal daripada kamera Canon. Namun perbedaan harga ini tentu sudah Anda perhitungkan dengan baik ketika selesai membaca dan menyimak informasi menarik yang telah dijelaskan sebelumnya yang memang cenderung berpihak ke kamera Nikon. Harga jual kamera Nikon dan Canon itu berdasarkan tipe kameranya, jika kamera yang Anda pilih adalah kamera jenis baru dengan fitur-fitur terbaik kelas VVIP, maka harga jual tiap unitnya bisa sangat mahal.

Apa pun merk kameranya dan bagaimana pun kelebihan dan kekurangan Nikon dan Canon kamera ? intinya adalah kebutuhan dan kesukaan yang diikuti pula oleh budget, jika Anda menyukai merk kamera tertentu, meskipun banyak kamera yang ditawarkan maka Anda akan cenderung memilih kamera yang paling Anda sukai tersebut, terlepas harganya jauh lebih mahal atau lebih murah. Kamera Nikon atau Canon yang telah Anda pilih semoga bisa memenuhi ekspektasi Anda ketika memotret benda atau pemandangan dan objek indah lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.