Tempatnya Ilmu Internet

Cara Mengatasi Hasil Print yang Bergaris /Cartridge yang Tersumbat

Jika anda masih menggunakan printer yang masih menggunakan catridge, baik itu merk printer canon, printer hp ataupun printer lain yang sejenis setelah 1 kali isi ulang cartrdige akan sedikit bermasalah, dan masalah yang sering terjadi ialah hasil print yang bergaris tidak merata. Jika terjadi masalah seperti itu tidak perlu panik karena bisa jadi catridge printer tersumbat. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan catridge tersumbat sehingga hasil print tidak sempurna alias bergaris, hal ini biasanya paling sering di temui pada printer canon untuk beberapa tipe printer. sebelum tahu cara mengatasi hasil printer yang bergaris ada baiknya mengetahui penyebabnya dulu.

Penyebab Hasil Print yang Bergaris karena Cartridge Tersumbat antara lain :

a) Printer Jarang di Gunakan

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, printer pun sama jika anda jarang menggunakan bukan berarti malah awet karena yang sering terjadi malah muncul masalah baru pada printer yang salah satunya ketika di gunakan ngeprint hasilnya bergaris, hal ini terjadi karena tinta yang ada dalam catridge mengendap dan menggumpal sehingga pada akhirnya catridge printer menjadi tersumbat dan tidak berjalan seperti normal.

 cartridge tersumbat

b) Penggunaan Catridge yang Tidak Wajar (Hanya dominan menggunakan 1 warna)

Hal ini juga bisa mengakibatkan catridge tersumbat, karena meskipun printer digunakan terus menerus, akan tetapi hanya menggunakan salah 1 warna saja semisal warna hitam terus sedangkan catridge warnanya tidak pernah digunakan. Jika itu dibiasakan dalam jangka waktu yang lama maka catridge yang tidak pernah di gunakan dalam contoh hal ini catridge warna akan mengendap dan pada akhrinya catridge tersumbat.

Cara mengatasi Hasil Print yang Bergaris karena Cartridge Printer yang Tersumbat

Untuk mengatasi masalah cartridge yang tersumbat ini sebenarnya cukup simple dan saya kira mudah untuk di praktekkan

  1. Copot catrid tinta printer anda, kemudian siapkan air panas/hangat di dalam wadah (bisa gelas/sejenisnya)
  2. Lalu catridge tadi rendam ujung head dengan air hangat tadi selama beberapa menit (sekitar 10-20 menitan), maka biasanya akan keluar semua tinta yang ada di dalam catridge dan akan keluar juga gelembung-gelembur udara pada lubang catridge.
  3. Setelah dirasa sudah tidak ada tinta lagi yang sisa di dalam catridge, angkat catridge tadi dan tempel ujung Head catridge dengan tissu, agar cepat kering (bersihkan).
  4. Diamkan beberapa saat hingga dirasa, catridge sudah bersih dan kering.
  5. Jika dirasa catrdge sudah kering, kini saatnya anda isi dengan tinta dan siap untuk di coba
  6. dan jika berhasil, maka hasil print akan kembali normal “tidak bergaris lagi”.

memperbaiki cartridge

Namun jika cara diatas tidak berhasil, dan hasil print masih tetap bergaris anda bisa mencoba dengan menyedot cartridge dengan alat atau mau tidak mau anda harus mengganti catridge yang baru karena kemungkinan catrid printer anda sudah lemah di pemanas nya, sehingga satu-satu nya cara mengatasinya adalah dengan mengganti cartridge yang baru.

1 Comment
  1. saifulhadi says

    oke gan luar biasa…!

Leave A Reply

Your email address will not be published.