Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Belajar Memahami SEO ala Newbea

Belajar memahami SEO sebenarnya gampang-gampang susah. SEO “search engine optimazed” merupakan cara atau trik yang bisa digunakan oleh seorang blogger untuk optimasi agar mendapatkan posisi (rangking) yang bagus di mesin pencari (google, bing, yahoo,dll), jadi dengan belajar SEO di harapkan artikel yang kita tulis di blog muncul di halaman pertama ketika orang lain memasukkan kata kunci “keyword” yang memang menjadi target.

Dalam perkembangannya SEO selalu mengalami perubahan hal ini terkait dengan perubahan algoritma mesin pencari “jadi menurut saya yang seorang newbea kalau sobat pengen belajar SEO ya berarti harus mengikuti alur dan perubahan yang di terapkan oleh mesin pencari terhadap algoritmanya, dalam contoh kali ini si mbah gogle yang sebagai penguasa mesin pencari saat ini selalu mengupdate algoritma robotnya maka kita juga harus ngikutin  aturan baru yang di terapkan”.

SEO blog post

Jujur saya juga masih newbea banget dalam hal SEO “mungkin seharusnya belum pantes ya ngomongin SEO :D” tapi apa mau dikata, saya lagi pengen nulis artikel tentang SEO. jadi secara sederhananya untuk mendapatkan perhatian mesin pencari (mbah gogle) agar artikel kita masuk jajaran page one google ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yang di antaranya :

1) Kualitas Artikel (Content is King)

Algoritma google terbaru “dinosaurus” sangat memprioritaskan content yang bermanfaat buat pengunjung “bukan lagi backlink” kata si mat cut siih naah untuk menulis artikel yang di anggap berkualitas ini ada beberapa pendapat dari master seo tapi intinya kalau saya sih ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum membuat artikel yang di anggap berkualitas :

  • Researh keyword terlebih dahulu, kalau saya lebih suka pake “google keyword tool” kan eman-emankan kalau misal artikel kita tidak ada yang membaca gara-gara artikelnya ndak ada yg nyari di mesin pencari
  • Keyword atau kata kunci yang di tembak di taruh di paragraf pertama (ndak harus di awal paragraf, jadi bisa di tengah paragraf juga) dan untuk paragraf berikutnya merupakan keyword turunan atau kombinasi. di usahakan jangan terlalu mengulang-ulang keyword karena justru akan berakibat fatal dimata search enggine  “bisa jadi di tendang nanti ama si mbah”
  • Usahakan untuk menulis artikel jangan terlalu pendek atau panjang, karena kalau terlalu panjang juga biasanya pengunjung buru-buru mencet tombol X /close. jadi menurut saya artikel yang ideal adalah antara 200 – 350 kata.

2) Backlink

Dulu backlink sangat berpengaruh terhadap SEO, tapi semenjak lagoritma baru di tetapkan backlink lambat laun mulai tidak menjadi prioritas utama tapi bukan berarti di abaikan lho ya..! kalau ngomong masalah backlink itu sendiri di bagi menjadi 2 yakni backlink offpage dan backlink onpage, kalau udah master SEO pasti udah paham lah teknik2nya baik yang blackhat ataupun yang cara white “putihan”. Untuk cara mendapatkan backlinknya, tool ang biasa di gunakan, trik2nya mungkin akan saya bahas di artikel berikutnya “kalau ada yang minat :D”

“Happy blogging”

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *