Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Beberapa Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli domain

Nama domain merupakan hal dasar dan pokok yang harus sobat perhatikan, terlebih jika sobat ingin menjadikan blog / website nantinya untuk mendapatkan penghasilan dari internet. tanpa adanya riset dan cek ricek nanti akan sulit bersaing dengan blog-blog sejenis yang akan menjadi kompetitor. Oleh karena itu memilih nama domain itu penting sebelum membuat blog, meskipun sobat juga harus memperhatikan faktor-faktor lain seperti hosting & isi blog kita nantinya “apakah general/umum atau niche khusus tertentu”.

Lalu apa yang mendasari saya membuat artikel yang satu ini ? saya membuat artikel seperti ini agar temen-temen blogger tidak mengalami nasib yang sama seperti saya, beberapa waktu lalu tepatnya awal bulan mei kemaren saya membeli nama domain yang cantik dan pendek namanya, setelah riset keyword dan cek nama domain saya langsung pesen tuuh nama domain, tapi apa yang terjadi ? ternyata domain yang saya beli adalah mantan deindex google atau mungkin mantan sandbox, yang jelas setelah saya publish beberapa artikel sampai satu bulan ndak ada satupun artikel yang nyantol / kedetect sama si mbah google. berbagai cara sudah saya lakukan untuk memperbaikinya “di webmaster” tapi hasilnya masih nihil, akhirnya saya biarin aja.

Berikut beberapa hal yang saya rasa perlu diperhatikan sebelum membeli domain

1. Riset keyword nama domain

Untuk cara ini perlu sobat lakukan pertama sebelum lainnya, bila sobat ingin mudah mendapatkan tempat di hati search engine alangkah baiknya membuat domain dengan niche tertentu yang sobat sukai, mengapa harus niche tertentu ? mungkin itu pertanyaan yang akan keluar dari pikiran sobat, jadi gini dengan memilih nama domain dengan keyword tertentu sobat tidak memerlukan banyak artikel untuk mendapatkan serp di search engine “google”, terlebih jika menyukai dengan niche tersebut sobat bisa membuat artikel sendiri yang fresh dan unik “tahu sendiri kan algoritma google sekarang lebih menyukai artikel yang unik dan fresh”.

Namun jika sobat ingin membuat blog general yang isinya campur, ndak khusus ke niche dan category tertentu cara ini ndak purlu diperhatikan. namun untuk rank blog biasanya akan lebih sedikit susah untuk bersaing di search engine dan sobat perlu membuat artikel lebih banyak untuk mengisi blog ketimbang blog berniche.

Untuk riset keyword yang banyak dicari atau bukan sobat bisa menggunakan “google keyword tool” untuk artikel cara penggunaanya akan saya jelaskan diartikel lainnya. misal saya ingin membeli nama domain dengan keyword “rumah modern” maka hasilnya seperti ini

reset nama domain

Dari gambaran gambar diatas bisa disimpilkan dengan keyword “rumah modern” kurang lebih hasil tiap bulannya di cari orang sekitar 49.500/bln atau 60.500/bln secara global. dengan keyword turunannya seperti dibawahnya.

2. Cek ketersediaan nama domain

Untuk mengeceknya sobat bisa mengeceknya langsung di penyedia domainnya yang akan dibeli, saya kira banyak sekali penyedia domain yang bagus dan murah. kalau saya pribadi lebih suka di godaddy dan namecheap, karena banyak diskon dan kupon yang tersedia disana, jika ditempat lain domain .COM mungkin kisaran $9-$10/tahun, tapi di godaddy/namecheap bisa saya peroleh dengan harga sekitar $5-6.

3. Cek apakah nama domain sudah pernah dipakai sebelumnya

Naah cara ini niih yang perlu sobat lakukan, kalau nama domainnya udah dikantong dan masih available, jangan buru-buru dibeli cek dulu di archive blog apakah sudah pernah dipakai apa belum. kalau belum pernah dipakai itu kabar baik berarti sobat langsung beli domainnya, tapi kalau sudah pernah dipakai cek dulu apakah mantan deindex domainnya atau ndak “tapi biasanya kalau berPR” sih ndak pa2, malah enak baru register domain dah padet berPR.

Untuk ngeceknya http://archive.org/web/web.php pada the wayback mechine ketikkan alamat domain yang akan sobat pesen, dan klik tombol Take Me Back tunggu beberapa saat jika domain sudah pernah digunakan biasanya akan muncul pesan report tanggal pembuatan dan usia domain

cara cek usia domain

Namun jika muncul pesan “Wayback Machine doesn’t have that page archived” berarti nama domain belum pernah dipakai, jadi bisa di registrasi langsung domainnya.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

5 Replies to “Beberapa Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli domain”

  1. Domain saya sulit bersaing, saingan dengan situs di luar negeri, pingin ganti tapi yah jalani aja deh, domain dan blog masih baru juga belum ada satu bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *