BerandaUmumLain-lain5 Tips Saat Menghadapi Interview Kerja

5 Tips Saat Menghadapi Interview Kerja

Setelah melamar pada sebuah lowongan pekerjaan, para pencari kerja biasanya akan dihadapkan pada tahapan interview apabila diterima pada tahapan seleksi administrasi dan tes tertulis. Tahap interview merupakan tahapan yang cukup menantang, terlebih bagi seorang fresh graduate. Pada tahapan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar interview kerja dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah tips yang perlu dipersiapkan saat menghadapi interview kerja:

  1. Memahami tentang Perusahaan dan Lowongan yang dilamar

Tips pertama saat Anda akan melakukan tahapan interview kerja adalah dengan mengetahi sebanyak mungkin perusahaan yang sedang dilamar. Cara yang bisa dilakukan oleh para pencari kerja adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu sebelum hari wawancara dimulai

Para pelamar harus mengenali industri dan profil perusahaan melalui situs resmi mereka. Selain itu, pada bagian pekerjaan yang dilamar, Anda juga bisa mencari melalui tempat pelamar menemukan lowongan. Seperti contoh apabila Anda menemukan lowongan pada situs portal lowongan kerja terbaru, Anda dapat mencantumkan deskripsi singkat perusahaan serta persyaratan untuk lowongan tersebut untuk dipelajari. Sehingga, pada saat interview kerja dan pewawancara menanyakan apa yang Anda ketahui tentang perusahaan, Anda dapat menjawab hal tersebut dengan mudah dan memberikan kesan bahwa Anda memiliki niat yang tinggi untuk melamar pada perusahan tersebut.

  1. Ceritakan tentang diri Anda yang sesuai dengan Lowongan

Tips kedua dalam tahapan interview adalah dengan menceritakan diri Anda yang sekiranya sesuai dengan lowongan pekerjaan. Sebagai contoh Anda bisa menceritakan tentang asal kampus, jurusan, pengalaman, passion, dan segala sesuatu yang pembahasannya nanti mengarah ke pekerjaan yang sedang dilamar. Sangat tidak disarankan untuk Anda menceritakan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

  1. Bersikap santai dan tenang saat menghadapi Interview

Saat Anda menghadapi tahapan interview, penting bagi Anda untuk bersikap tenang dan santai. Hal ini dapat dilakukan dengna berlatihan interview sebelum kegiatan interview dimulai. Karena pewawancara akan mengetahui gerak-gerik anda ketika Anda gugup, Anda dapat mencoba untuk bersikap santai dan tenang dengan menarik napas panjang untuk meredakan degup jantung yang berpacu keras dan membuatmu gugup.

  1. Gunakan gaya bicara dan gesture sopan

Tips keempat saat menghadapi interview adalah dengan memperhatikan gaya bicara. Gaya bicara, pemilihan kata, dan bahasa tubuh merupakan faktor yang penting yang sering terlupakan oleh pelamar saat menjalani interview kerja. Padahal, hal tersebut dapat menggambarkan kecakapan pelamar saat berkomunikasi dengan rekan kerja nantinya.

Sebaiknya hindarilah menggunakan gaya berbicara yang tidak sopan dan menggunakan nada tinggi ketika menjawab pertanyaan, atau sesuaikan dengan gaya bahasa dengan HRD yang sedang melakukan wawancara. Hal ini dikarenakan sebagian besar perusahaan memiliki kultur yang sangat formal. Namun, ada beberapa perusahaan khususnya startup yang cenderung lebih santai. Selain itu, pastikan tidak menggunakan gerak tubuh yang berkonotasi negatif seperti menunjuk, menyilangkan kaki, atau menyilangkan tangan di dada selama interview kerja.

  1. Jangan takut Gagal

Salah satu ketakutan terbesar para pelamar saat akan menghadapi interview kerja adalah takut jika nantinya hasil dari interview kerja adalah kegagalan. Namun, sebaiknya Anda menghilangkan pikiran negatif tersebut dan lebih memfokuskan diri untuk mempersiapkan materi interview. Dengan berfikir positif, setidaknya Anda akan lebih tenang saat menghadapi pewawancara. Selain itu, jika Anda gagal dalam interview kali ini, Anda masih memiliki banyak kesempatan lain, Anda bisa mulai kembali untuk mencari informasi seperti pada laman lowongan kerja terbaru atau platform lain yang ada di internet.

Hasanaji
Hasanajihttps://ilmuonline.net
Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.
RELATED ARTICLES

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular