Beberapa Tips Memilih Power Supply Untuk Komputer

Tips memilih power supply untuk komputer merupakan informasi yang perlu untuk anda ketahui ketika anda memiliki keinginan untuk membeli power supply. Power Supply atau yang sering disingkat dengan PSU salah satu hardware yang kerap lupa untuk dipertimbangkan saat merakit sebuah perangkat komputer. Beberapa orang lebih mementingkan beberapa perangkat hardware seperti VGA, Processor serta RAM. Padahal jika kita melihat fungsinya power supply ini bisa diibaratkan seperti jantung dalam sebuah perangkat komputer. Sehingga peran dari power supply ini sangatlah penting.

Jika anda sedang mencari power supply maka silahkan cari yang awet terlebih jika power supply ini akan digunakan untuk perangkat gaming. Jika anda sedang melakukan perakitan komputer untuk gaming kelas high end atau kelas atas maka power supply harus memiliki kualitas yang oke pastinya. Jenis power supply dengan harga yang lebih murah yang biasanya memiliki tingkat efisiensi di bawah 65 persen. Ketika anda bermain game serta semua hardware membutuhkan daya yang maksimal yaitu 50 persennya saja. Akibat hal tersebut maka komponen akan mengalami kekurangan daya sehingga mengakibatkan terjadinya kerusakan permanen.

Baca juga : Tips memilih laptop untuk kuliah yang tepat

Selain itu ternyata merk juga memiliki pengaruh dalam menentukan kualitas power supply anda nantinya. Usahakan jangan pernah anda membeli power supply dengan kualitas bawaan cassing. Berapapun daya maksimal yang akan dibutuhkan oleh komputer anda jangan pernah anda membeli power suplly yang memiliki daya lebih dari kebutuhan komputer anda. Hal ini hanya akan membuang uang serta listrik anda secara sia-sia saja. Jangan pernah juga anda membeli PSU yang kurang dari kebutuhan power supply anda juga karena komputer anda juga tidak akan menyala. Berikut tips memilih power supply untuk komputer yang tepat.

Beberapa tips memilih power supply untuk komputer

  1. Sebelum anda membeli power supply, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melihat berapa daya yang diperlukan oleh komputer anda. Untuk mengetahui berapa besaran daya yang dibutuhkan oleh komputer anda silahkan anda gunakan tool yang ada di Internet guna membantu menghitung berapa besaran daya yang ada di komputer.
  2. Ketika anda sudah mengetahui besaran daya yang dibutuhkan oleh komputer anda maka silahkan anda mencari power supply yang pas atau sesuai dengan daya yang dibutuhkan. Komputer jenis gaming biasanya membutuhkan daya setidaknya 450 watt hingga 600 watt.
  3. Hindari untuk membeli power supply atas dasar pertimbangan harga yang murah atau dengan harga yang terlalu murah. Membeli power supply dengan harga yang terlalu murah akan dapat mendatangkan masalah anda kedepannya nanti.
  4. Ketika anda sudah berhasil mendapatkan power supply silahkan anda mencari informasi di internet. Silahkan anda cari rating atau ulasan terkait dengan power supply tersebut. Jika anda ingin terhindar dari beberapa hal yang tidak diinginkan sebaiknya sebelum membeli ada baiknya anda mencari informasi terlebih dahulu.
  5. Lebih baik lagi jika anda membeli power supply kualitas terbaik dengan merk ternama atau merk yang sudah banyak digunakan oleh orang-orang. Merk power suppy yang bagus diantaranya Coarir, FSP. Super Plower Silverstone. Seasonic. Fatalis serta masih banyak merk power supply terbaik yang bisa anda pilih.
  6. Usahakan untuk anda mencari power supply yang sudah memiliki cap bronze. Cap bronze ini adalah sebuah sertifikasi yang akan diberikan kepada produk power supply yang mampu memberikan efisiensi dia tas 80 persen. Semakin tinggi tingkat efisiensinya maka biaya listrik yang akan dikeluarkan juga akan semakin sedikit.
  7. Jenis power supply yang sudah memiliki sertifikat tersebut biasanya telah melalui uji beberapa tahapan sebelumnya agar bisa lolos uji dan mendapatkan sertifikat dengan demikian maka silahkan anda mencari power supply yang memiliki lebel 80+ karena sudah pasti akan memberikan jaminan mutu berkualitas bagi anda semua.

Sekian informasi yang bisa saya berikan terkait dengan tips memilih power supply untuk komputer, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Ingat jangan pernah melupakan kualitas jika ingin mendapatkan barang yang berkualitas. Sampai jumpa di informasi menarik berikutnya. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply