Penyebab dan Cara Mengatasi LCD Proyektor yang Berubah Warna

Mungkin anda pernah mengalami tiba-tiba tampilan layar pada LCD Proyektor yang berubah warna menjadi merah, biru, kekuningan dan tidak jelas ? jika itu terjadi pada LCD Proyektor anda mungkin alangkah baiknya untuk mengetahui penyebab lcd proyektor berubah warna menjadi merah atau biru atau gelap, atau kekuning-kuningan. Sama seperti perangkat elektronik lainnya LCD proyektor juga mempunyai banyak masalah, seperti lcd proyektor yang bergaris, lcd proyektor muncul bintik-bintik, lcd proyektor tampilan blur tidak jelas, atau mungkin malah lcd proyektor tidak berfungsi lagi alias mati total. Naah untuk masalah-masalah tersebut banyak sekali penyebabnya dan cara mengatasinya pun bervariasi tergantung penyebabnya. Namun untuk kali ini saya tidak akan membahas masalah yang kompleks, melainkan hanya mengulas beberapa penyebab lcd proyektor yang berubah warna pada tampilanya, dan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah lcd proyektor yang berubah warna.

Kaitannya dengan LCD proyektor yang berubah warna, ada beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan hal itu itu terjadi yang diantaranya seperti;

  1. Bagian konektor kabel vga LCD proyektor yang bermasalah
  2. Kerusakan di bagian Blok RGB pada IC warnanya
  3. Masalah pada transistor warna,elco yang melentung dan solderan pada board LCD.

Jika ternyata masalah terdapat pada point pertama (1) maka anda bisa mengatasinya sendiri, yakni dengan mengganti kabel konektor VGA baru yang biasanya bisa anda dapatkan di toko komputer dengan harga yang cukup terjangkau/murah. Namun jika masalahnya terdapat pada point 2 dan 3 saya sarankan untuk membawa ke ahlinya (tukang service) kecuali jika anda benar-benar yakin bisa memperbaikinya sendiri.

Namun sekedar pengetahuan seputar LCD proyektor, port dari konektor LCD proyektor meliputi point-point berikut;
kabel konektor pada lcd proyektor

  1. Red, bila kabel ini putus maka efeknya layar LCD yang ditampilkan akan kebiru-biruan.
  2. Green, bila kabel ini putus maka efeknya layar LCD yang ditampilkan akan kemerah-merahan.
  3. Blue, bila kabel ini putus maka efeknya layar LCD yang ditampilkan akan kekuning-kuningan.
  4. Ground
  5. Ground
  6. Red Ground
  7. Green Ground
  8. Blue Ground
  9. No Connection (NC)
  10. Ground
  11. Ground
  12. No Connection (NC)
  13. Horisontal Syncrone, bila kabel ini putus maka gambar yang ditampilkan di layar akan roling / acak
  14. Vertikal Syncrone, bila kabel ini putus maka gambar yang ditampilkan di layar akan roling / acak
  15. No Connection (NC)

Itulah cara mendeteksi jika masalah terjadi pada kabel konektor VGA pada LCD Proyektor anda, untuk mengeceknya anda bisa menggunakan kabel konektor lain untuk mengetes dan bila menggunakan kabel konektor VGA lain tidak masalah “warna tidak berubah” berarti masalah terdapat pada kabel konektor VGA pada PCD Proyektor anda, solusinya bisa mengganti kabel konektor VGA LCD Proyektor.

Namun jika ternyata masalah diatas tidak terselesaikan, mungkin anda bisa mengecek pada bagian blok RGB pada ICnya. Adapun komponent/point-point penting yang ada pada bagian blok RGB ialah;

bagian RGB LCD

1. IC Penguat Video, biasanya menggunakan seri TDA, jika rusak maka warna akan kacau atau bahkan tidak keluar gambar.

2. IC pengolah warna, jika rusak maka gambar tidak akan muncul

3. Elco Regulator ukuran 47-100uF/100-160v tegangan 80 v untuk IC penguat video
, jika rusak / kering / melembung maka layar samping kiri akan ada gangguan garis vertikal banyak dan melengkung.

4. Kondensator milar ukuran 102-103 / 2kv : fungsinya untuk membuang kelebihan muatan G2 (screen), jika rusak maka gambar terang kemudian gelap sendiri, kadang berubah-ubah sendiri, kadang malah gelap sama sekali.

5. Elco regulator, warna biasanya ada 3-6 dengan ukuran 1uF/100-160v, jika rusak maka tulisan akan ada bayangan mbleret merah / hijau / biru.

6. Trimpot, fungsinya untuk mengatur komposisi warna : jika setingan tidak pas maka warna akan tidak alami. putar-putar saja jika mau mencoba, tidak apa-apa.

7. Kabel Fokus / G3 / G4, jika putus / sambungan tak sempurna maka gambar akan tidak fokus / kabur.

8. Kabel Screen / G2, jika sambungan tidak sempurna maka layar akan gelap.

Itulah beberapa penyebab yang menjadikan LCD proyektor berubah warna, dan beberapa cara untuk mengatasi LCD Proyektor yang berubah warna sesuai dengan masalah yang ada pada LCD Proyektor, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.

26 Replies to “Penyebab dan Cara Mengatasi LCD Proyektor yang Berubah Warna”

  1. Wah, ternyata mudah caranya. Kemarin waktu kuliah LCD tiba-tiba jingga. Back to oldschool, dipukul normal lagi. Sekali, dua kali, tiga kali, pukulan yang keempat membuat LCD proyektor gugur dalam tugas.

    1. @Adhitya Chandra : whahaha…
      jangan keseringan dipukul mas, ntar yang ada ndak bakalan normal tapi malah KOID.. 😀
      Klo ada kasus serupa mending di caritahu dulu penyebabnya…

  2. misi mas, kalo projektor pada jalur video RCA tidak mengeluarkan gambar, sedangkan pada jalur VGA keluar gambar dengan normal. kira – kira apanya yang rusak ? trmksh,,,

  3. gan. saya bergerak dalam bisa rental gan,,thx banget atas infonya….
    btw saya pengen nanya nih gan, knapa yaa gan kalau tampilan projector di screen suka betumpuk seperti dibelakang tulisan slide presentasi ada bayangannya…hal ini saya temui dalam beberapa event,,,
    saya udh cek dengan ganti kabel dan splitter ( DA ) vganya mash jg seperti itu..
    mohon dijawab gan,,

    thx banget….

  4. Numpang nanya Gan..ada kegiatan pelatihan di kantor pake 4 proyektor dari 1 laptop karena pesertanya cukup banyak. Tapi di proyektor ke-empat gambar tidak muncul. Akhirnya kami pake 2 laptop. Msg2 laptop terkoneksi ke-dua proyektor.
    Kira2 apa penyebabnya, Gan ? Trims

  5. tuan,
    saya mahu bertanya, sekiranya projektor itu hanya mengeluarkan cahaya bewarna hijau dan tulisannya bewarna putih. saya punya projektor itu model sanyo PLC-XU31. mohon bantuan tuan ya.
    terima kasih.

    1. @zafira : klo pengalaman saya sih jika berubah warna seperti itu, chip colokan kabel VGA yg ke komputer/PC ada yg bengkok, solusinya cobak di ganti dgn kabel konektor VGA lain.

  6. Mas..saya mau tanya, kalau gambar proyektor ada bayang/bercak (warna ikutan) warna kuning yg muncul setelah ada tiap gerakan apanya yg rusak ya?

  7. Layar s5 ane kalo latar belakang nya putih warna nya kekuningan mas kirain ga bisa d benerin harus ganti baru
    Ganti baru nya mahal mas

    1. @Alfian Arif : klo masalahnya hanya di kabel VGAnya bisa, tinggal di solder aja pada bagian ujung kabel VGA, di toko listrik/sejenise biasanya jual

  8. Mau tanya, LCD proyektor saya merek Sony dipasang gantung di Kafe selang dua bulan dipakai tiba2 gambarnya muncul garis melengkung di bagian kanan atas dan diarsiran lengkungan itu berubah warna dominan biru/jingga. Kira2 apa masalahnya dan cara memperbaikinya gimana?….

  9. kalau dilayar huruf tidak muncul alias hilang sama sekali? hanya lampunya saja yg menyala (blank tapi nyala)

  10. mas mau nanya kalau warna layar blur terus warna nya kadang brubah biru ada garis nya itu kendala nya apa, terus habis dana berapa kira kira kalau di service

  11. kebetulan neh, ane kerja di ISS indovisual service solution, yg nanganin proyektor, lampu led n plasma.

  12. mas tanya saya punya lcd merk sony kalao dipakai gambarnya ya jelas tapi lama -lama karena panas terus akhirnya mati tlg apanya ya mas yag perlu diganti?

  13. Klu infocus muncul bercak merah muda di beberapa tempat itu kira2 apanya ya, dan bagaimana solusinya.terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *