Cara Membuat Website Sendiri

Belajar cara membuat website sendiri ~ Hampir semua lapisan masyarakat sudah banyak yang tahu tentang website baik itu website pribadi, membuat website untuk instansi pendidikan, atau untuk keperluan bisnis dan toko online (ecommerce).ย Sebelum membahas lebih jauh seputar website, Sobat harus tahu terlebih dahulu macam macam website, di mana website itu sendiri terdiri dari ; 1. Website Dinamis : secara sederhana merupakan website yang di buat/di ciptakan secara dinamis artinya website yang bisa di edit maupun di update kapan saja tanpa harus merubah setingan kode /script dasar. untuk website dinamis ini untuk sekarang paling populer digunakan karena di nilai lebih efektif dan efisien. contoh realnya yakni website yang di buat dengan CMS. dan yang ke-2 Website Statis : kalau di artikan secara sederhana website statis merupakan website yang di buat secara langsung dari coding/bahasa pemprograman langsung dan jarang sekali melakukan perubahan isi /update. dan bila website melakukan perubahan maka harus di lakukan secara manual dengan merubah sebagian /seluruh kode script website.

Setelah sobat tahu jenis website secara umum, berikutnya sobat harus tahu ekstensi domain yang nantinya sobat akan gunakan. misal jika sobat nanti mau membuat website type general /umum atau toko online gunakan domain TLD .COM, website type organisasi gunakan .ORG, website type computer bisa menggunakan .NET, website type instansi pendidikan bisa menggunakan .SCH.ID atau .AC.ID

Selain domain, yang harus sobat ketahui ialah web hosting ; merupakan media penyimpanan file folder website yang kita buat, kalau di komputer hampir sama dengan hardisk. tarif web hosting sangat bervariasi sesuai dengan spesifikasi dan kualitas hosting itu sendiri.

web

Membuat Website

Untuk membuat website sendiri sobat bisa 1). Membuat langsung dengan bahasa PHP, HTML, CSS atau Java Script (tidak saya sarankan buat sobat yang baru mengenal website, kecuali kalau sobat mencoba membuat websitenya di localhost). 2). menggunakan CMS WordPress, Joomla, Drupal, Opencart, Prestashop, dll yang bisa sobat download secara free untuk mempelajarinya berikut list untuk membuat website ;

  1. Tutorial Membuat Website dengan CMS Joomla
  2. Tutorial Membuat Website dengan CMS WordPress
  3. Tutorial Membuat Blog dengan Blogspot
  4. Tutorial Membuat Toko Online dengan CMS Prestashop
  5. Tutorial Membuat Toko Online dengan CMS Opencart

Untuk latihan mungkin sobat bisa mencoba membuatnya secara gratis di www.wordpress.com (nantinya mempunyai alamat namablog.blogspot.com) atau www.blogger.com (nantinya mempunyai alamat namablog.blogspot.com)

12 Comments

  1. ipankint 26/02/2013 Reply
    • IlmuOnline 26/02/2013 Reply
  2. danz zho 26/03/2013 Reply
    • IlmuOnline 27/03/2013 Reply
    • IlmuOnline 31/03/2013 Reply
  3. Taqorrub 08/04/2013 Reply
  4. krozden 13/04/2013 Reply
    • IlmuOnline 27/04/2013 Reply
  5. Xeon 08/05/2013 Reply
    • Pengelola 09/05/2013 Reply
  6. palaesku 10/12/2013 Reply

Leave a Reply