Cara Membuat Website Sendiri

Belajar cara membuat website sendiri ~ Hampir semua lapisan masyarakat sudah banyak yang tahu tentang website baik itu website pribadi, membuat website untuk instansi pendidikan, atau untuk keperluan bisnis dan toko online (ecommerce).ย Sebelum membahas lebih jauh seputar website, Sobat harus tahu terlebih dahulu macam macam website, di mana website itu sendiri terdiri dari ; 1. Website Dinamis : secara sederhana merupakan website yang di buat/di ciptakan secara dinamis artinya website yang bisa di edit maupun di update kapan saja tanpa harus merubah setingan kode /script dasar. untuk website dinamis ini untuk sekarang paling populer digunakan karena di nilai lebih efektif dan efisien. contoh realnya yakni website yang di buat dengan CMS. dan yang ke-2 Website Statis : kalau di artikan secara sederhana website statis merupakan website yang di buat secara langsung dari coding/bahasa pemprograman langsung dan jarang sekali melakukan perubahan isi /update. dan bila website melakukan perubahan maka harus di lakukan secara manual dengan merubah sebagian /seluruh kode script website.

Setelah sobat tahu jenis website secara umum, berikutnya sobat harus tahu ekstensi domain yang nantinya sobat akan gunakan. misal jika sobat nanti mau membuat website type general /umum atau toko online gunakan domain TLD .COM, website type organisasi gunakan .ORG, website type computer bisa menggunakan .NET, website type instansi pendidikan bisa menggunakan .SCH.ID atau .AC.ID

Selain domain, yang harus sobat ketahui ialah web hosting ; merupakan media penyimpanan file folder website yang kita buat, kalau di komputer hampir sama dengan hardisk. tarif web hosting sangat bervariasi sesuai dengan spesifikasi dan kualitas hosting itu sendiri.

web
Membuat Website

Untuk membuat website sendiri sobat bisa 1). Membuat langsung dengan bahasa PHP, HTML, CSS atau Java Script (tidak saya sarankan buat sobat yang baru mengenal website, kecuali kalau sobat mencoba membuat websitenya di localhost). 2). menggunakan CMS WordPress, Joomla, Drupal, Opencart, Prestashop, dll yang bisa sobat download secara free untuk mempelajarinya berikut list untuk membuat website ;

  1. Tutorial Membuat Website dengan CMS Joomla
  2. Tutorial Membuat Website dengan CMS WordPress
  3. Tutorial Membuat Blog dengan Blogspot
  4. Tutorial Membuat Toko Online dengan CMS Prestashop
  5. Tutorial Membuat Toko Online dengan CMS Opencart

Untuk latihan mungkin sobat bisa mencoba membuatnya secara gratis di www.wordpress.com (nantinya mempunyai alamat namablog.blogspot.com) atau www.blogger.com (nantinya mempunyai alamat namablog.blogspot.com)

12 Replies to “Cara Membuat Website Sendiri”

  1. paling enak memang pake CMS dengan Auto-installer…
    kalo untuk pribadi cukup pake CMS wordpress..
    kecuali kalo memang sudah cukup terkenal, bisa dipresentasikan dengan membuat web yang profesional..

    1. @ipankkint : bener sob, pling enak buat pemula ya pake CMS sesuai kategory webnya. apalagi skrang CMS2 sudah menyediakan banyak sekali plugin2 utk mengoptimalkan website.

    1. @danz zho : binggung kenapa mas ?
      intinnya gini kalau situ mau membuat blog yg gratisan cukup pake blogspot (www.blogger.com dr google) atau wordpress.
      tapi jika sobat mau mbikin web pribadi /umum ya sy sarankan bikinlah website level TLD dgn memesan domain + hosting sendiri. adapun utk biaya memesan domain kisaran 90-100ribu/tahun, utk sewa hosting tergantung space dan tempat penyedia hostingnya “harga bervariasi”.

  2. Untuk membuat web, saat ini saya sendiri pake CMS WordPress. Lebih mudah dan lebih banyak pengembangnya sehingga akan selalu ada temuan-temuan baru terkait dengan fitur2nya.

    1. @Hidayat M : masing2 CMS ada kelebihan n kekurangannya masing2 sob, n faktor kebiasaan juga berpengaruh juga.
      memang bener CMS wordpress utk sekarang ini paling banyak digunakan utk membuat blog maupun website, krna banyak fiturnya n mudah utk di optimasi.
      btw, maaf ya link di commentnya sy edit, krn disini ndak boleh ngasih link langsung di komentar. n makasih udah berkunjung dimari.

  3. Mudah dipahami sob panduannya, kalau saya lebih suka pakai cms wordpress.
    Semoga yang baca dapat ilmu yang diharapkan.

    Makasih infonya sob

    1. @krozden : sama-sama sob, wordpress emang powerfull. thanks sudah berkunjung di blog ane yg sederhana ini.

    1. @Xeon : silahkan sob, asal jangan di copas mentah2 aja ya ๐Ÿ˜€
      Thanks juga udah berkunjung di blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *