Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Component Joomla JComment untuk membuat kotak komentar di joomla

membuat kotak komentar website

Kita sering sekali menemui blog yang mempunya kotak komentar di wordpress mungkin sudah wajar, namun jika sobat menggunakan joomla maka kotak komentar tidak tersedia secara default, maka dari itu jika ingin menambahkan kotak komentar ke dalam website ataupun blog joomla bisa menggunakan component JComment yang mempunyai beberapa fasilitas unggulan yang tidak hanya sekedar kotak komentar di bawah posting artikel saja, tetapi keunggulan-keunggulan lain yang bisa sobat manfaatkan secara free karena memang extension joomla ini bersifat non-comercial.

JComment merupakan salah satu extensi joomla untuk komentar dengan fitur yang lumayan lengkap dengan tampilan yang sederhana, namun mudah di intregasikan dengan komponent joomla lainnya.

Beberapa fitur dari JComment antara lain :

  • AntiSpamnya (CAPTCHA) yang bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai selera, jadi sobat ndak perlu khawatir lagi dengan yang namanya SPAM
  • Support multilangauge (support lebih dari 20 bahasa)
  • Support Smile & BBCode, smilenya bisa kita set ulang sesuka pengguna, dan juga support AVATAR image
  • Bisa mengimport komentar dari komponen ketiga joomla (seperti AkoBook, Chrono Comments, ComboMax, EasyComment, dan sejenisnya)
  • Ada fasilitas email subscrib dan RSS Feeds, jadi ndak perlu nambahin komponent lagi “hampir semua keperluan yang ada di blogging ada disini”
  • Report komentar & moderasi komentar, jadi bisa dipilih2 / difilter komentar yang akan ditampilkan.

membuat kotak komentar website

Untuk menginstall / membuat komentar di joomla menggunakan extension joomla JComment silahkan simak penjelasan berikut :

  1. Pertama pastinya download dulu komponen JCommentnya di http://www.joomlatune.com/jcomments-downloads.html atau http://extensions.joomla.org/extensions/contacts-and-feedback/articles-comments/9985
  2. Kemudian silahkan ke halaman administrasi joomla, dan klik tab menu Extension > Install/Uninstall (jika menggunakan joomla 1.7 kebawah) namun jika menggunakan joomla 2.5 keatas klik menu Extensions >> Extension Manager.
  3. Lalu Pilih Chose dan cari file JComment yang sudah sobat download, lalu install
  4. Masuk ke Extension > Plugin Manager, Cari exrtension JComment, lalu enable untuk mengaktifkan component joomla Jcomment
  5. Selanjutnya untuk mensetting component JComment klik menu Component > JComment > Manage Comment. sampai sini sobat bisa berkreasi sendiri untuk mensetting extenstion joomla JComment karena saya kira cukup mudah dan simple.

setting Jcomment joomla

Pada saat artikel ini dipublish extension joomla JCommnet ini sudah support dengan joomla 1.5, joomla 1.7, dan yang terbaru support joomla 2.5 “untuk yang sudah make joomla 3.0 bersabar ya, mungkin nanti ada versi terbaru”.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

6 Replies to “Component Joomla JComment untuk membuat kotak komentar di joomla”

  1. permisi, mau tanya klo model komentar yg seperti saya komentari saat ini menggunakan komponent, modul, plugin apa ? bisa dibagi 🙂

    1. @rozie : sorry sob ni blog bukan menggunakan joomla sbgai CMS dasar, melainkan menggunakan wordpress.
      dan utk kotak komentar tidak menggunakan plugin, melainkan main di scriptnya aja.

  2. Excellent Post. Thank you for posting this, it
    is very effectively written. I will keep checking back for more threads from you.

  3. Selamat Sore. Tiidak sesngaja saya terdampar ke blog ini, ternyata postingan-postingannya cukup bagus
    dan banyak tulisan yang sangatlah banyak manfaatnya untuk saya.

    Minta izin membookmark dan saring beberapa artikel ke social
    medija saya ya sekalian biar blog anda semakin banyak pembacanya.
    Semoga di tambahan artikel baru terus ya blognya.Sukses Selalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *