Tempatnya Ilmu Internet

Cara Memperbaiki Aplikasi Photos Windows 10 Tidak Bisa Dibuka

Photos Apps digunakan untuk melihat file foto yang ada di windows 10, dan seri windows lainnya. Namun apa jadinya jika aplikasi photos windows 10 tidak bisa dibuka, tentu akan sangat menyulitkan dan merepotkan bukan. Biasanya pesan error yang ada pada windows 10, muncul pesan “windows 10 photo viewer error the app didn’t start” jika anda menemui pesan error yang seperti itu, kemungkinan besar masalah ada pada aplikasi photos / foto app yang ada pada windows 10 anda, bukan pada file foto / gambar anda yang bermasalah.

Pada umumnya penyebab photos app error di windows 10, 99 persen disebabkan oleh update window 10 yang gagal. Meskipun mungkin anda tidak merasa mengupdate windows, namun windows 10 sendiri otomatis akan melakukan update sendiri. Akibatnya semua file foto yang ada di laptop ataupun komputer tidak bisa dibuka/dibaca.

Cara Memperbaiki Aplikasi Photos Windows 10 Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, ketika aplikasi photos windows 10 error. Cara-cara tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Update dari Windows Store

Cara paling mudah untuk memperbaiki aplikasi photos windows 10 tidak bisa dibuka, ialah dengan mendownload dan mengupdate aplikasi di windows store.

  • Caranya, silahkan buka aplikasi Microsoft Store, klik ikon menu tiga titik di sudut kanan atas, lalu klik Downloads and Updates.

mengatasi masalah photos app error

  • Pada layar baru, klik Get updates. Jika ada pembaruan yang belum anda instal untuk Photos App, maka itu akan muncul dalam antrian download dan mulai mendownload.
  • Jika tidak segera mendownload dan terhenti di Pending, anda dapat mengklik ikon menu tiga titik di sebelah kanannya lalu klik Download now untuk menjalankannya.
  • Jika proses download dan update selesai, silahkan restrat laptop / komputer anda, kemudian silahkan dicoba untuk membuka file foto.

Lihat juga : Cara Menampilkan File Hidden Windows 10

2. Hapus dan Install Ulang Microsoft Photos Apps

Cara lain untuk mengatasi microsoft photos yang error di windows 10, iadalah dengan menghapus dan menginstall ulang aplikasi photos di windows 10. Karena microsoft photos apps tidak bisa diuninstall langsung dari control panel, maka untuk menginstall photos app bisa melalui PowerShell dan juga aplikasi cCleaner. dan pada penjelasan kali ini, penulis menggunakan cCleaner untuk menghapus foto apps dari windows 10.

  • Cara mudahnya, anda bisa mendownload aplikasi cCleaner, kemudian install pada PC Windows 10 Anda.
  • Jalankan CCleaner, klik Tools, lalu klik Uninstall untuk melihat daftar aplikasi yang telah terinstall.
  • Cari entri dengan nama Photos, klik kanan pada entri tersebut, kemudian klik tombol UninstallKlik OK jika Anda melihat kotak konfirmasi.

Cara Memperbaiki Aplikasi foto di Windows 10 Tidak Bisa Dibuka

  • Setelah itu. Untuk menginstalnya kembali, buka aplikasi Microsoft Store, cari Photos, lalu pilih dan instal Photos App (dengan Microsoft Corporation terdaftar sebagai pengembangnya).

3. Gunakan Windows Photo Viewer

Opsi terakhir yang bisa anda gunakan adalah menggunakan windows photo viewer. Caranya cukup mudah, anda tinggal mendownload aplikasi photo viewer dari google. Aplikasi komputer ini juga mempunyai tampilan yang sama dengan windows viewer yang ada di windows 7. Sekarang ini banyak sekali aplikasi free / gratis, yang bisa anda download yang mempunyai size yang kecil dan ringan untuk digunakan.

Itu tadi cara sederhana untuk memperbaiki aplikasi photos windows 10 tidak bisa dibuka atau error, yang bisa anda perbaiki dengan cara diatas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.