Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Cara Membuat Histats Menjadi Private /Menyembunyikan Histats

membuat histats privacy

Cara Membuat Histats Menjadi Private /Menyembunyikan Histats di Blog ~ Seperti yang sudah di ketahui untuk salah satu tool yang sering digunakan untuk menganalisa pengunjung blog ialah histats, meskipun selain histats juga ada beberapa lainnya yang juga cukup populer bagi kalangan blogger seperti misalnya; google analytics, who is, ataupun sitemeter, yang mana penjelasan mengenai cara memasangnya sudah pernah saya beberkan seperti Memasang histats di blog wordress ataupun blogspot.

Dengan memasang histats di blog ntah itu blog wordpress ataupun blogspot, kita bisa tahu dari mana saja pengunjung blog kita berasal, jumlah pengunjung harian, jam, ataupun relatime, keyword apa saja yang mendatangkan pengunjung ke blog, letak geografis pengunjung “negara pengunjung blog”, dan beberapa data lainnya yang bisa di analisa. Naah dengan adanya histats ini anda sangat terbantu untuk mengembangkan blog, namun di sisi lain jika anda membiarkan semua informasi yang di dapatkan dari histats dibuka untuk umum maka yang ada kompetitor anda akan dengan mudah mengetahui beberapa hal untuk bisa mengalahkan blog anda, hal itu tentu sangat merugikan anda jika blog tersebut merupakan blog andalan anda, oleh karena itu perlu anda untuk membuat histats menjadi private atau bisa juga menyembunyikan histats agar tidak tampil di blog, namun anda bisa leluasa melihat histats anda dari akun histats anda.

Cara Membuat Histats Menjadi Private

  • Pada penjelasan ini saya asumsikan anda sudah tahu tentang histats dan tahu juga cara memasang histats di blog (wordpress/blogspot), bagi yang belum paham bisa membaca artikel saya sebelumnya yang ada disini
  • Anda login ke akun histats anda dengan email dan password yang ada, hingga muncul halaman control panel histats.
  • Lalu anda klik tanda gembok atau “Edit site stats page privacy” untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut

membuat histats privacy

  • Checlist/pilih semua pada opsi “Private stats”, dan klik tombol Continue

mengatur privacy histats

  • Selesai

Cara Menyembunyikan Histats di Blog

Untuk menyembunyikan histats di blog agak sedikit berbeda dengan membuat histats privacy, jika histats privacy info traffic di blog masih terlihat/tampil namun ketika di klik akan muncul pesan histats private, namun jika histats di semubunyikan maka histats tidak tampil di blog namun sebenarnya histats ada di blog, naah untuk menyembunyikan histats caranya anda tinggal memasukkan kode yang berwarna merah berikut;

<div style=”display: none”> code histats </div>

Itulah cara mudah yang bisa penulis sharekan, semoga bermanfaat.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

17 Replies to “Cara Membuat Histats Menjadi Private /Menyembunyikan Histats”

  1. terima kasih atas tipsnya gan. sebenarnya tips ini sangat sederhana, namun banyak orang khususnya para blogger yang belum tahu cara private histats, contohnya saya sendiri. dengan membaca konten dari anda, sekarang saya sudah menjadi tahu. terima kasih

  2. Thanks sob infonya.
    Saya ada beberapa pertanyaan, dibandingkan dengan yang lainnya seperti sitemeter atau statscounter, apakah histats lebih bagus? Kecepatan loading blog kan sangat penting nih sob, apakah alat-alat seperti ini berdamoak besar terhadap loading blog? Jika memang untuk menganalisis, kenapa kita tidak menggunakan google analytic saja? Terimakasih.

    1. @Agung : Untuk sitemeter dan stats counter sendiri dulu saya pernah mencobanya, namun menurut pandangan saya histatslah yg lebih details dalam memberikan cover visiotr yg dateng keblog saya. utk google analytics sendiri bberapa tahun yg lalu saya juga pernah memakainya dan hasilnya juga ndk kalah bagus dgn histats..
      utk pengaruh tidaknya akses kecepatan blog pastinya pengaruh, cuman skrg ini histats jg sdah meninggalkan metodhe “frame” yg katanya bisa memperlambat akses blog.
      sy sendiri lbih suka menggunakan histats krn sy mempunyai beberapa blog yg tdk dalam satu email, sdgkan klo pake gogle analytics setahu sy hrus login dlu gogle akun, sedangkan klo kita punya bnyak blog di bnyak akun itu sedikit ribet..

    1. @hurinet : klo mau online visitornya di hidden/sembunyikan, tinggal di setting di bagian “Edit site stats pages privacy” pada PAGE – Users online ganti model private stats yg ada di control panel/panel kendali histats kamu gan..
      tapi klo mau model full private/orang laen tidak bisa melihat semuanya ya tinggal diganti ke model private stats semua, lalu save atau pas mbikin counter code pilih yg Hidden tracker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *