Tempatnya Ilmu Internet

Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda Supaya Maksimal

Domain ibarat pondasi dalam sebuah bangunan, dengan begitu jika anda mempunyai domain yang baik maka salah satu poin penting dalam membangun bisnis anda sudah terpenuhi. Namun, domain bukanlah satu-satunya cara anda untuk sukses dalam usaha atau bisnis online anda. Ada juga hosting/vps, content, SEO, dan beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan. Lalu bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis anda supaya maksimal?

Mari simak ulasannya pada penjelasan berikut ini.

Memilih Nama Domain yang Sesuai dengan Jenis Usaha Anda

Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda Supaya Maksimal

Karena nama domain bagi para pebisnis online merupakan sebuah brand / identitas dari usaha yang anda jalani, jadi pemilihan  sebuah nama domain itu hal yang perlu anda perhatikan.

Pemilihan nama domain yang tepat, bisa meningkatkan kepercayaan calon pelanggan, serta bisa meningkatkan awareness dari brand bisnis yang anda kelola. 

Memilih Ekstensi Domain yang Sesuai

pemilihan ekstensi domain

Ekstensi domain yang sekarang ada, sangatlah lengkap. Dan sebenarnya tiap-tiap ekstensi yang diciptakan di peruntukan untuk berbagai keperluan. Meskipun bisa saja anda domain dengan ekstensi .org misalnya, untuk keperluan blog pribadi misalnya, itu sah-sah saja. Namun jika anda ingin menciptakan brand bisnis yang baik, maka pemilihan ekstensi domain juga sangat penting lho.

Jika usaha Anda ingin memfokuskan dipasar Indonesia maka opsi pemilihan ekstensi; .co.id, .id, .my.id yang tepat. Atau jika anda menginginkan pasar yang lebih luas dan umum anda bisa menggunakan ekstensi .com

sejarah domain gratis

Memilih Nama Domain yang Mudah Terbaca

Memilih menggunakan nama domain yang mudah terbaca dan di ingat itu penting lho. Karena domain sebagai identitas dan brand usaha anda di dunia maya.

Anda tidak harus membuat nama domain yang kebarat-baratan, daripada nama domain anda susah di ingat orang. Karena kenyataanya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sangat pesat lho,dengan pasar yang luas dan pertumbuhan pengguna yang pesat ini sayang jika tidak di optimalkan.

pengguna internet di Indonesia

Memilih Penyedia Registrasi Domain yang Tepat

Hal lain yang juga sama pentingnya ialah dalam hal memilih penyedia registrasi domain yang tepat. Salah satu penyedia domain yang terpercaya ialah rumahweb, yang merupakan salah satu penyedia domain murah dan hosting murah di Indonesia.

Tips Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda

Supaya domain yang anda sudah pilih, agar bisa dimanfaatkan secara maksimal anda bisa memanfaatkannya dengan berbagai jenis usaha seperti :

Online Store

Dengan membuka toko online, anda bisa memiliki banyak sekali opsi untuk menjual berbagai jenis produk, terutama produk – produk yang banyak di cari, akan tetapi tidak memiliki banyak kompetitor.

Meskipun memang rata – rata produk yang banyak peminatnya, kompetitornya juga banyak. Namun jika anda jeli menangkap peluang bukan tidak mungkin ada.

Jika anda merasa produk – produk seperti; busana wanita, rok, busana muslim, hijab, baju pria, celana, topi, sepatu, smartphone, laptop dan barang-barang elektronik lainnya terlalu banyak kompetitor, maka anda bisa mencoba membuka toko online yang menjual produk yang lebih spesifik.

Produk – produk seperti; kerajinan tangan, oleh – oleh khas, produk digital semacam aplikasi original, dan produk lain yang tidak mudah ditiru menjadi nilai plus buat usaha anda.

Web Company Profile

Pada posisi ini, biasanya anda sudah mempunyai usaha offline, sehingga untuk memperluas usaha anda bisa memanfaatkan internet dengan membuat website company profile dan calon komsumen bisa melihat detail produk yang anda tawarkan. Dengan begitu harapannya usaha yang anda tekuni akan mudah ditemukan di internet, dan bisa lebih luas cakupan pasarnya.

Layanan Jasa Online

Sekarang ini ada banyak sekali layanan jasa online yang bisa anda coba, tergantung jenis usaha yang akan anda geluti, dan passion anda dibagian apa.

Bagi anda yang mempunyai keahlian dibidang desain grafis misalnya, anda bisa membuka jasa desain di website. Bila anda menguasai pemprograman PHP anda bisa menawarkan jasa pembuatan aplikasi berbasis web.

Bahkan anda juga bisa menjual jasa instalasi theme berbayar (yang mempunyai license), perantara beli barang khusus produk import, hingga jadi penulis lepas untuk blog, maupun buku ataupun cerpen.

Yang terpenting dalam layanan jasa online ini ialah, anda tahu betul bakat anda diposisi apa, dan memanfaatkan bakat yang sudah anda miliki untuk memaksimalkan usaha yang anda geluti.

Namun jika usaha anda sudah besar, anda bisa hire pegawai yang sesuai dengan bidang yang anda tekuni.

TOS : Artikel ini di ikutkan dalam rumahweb blog competition periode 2.