Mengatasi Wifi Internet yang tidak terdeteksi di Laptop /Notebook

Beberapa waktu yang lalu saya disuruh atasan saya untuk mbenerin/ mengatasi wifi internet yang tidak mau terdeteksi di laptop /notebook yang ada, sehingga notebook /laptop atasan saya otomatis tidak bisa terkoneksi dengan internet, namun setelah saya telusuri beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan wifi laptop /notebook tidak terhubung dengan internet ada beberapa faktor, yang belum tentu masalah ini mempunyai penyelesaian yang sama, namun berdasarkan sepengetahuan penulis ada beberapa hal yang menyebabkan wifi internet tidak terhubung / tidak nyambung dengan jaringan internet yang seharusnya ada sinyal wifi internetnya.

Cara mengatasi wifi internet yang tidak mau terkoneksi dengan internet pada laptop/notebook yang menggunakan windows 7 sebagai sistem operasinya sebenarnya tidaklah susah, hanya kadang hal-hal sepele seperti ini bisa menyusahkan kita jika saat-saat kita butuh koneksi internet dengan mengandalkan jaringan internet wifi “tanpa kabel” untuk keperluan penting yang sifatnya mendadak, naah untuk mengatasi jaringan wifi yang tidak mau terdeteksi dengan laptop windows 7 bisa menyimak penjelasan saya pada artikel ini.

Untuk Cara Mengatasi Wifi yang tidak bisa terdeteksi dengan internet di laptop/notebook windows 7 anda, berikut beberapa hal yang perlu anda pastikan sebelumnya :

1. Berada di area Wifi Internet : Sebelum mengecek yang lainnya pastikan dulu kalau anda memang sudah berada dalam wifi area, dari faktor ini biasanya terjadi pada ruangan yang tertutup yang menyebabkan jaringan wifi tidak bisa masuk ke ruangan anda.

2. Jaringan Wifi Normal : Jika jaringan wifi di area anda normal, maka selanjutnya anda bisa mengecek faktor lain yang menyebabkan wifi internet yang tidak terdeteksi di laptop/notebook anda.

Cara Mengatasi WIFI yang tidak terdeteksi internet

Jika kedua hal diatas sudah anda cek dan ternyata normal dalam artian adan berada di area wifi dan kondisi jaringan wifi sedang normal maka berikut cara mengatasi wifi yang tidak terdeteksi dengan baik di laptop windows 7 :

1. Cara pertama ; Cek apakah driver WIFI laptop sudah terinstall sesuai seri laptop dan sudah tidak terdapat tanda seru (!) pada device manager, langkah mengeceknya klik Start >> Control Panel >> Device Manager >> Network Adapter, cek apakah di bagian network adapter sudah terinstall driver Wirelles dan sudah tidak terdapat tanda seru (!), jika sudah skip ke cara selanjutnya, namun jika ternyata blm ada drivernya atau sudah ada tapi masih ada tanda seru berarti anda perlu memperbaikinya/menginstall ulang driver laptop yang sesuai.

cara mengatasi wifi yg tidak terdeteksi

2. Cara kedua ; Nyalakan Wifi internet di laptop anda, caranya di Fn+F10 (untuk laptop axio), ada yg Fn+F3 dimana setiap type laptop mempunyai kombinasi shurtcut yang berbeda-beda cara mudah untuk mengetahuinya anda klik bebarengan tombol (Fn+tombol yang ada symbol sinyal/pemancar) dan dalam beberapa type laptop seperti toshiba lampu indikator wifi akan menyala yang menandakan sinyal wifinya sudah anda hidup/aktifkan.

3. Cara Selanjutnya jika belum kelar juga, padahal sudah mengikuti cara diatas maka anda bisa melakukan cara ini, yakni :

  • Masuk ke control panel melalui Start >> Control Panel, kemudian pada bagian View By : anda pilih yang large Icon sehingga tampilannya seperti ini
  • Selanjutnya pilih Windows Mobility Center, sehingga akan tampil seperti ini

cara mengatasi wifi yg tidak terkoneksi

  • Pada bagian wirelles akan terlihat status wirelless “wifi” internet anda, jika statusnya “wireless off” berarti wifi anda masih belum aktif.
  • Berikutnya anda bisa mengaktifkan wifi anda dengan memilih tombol “Turn Wireless On”

mengatasi wifi yang bermasalah

  • Jika sudah, untuk melihat hasilnya apakah berhasil atau tidak silahkan coba buka browser dan coba untuk mengakses internet.

Itu tadi cara sederhana untuk mengatasi wifi yang tidak terdeteksi / terkoneksi dengan baik pada laptop anda, jika cara mengatasi wifi yang tidak terdeteksi diatas anda lakukan dengan benar saya yakin masalah jaringan WIFI di laptop/komputer anda bisa terasatasi. Dan perlu anda pahami juga masalah ini cara mengatasinya belum tentu sama dengan masalah WIFI yang tidak terkoneksi di laptop tapi jaringan WIFI terdeteksi, karena khusus masalah yang barusan saya sebutkan tadi juga cara penangannya berbeda sesuai dengan pokok permasalahannya.