Belajar Mengenal Oracle

Seperti yang kita tahu oracle merupakan software database yang untuk saat ini sering di pakai oleh perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia. Software ini juga banyak diminati oleh para konsultan pembuat aplikasi yang berkaitan dengan database. dengan mengandalkan sistem keamanan baik membuat para proffesional yang berkecimbung di dunia database lebih memilih oracle sebagai alat untuk menunjang bisnis.

Selain system sequrity yang handal, oracle juga merupakan software database yang bisa menampung serta mengelola data dengan kapasitas yang sangat besar serta dapat mengakses data tersebut dengan sangat cepat. Hal ini lah beberapa point keunggulan dari oracle.

belajar oracle

Namun di sisi lain oracle merupakan software yang harganya tidak murah “relatif mahal” maka kebanyakan yang memakai hanya perusahaan-perusahaan ataupun konsultan yang mempunyai dana yang cukup besar pula. Jadi saran penulis ilmuonline.net jika sobat berkeinginan bekerja di perusahaan besar di bidang database, maka sebaiknya sobat pelajari oracle dari sekarang.

Adapun secara garis besar oracle mempunyai beberapa pilihan untuk di pelajari yang diantaranya :

Oracle Developer (Developer 2000, Developer 6)

Software ini di tujukan buat sobat yang berminat untuk membangun aplikasi dari sisi front end atau dari sisi user interface.

Oracle DBA (Oracle 8, Oracle 9i, Oracle 10g, Oracle 11i)

Software ini di tujukan buat sobat yang berminat dalam pembuatan program atau aplikasi dari sisi back end atau sisi database. Selain itu juga di peruntutkan buat sobat yang ingin menjadi seorang DBA (Database Administration Oracle).

Mengenai syarat yang harus sobat kuasai adalah sobat harus mengerti tentang SQL dan PL/SQL, yang merupakan dasar pengetahuan untuk bisa menjadi seorang Oracle Developer maupun Oracle DBA.

3 Comments

  1. wahyu Reply

Leave a Reply