Sejarah dan Perkembangan Macintosh OS dari Masa ke Masa

Sejarah dan Perkembangan Macintosh OS dari Masa ke Masa. Tahukah Anda apa itu Macintosh OS, Sejarah dan Perkembangan Macintosh OS itu? Macintosh Operating System/Mac OS, merupakan sistem operasi pada komputer yang telah dibuat oleh Apple Inc. Sistem operasi pertama yang memakai Graphical User Interface. Semua orang penting Macintosh, mulai dari Bill Atkinson, Andy Hertzfeld, dan Jef Raskin adalah orang-orang terbaik yang ada di balik teknologi-teknologi terbaik Apple Inc. Mac OS diciptakan dengan baik oleh peneliti Xerox PARC lantas diperkenalkan untuk pertama kalinya di Januari 1984 melalui iklan Super Bowl. Mau tahu informasi lebih lengkap mengenai Mac OS? simak sejarah dan perkembangan Macintosh OS berikut ini:

Perkembangan Mac OS

Di versi awal Mac OS mempunyai fungsi yang hampir setara dengan Windows 95 dan agar Mac OS bisa dijalankan dengan mudah dan cepat oleh semua orang, Apple menciptakan Macintosh yang sederhana. Apple sengaja menyembunyikan sistem operasi tujuannya untuk membedakan Mac OS dengan MS-DOS yang jauh lebih mudah untuk dipakai daripada Mac OS. Di dalam perkembangannya, Macintosh OS memiliki 2 jenis, yakni Mac OS klasik serta Mac OS X.

Sejarah dan Perkembangan Macintosh OS

Sejarah dan Perkembangan Macintosh OS Dari Masa Ke Masa

Berikut ini daftar Sejarah dan Perkembangan Macintosh OS dari masa ke masa hingga sekarang ini.

System 1

Tahun 1984 dipilih untuk merilis Mac OS yang pertama yang lantas diberi nama System 1. Dengan sangat baik, Apple membuat OS sebagai satu-satunya OS yang bisa dimanfaatkan pada saat itu yang sepenuhnya memang memakai GUI. Dan sejak itu, GUI jadi pionir perkembangan dari OS lainnya. System 1 bisa dijalankan di satu aplikasi saja dalam satu waktu, jadi System 1 belum dapat melakukan multitasking.

System 2

Selanjutnya adalah system 2 yang diperkenalkan oleh Apple di bulan April 1985 yang sudah dilengkapi oleh Finder 4.1 serta Mini Finder yang mana berfungsi untuk membuka aplikasi dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, ada juga sistem baru yakni sistem pengambilan screenshot, cukup dengan memakai tombol shift+command+3. Hebatnya lagi, pada system 2, para pengguna bisa melakukan shutdown komputer dari menu yang telah tersedia.

System 3

Anda yang lahir tahun 1986 pasti mengetahui dengan sangat baik jika versi System 3 telah dirilis oleh Apple di bulan Januari 1986 yang hadir bersamaan dengan dikenalkannya MacPlus. System 3 sudah dilengkapi oleh Finder 5.1 yang mampu dijalankan dengan sangat cepat bahkan lebih cepat dari versi sebelumnya. Pada System 3 ada teknologi Disk Cache di mana teknologi ini bisa menyimpan kegiatan yang kerapkali dilakukan oleh memori. Pasca satu bulan dirilis, dilanjutkan dengan System 3.2, Juni 1986 lalu System 3.3 di Januari 1987.

System 4

Pada Maret 1987, Apple merilis System 4.0 yang menggunakan finder 5.4, pada system ini terjadi perbaikan bug meskipun tidak ada perubahan lainnya yang berpengaruh. System 4.0 ini dapat dijalankan pada Mac dengan kapasitas RAM 512k dan seterusnya. Setelah satu bulan dirilis, Apple melakukan peluncuran System 4.1 menggunakan Finder 5.5 yang bisa dijalnkan oleh Mac OS kapasitas RAM 1 MB dan seterusnya.

System 5

Berdasarkan sejarah dan perkembangan Macintosh OS ada juga System 5 yang telah diluncurkan pada Oktober 1987 dengan memakai Finder 6.0, awal mulanya memang dinamakan System 4.2, namun kemudian diubah menjadi System software 5. Pada versi terbaru ini, pengguna komputer sudah bisa melakukan copy paste dengan lebih mudah karena telah dilengkapi oleh progress bar serta tombol cancel. Pada System 5, untuk pertama kalinya Apple mengenalkan fitur multitasking dari MultiFinder. Pasca sebulan setelah System 5 dirilis, kembali dirilis System 5.1 pada November 1987.

System 6

Menyambung kesuksesan System 5.1, Apple merilis System 6 di Juni 1988 dengan kapasitas sistem operasi yang jauh lebih stabil serta berjangka waktu panjang. System 6 ini bisa dijalankan dengan sangat cepat, hebatnya lagi bisa menjalankan Floppy Disk cukup dengan memakai 300-400 kb RAM, masih banyak RAM yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi lainnya.

System 7

Tanggal 13 Mei 1991, dipilih oleh Apple untuk merilis System 7 dengan memanfaatkan perubahan yang cukup signifikan. System ini memberikan para penggunanya kebebasan untuk membuka lebih banyak aplikasi asalkan masih ada memory. Pada versi ini, para pengguna dapat melakukan share file pada hardisk dengan sistem network.

Mac OS 7.6

Menuju ke Januari 1997, ada Mac OS 7.6 yang merupakan System 7.6 yang sejak saat itu pula mulai dikenalkan versi OS selanjutnya yang di kenal dengan Mac OS 8.

Sejarah dan Perkembangan Macintosh OS selanjutnya ialah Mac OS 8

Mac OS 8

Pada bulan Juli tahun 1997 Mac OS merilis versi terbarunya, Mac OS 8. Respon publik cukup baik menanggapi diuncurkannya versi yang lebih canggih dibandingkan sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan terjualnya Mac OS 8 sebanyak 3 juta kopi hanya dalam waktu enam bulan setelah peluncuran.

Mac OS 9

Dua tahun kemudian, pada bulan Oktober tahun 1999 Mac OS kembali memperbarui sistem operasinya dengan versi terbarunya, Mac OS 9. Sistem operasi ini dianggap sebagai masa transisi atau peralihan dari OS versi 8 menuju OS X.

Cheetah (Mac OS X)

Mac OS X diperkenalkan kepada publik secara resmi satu tahun kemudian, bulan tahun 2000. Banyak upaya perubahan dan transformasi yang dilakukan oleh Apple untuk meningkatkan performa sistem operasi yang dimilikinya. Hal ini berkenaan dengan semakin majunya pola pikir masyarakat dan tingkat kebutuhan yang meningkat sehingga pengguna atau user membutuhkan sistem operasi yang canggih, yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan mereka.

Puma (Mac OS X 10.1)

Versi kedua Mac OS X ini mulai diperkenalkan kepada publik pada tahun 2001 namun baru resmi dirilis pada tahun 2011. Mac OS versi terbaru ini menawarkan tampilan yang lebih elegan dan modern yang dikenal dengan sebutan Aqua. Dukungan terhadap perangkat dan media seperti CD, MP3, DVD, printer, dan kamera digital pun semakin diperluas.

Jaguar (Mac OS X 10.2)

Dari waktu ke waktu, Apple berkonsisten untuk terus mengembangkan Mac OS X ini. Hal ini dibuktikan dengan dilaunchingnya Mac OS X versi 10.2 yang diberi kode nama Jaguar pada tahun 2002.

Panther (Mac OS X 10.3)

Versi berikutnya ini diperkenalkan pada tahun 2003 setahun setelah versi Jaguar. Fitur-fitur yang tersedia mulai dilengkapi seperti iChat AV untuk video konferensi, Finder dengan satu akses klik ke file dan folder, serta tampilan Expose

Tiger (Mac OS X 10.4)

Versi terbaru, yaitu Mac OS X 10.4 mulai muncul pada tahun 2005. OS ini beri kode nama Tiger. OS ini begitu terkenal di masyarakat bahkan penjualannya mencapai angka 2 juta kopi hanya dalam jangka waktu enam minggu. OS ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya yaitu merupakan Mac pertama yang menggunakan Intel dimana Mac versi sebelumnya menggunakan Power PC.

Leopard (Mac OS X 10.5)

OS ini mulai diluncurkan pada tahun 2007. Beberapa transformasi pun tak luput dilakukan oleh pihak Apple Corporation, salah satunya yaitu dengan menambahkan fitur Cover Flow di Finder dan Time Machine.

Snow Leopard (Mac OS X 10.6)

Dirilis pada tahun 2009 dan OS versi ini merupakan pembaharuan besar-besaran yang dilakukan Apple dengan memperbarui 90 persen dari 1000 proyek yang ada dalam pengembangan Mac OS X.

Lion (Mac OS X 10.7)

Tahun 2011 Apple kembali mengembangkan OS terbarunya menjadi Mac OS X 10.7 yang diberi nama Lion. Pada OS versi terbaru ini terdapat integrasi yang lebih baik antara iOS dan Mac. iOS sendiri merupakan sistem operasi buatan Apple Corporation yang diperuntukkan bagi Iphone dan perangkat lainnya seperti iPod Touch, iPad, dan Apple TV. Sedangkan seperti telah diketahui sebelumnya bahwa Mac OS diperuntukkan bagi komputer Macintosh. Lion juga menjadi Mac pertama yang dapat diunduh di toko aplikasi utama milik Apple, Apple Store. Terdapat sekitar 250 fitur yang ada di Apple Store, baik berupa fitur baru maupun fitur yang diperbarui.

Mountain Lion (Mac OS X 10.8)

Pada tahun 2012, Apple kembali melakukan pengembangan dan perubahan terhadap OS yang dmilikinya. Versi Mac OS terbaru yang diberi nama Mountain Lion ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang elum ada pada versi sebelumnya. Sebut saja dukungan berupa aplikasi iMessage, iCloud, dan integrase yang lebih baik dengan jejaring sosial Twitter.

Mavericks (Mac OS X 10.9)

OS Mavericks, rilisan MAC OS X yang kesepuluh ini di rilis pada tanggal 22 Oktober 2013 dengan berbagai update yang ditekankan pada ketahanan baterai, peningkatan Finder(Pencarian), perbaikan power users dan juga integrasi iCloud. Nama Mavericks diambil dari sebuah lokasi berselancar di California, ini adalah versi MAC OS pertama yang dirilis menggunakan sebuah nama lokasi. Sebelumnya MAC OS hanya menggunakan nama-nama kucing besar.

Yosemite (Mac OS X 10.10)

MAC OS X yang ke-sebelas, OS ini dirilis kepada konsumen pada 16 Oktober 2014. Yosemite memperkenalkan sebuah pembaruan pada user interface OS X. Grafis skeuomorphism diganti menjadi desain grafis datar dan efek tembus kabur. Yang mengikuti keluarga iOS 7, dan juga perubahan beberapa icon yang mengikuti perkembangan iOS 7 dan iOS 8. Selain perubahan desain ikon, yosemite juga merubah pencahayaan dan skema warna gelap. Untuk font Lucida Grande diganti menjadi Helvetica Neue sebagai default nya. Nama yosemite ini diambil dari sebuah nama taman nasional.

El Capitan (Mac OS X 10.11)

Dirilis untuk konsumen pada akhir tahun 2015. Nama El Capitan sendiri di ambil dari sebuah nama formasi bebatuan yang ada pada taman nasional Yosemite. Ini adalah penerus sekaligus menyempurnakan dari OS X Yosemite dan difokuskan pada peningkatan kinerja, stabilitas dan keamanan data.

Menurut sejarah dan perkembangan Macintosh OS kita bisa menyadari jika panjang sekali perkembangan teknologi yang diusahakan oleh Apple, terus berusaha mengembangkan sistem operasi agar menjadi lebih baik lagi dan lebih sempurna hingga pengguna bisa melakukan multitasking dengan sangat mudah.