Tempatnya Ilmu Internet

Mencari / Riset Keyword Terpopuler dengan Google Trends

Google sebagai rajanya mesin pencari menyediakan tool yang bisa di gunakan untuk mengoptimalkan blog, caranya dengan mencari keyword / reset keyword populer dengan bantuan tool google trends. Sekilas pengertian Google Trends adalah salah satu produk layanan yang dikeluarkan oleh Google Inc dimana mempunyai fungsi utama untuk menunjukkan popularitas keyword pencarian pada Google Search Engine dari pengguna Google di seluruh dunia.

Jadi jika sobat ketika melakukan pencarian melalui Google dengan memasukkan keyword/ kata kunci tertentu, maka keyword tersebut secara otomatis akan tersimpan dalam database Google. Berdasarkan pada database itulah, Google Inc kemudian meluncurkan Google Trends yang menampilkan keyword pencarian yang sering dicari bahkan memperkirakan apakah keyword tersebut akan tetap eksis, naik atau bahkan turun dalam kurun waktu tertentu ke depan. Hal ini tentunya sangat membantu sobat blogger teruatama yang mempunyai aktivitas ngeblog yang buka sekedar hoby saja, melainkan sudah menjadi mata pencaharian, dengan menentukan keyword yang di bidik dengan harapan bisa mendapatkan banyak traffic dari search enggine.

Namun kita sebagai blogger (user) bisa mengetahui mengenai banyak hal tentang keyword populer yang sedang banyak di cari, mengetahui popularitas/ seberapa besar tren keyword yang kita bidik yang dapat kita spesifikasikan menurut wilayah geografis (kota/ negara), bahasa, dalam kurun waktu tertentu, maupun berdasarkan kategori ataupun penggunaan alat pencarian.

Dengan Google Trends memungkinkan sobat untuk bisa membandingkan volume pencarian antara dua atau lebih keyword atau obyek. Perbandingan tersebut ditampilkan dalam suatu grafik yang sangat mudah dipahami.

Lalu bagaimana cara penggunaanya ? untuk menggunakan google trends sobat cukup mengaksesnya melalui http://www.google.com/trends

Kemudian ketikkan keyword yang di inginkan, misal disini saya ingin melihat popularitas keyword “pendidikan” dan click tombol Search /telusuri, maka hasilnya kurang lebih akan seperti ini

riset keyword

Disitu dapat kita lihat dari grafik bawah keyword “pendidikan” dari tahun ke tahun mempunyai kenaikan traffic, yang artinya cukup bagus jika sobat ingin menembak keyword pendidikan, selain itu sobat juga bisa melihat popularitas keyword tersebut berdasarkan batasan-batasan (lokasi, waktu dan kategori).

Selain itu juga bisa melihat keyword populer dalam kurun waktu tertentu, misalnya sobat ingin melihat keyword yang paling banyak di cari di indonesia dalam kurun waktu 30 hari terakhir, maka hasilnya kurang lebih seperti ini

keyword tool populer

Dari gambar di atas, sobat bisa memanfaatkan beberapa keyword di atas yang sedang naik daun, sehingga kemungkinan besar post artikel  terbaca banyak orang, dengan ketentuan website /blog sudah terindeks dengan baik di search engine.

9 Comments
  1. Dwi says

    aq ud ikuti cara diatas untuk menggunakan GOOGLE TRENDS tp kok malah yang muncul berita tentang artis?

    1. IlmuOnline says

      @Dwi : categorynya di tentuin dulu, klo kategori blm ditentuin ya yg keluar seputar artis, jadi klo mau nyari spesifikasi yg lebih detail pilih dulu kategorinya yg ada di samping kiri.

  2. Keyword Seo Blog says

    mantap ilmunya makasih banyak gan

  3. Partikel says

    Kalo untuk mengetahui keyword yang sedang populer gimana mastah ?

  4. andri says

    di Menu Filter gak ada bagian Indonesia bro, ada solusi kah gmn cara cari niche keyword yg trend khusus di indonesia saja?

  5. aliansiseo says

    mantap min! tapi google trend ini kurang buat riset kata kuncinyah masih bagus google keyword planner.

    1. Hasanaji says

      Emang bener gan, cuman utk niche2 terterntu google trend juga efektif…
      klo google planner kan sdh sering banget dibahas, pengene agak beda saja CMIW 😀

  6. arreza mp says

    wah keren pak …

    tapi ane mau tanya nih … kalau kita klasifikasikan keyword untuk bisa jadi di page one gimana cara nya gan?

  7. fifi says

    Thanks.. Bermanfaat

Leave A Reply

Your email address will not be published.