Tempatnya Ilmu Internet

Cara Mudah Memasang Breadcrumb di WordPress

Jika sobat ilmuonline menggunakan theme wordpress yang tidak ada breadcrumb nya, maka sobat bisa menambahkan breadcrumb ke dalam blog wordpress yang kita bikin. namun biasanya untuk theme-theme yang sudah disetting SEOnya (teruatam yang premium theme), Fasilitas breadcrumb otomatis sudah ada dalam template.

Pengertian Breadcrumb itu sendiri adalah fasilitas navigasi menu untuk memudahkan pengunjung web/blog melacak lokasi dalam dokumen dan kembali ke halaman awal dengan mudah. Breadcrumb biasanya berada di posisi atas halaman web/blog, biasanya dibawah header atau tepat diatas judul postingan.

Menurut konsultan web Jakob Nielsen, ditinjau dari sisi usability breadcrumb mempunyai beberapa fungsi, yang diantaranya :

  1. Menyediakan fitur one-click access ke level halaman web di atasnya sekaligus menghindari user tersesat karena terlalu dalam menjelajahi website.
  2. Menunjukkan lokasi atau path dari halaman web yang sekarang sedang dikunjungi, relatif terhadap struktur halaman di atasnya.

Jadi dengan adanya dengan Breadcrumb ini sangat bermanfaat bagi pengunjung tatkala struktur website yang kita bangun memiliki hirarki atau tingkatan disetiap artikelnya.

Cara Memasang Breadcrumb di WordPress

– Ok, untuk membuatnya sobat bisa menggunakan fasilitas yang ada dalam SEO Yoast (buat para blogger saya yakin sudah banyak yg memakai plugin ini untuk optimasi blog, termasuk blog ini).

– Selanjutnya masuk ke settingan SEO Yoast dengan cara klik menu SEO >> Internal Links dan setting misal seperti ini

membuat breadcrumbs

– Kemudian copykan kode /script yang ada, dan pastekan / masukkan script kode ke dalam file header.php yang ada dalam menu Appearance >> Editor, header.php

– Jangan lupa klik update file untuk menyimpan update file.

Setelah selesai, untuk mengeceknya silahkan dilihat di blog masing-masing jika breadcrumbs sudah muncul diatas judul posting berarti sudah berhasil, atau sobat bisa mengeceknya di http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets

maka tampilannya seperti contoh berikut ini

mengecek breadsrumbs wordpress

10 Comments
  1. Ririn says

    wah terimakasih pak atas tutorialnya semoga ini berguna bagi generasi penerus blogger masa mendatang

    1. IlmuOnline says

      @ririn : thanks doanya sob, and makasih dah comment juga di blog yg sederhana ini.

  2. Tan Pah Kaa says

    Untuk meletakkan script kode ke dalam file header.php, itu apa langsung di pastekan disembarang tmpat, atau bagaimana ya…

  3. sumadi says

    Trimakasih gan panduanya, sudah saya praktekan sudah berhasil.. Sukses untuk blognya

  4. ksatriadesa says

    makasi berhasil, tapi kodenya saya masukkan ke single php

  5. Woow Facts says

    BERHASIL ! Terimakasih atas ilmunya 🙂 . Kunjungan balik 🙂

  6. Rizky says

    Thanks gan atas ilmunya 🙂
    sudah saya praktekan di blog wordpress saya 🙂

  7. Ruang Sehat says

    Mas mau tanya kalo kita gak pake yoast tapi pake allinoneseo pack gimana ya, cara nambahin breadcrumb ini?
    bingung banget gak berhasil berhasil

  8. admin says

    siiip deh setelah membaca artikel ini sekarang breadcrumbnya sudah aktif,terima kasih ilmunya gan

  9. Blogger Bodoh says

    Saya cari kalo todak pake plugins
    Mohon infonya

Leave A Reply

Your email address will not be published.