Jumat, September 30, 2022
BerandaUmum7 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Badan dan Pikiran yang Perlu Diketahui

7 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Badan dan Pikiran yang Perlu Diketahui

Mendengarkan musik adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh berbagai kalangan usia dan kelompok dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Mulai dari yang kecil, muda, dan tua, hingga seniman sampai dengan orang non-seniman pun menikmati musik.

Bisa dibilang, musik adalah alternatif bagi setiap orang yang hanya ingin sekedar menikmati lirik dari suatu lagu atau menghilangkan penat karena telah lelah bekerja seharian penuh.

Walaupun mendengarkan musik adalah media hiburan untuk menikmati suara merdu dan alunan musik yang penuh irama dan tempat pelarian sesaat bagi orang-orang yang lelah akan pahitnya hidup, mendengarkan musik juga memiliki manfaat lain yang tak kalah hebat dan terbukti berguna bagi hidup kita.

Manfaat-manfaat dari mendengarkan musik juga terbukti mampu untuk memperbaiki keadaan fisik dan mental seseorang secara perlahan dan signifikan.

Dulu mendengarkan musik menjadi suatu momok bagi banyak orang tua untuk anaknya karena dinilai terlalu menjerumuskan dan merusak. Stigma-stigma buruk terhadap musik pada masa kini dinilai sudah tidak relevan bahkan sudah ketinggalan jaman.

Sudah banyak penelitian-penelitian yang menemukan bahwa mendengarkan musik juga mampu memberikan manfaat-manfaat pada tubuh dan pikiran agar semakin lebih baik.

Berikut ini adalah 7 manfaat yang dapat kamu peroleh dari mendengarkan musik untuk kesehatanmu, baik fisik maupun pikiran.

  1. Mendengarkan musik dapat meningkatkan kualitas tidur

Masalah tidur telah menjadi masalah yang selalu dialami oleh banyak orang setiap malam. Hal yang paling umum dialami oleh orang-orang adalah keadaan susah tidur yang berkepanjangan.

Ada suatu penelitian yang menunjukkan bahwa murid-murid yang mendengarkan musik selama 45 menit, terutama musik klasik, sebelum mereka semua beranjak tidur, mengalami peningkatan kualitas tidur yang lebih baik dari sebelumnya.

Hal ini menunjukkan bahwa musik yang pas akan mampu menyelesaikan permasalahan tidur yang sering dialami orang pada umumnya.

  1. Mendengarkan musik baik untuk kesehatan jantung

Siapa yang menyangka kalau mendengarkan musik juga bisa meningkatkan kesehatan jantung sama halnya dengan obat-obatan maupun alat-alat kesehatan yang dijual di pasaran?

Tentu tidak ada yang mengira sampai sejauh itu ya. Namun berdasarkan penelitian, mendengarkan musik dapat membuat seseorang ingin terus bergerak, sehingga mampu merubah tempo pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah berdasarkan pada intensitas dan tempo musik yang dimainkan.

  1. Mendengarkan musik dapat mengubah kemampuan belajar seseorang menjadi lebih baik

Berdasarkan penelitian, mendengarkan musik mampu merangsang otak agar semakin aktif. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa berjanji mendengarkan musik setelah belajar mampu membuat orang semakin termotivasi untuk terus belajar.

Dengan mendengarkan musik, orang akan semakin semangat dan giat dalam menekuni kegiatan belajarnya. Orang akan merasa tenang dan fokus sehingga belajar terasa lebih menyenangkan.

  1. Mendengarkan musik dapat memperkuat performa latihan olahraga

Mendengarkan musik-musik latihan yang tepat saat berolahraga terbukti mampu untuk memperkuat ketahanan badan seseorang pada saat sesi olahraga yang berat dan menguras keringat.

Selain itu, mendengarkan musik latihan dapat meningkatkan performa fisik seseorang agar kemampuan berlatih saat olahraga semakin lebih baik dan meningkat dibanding latihan sebelum-sebelumnya.

  1. Mendengarkan musik dapat membuat seseorang semakin bahagia

Berdasarkan penelitian yang ditemukan, mendengarkan musik yang kita sukai dapat melepaskan dopamine, suatu senyawa kimiawi yang berfungsi menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh.

Adanya hormon dopamine yang dikeluarkan secara tepat, terbukti mampu meningkatkan suasana hati milik seseorang sehingga orang tersebut dapat terasa lebih senang atau bahagia dari sebelumnya.

Seseorang yang ingin mendapatkan dorongan emosional yang positif seperti kebahagiaan, kesenangan, dan kenikmatan, dapat mencoba memutar dan mendengarkan musik kesukaannya sekitar 15 menit.

  1. Mendengarkan musik dapat mengurangi rasa cemas dan gejala depresi

Banyaknya orang yang mendengarkan musik merupakan pertanda bahwa banyak orang yang menjadikan musik sebagai bentuk pelarian dari manis pahitnya peristiwa-peristiwa tertentu yang terjadi dalam kehidupan.

Kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa yang pahit dan tidak menentu selalu membuat banyak orang menjadi cemas dan, apabila terlalu parah, menjadi depresi akut.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat membantu menenangkan pikiran kita dari hal-hal yang tidak mengenakkan.

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang terkena stroke yang sedang dalam tahap rehabilitasi, terbukti berhasil membuat diri mereka lebih tenang dan santai dengan cara mendengarkan musik selama satu jam.

Selain itu, penelitian lain juga menunjukan bahwa mendengarkan musik jazz atau musik klasik lainnya, terbukti mampu memberikan efek positif pada gejala depresi. Hal lain yang dapat membantu adalah dengan mendengarkan musik-musik perkusi.

  1. Mendengarkan musik dapat mengurangi rasa sakit

Rasa sakit yang berkepanjangan juga dapat dikurangi dengan menerapkan kegiatan mendengarkan musik. Kegiatan sebagaimana dimaksud juga seringkali disebut terapi musik.

Menurut hasil penelitian yang diadakan tahun 2016, musik ternyata ampuh dalam membantu menyembuhkan orang yang memiliki rasa sakit akut dan kronis dibanding beberapa pengobatan yang ada.

Penerapan terapi musik untuk mengurangi rasa sakit hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah tersertifikasi dalam bidang tersebut. Dengan adanya panduan dan pengawasan dari orang yang ahli, menjadikan penyembuhan melalui media lagu ini menjadi lebih efektif dan efisien.

Kesimpulan

Mendengarkan musik memiliki begitu banyak manfaat baik yang sangat berguna bagi keadaan fisik dan pikiran seseorang sehingga dapat berdampak positif bagi kesehatan fisik dan mentalnya.

Namun yang perlu diketahui adalah tidak sembarang musik dapat didengarkan seseorang agar bisa memperoleh manfaat yang dimaksud sebelumnya.

Demi memperoleh manfaat musik yang dimaksud sebagaimana di atas, ada beberapa jenis atau kelompok lagu tertentu yang harus diterapkan, seperti misalnya lagu klasik untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala depresi.

Pentingnya mengetahui jenis musik atau lagu yang pas untuk kebutuhan kesehatan badan dan pikiran kalian akan sangat berpengaruh dalam membentuk keadaan hidup yang optimal dan baik.

Agar kalian tidak kesulitan memiliki lagu-lagu yang akan didengarkan, ada baiknya apabila lagu itu dapat di-download terlebih dahulu.

Dengan mendownload setiap lagu yang ada, kalian dapat mendengarkan musik-musik favorit kalian kapanpun dan dimanapun secara offline.

Nah untuk kalian yang kesulitan mendapatkan lagu-lagu berkualitas secara gratis dan aman, kalian bisa mengunjungi website https://www.vidmateapp.com/id/blog/download-lagu atau men-download aplikasinya secara langsung di smartphone kalian.

Di https://www.vidmateapp.com/id/blog/download-lagu, kalian tidak hanya akan disediakan lagu gratis saja, tapi ada begitu banyak tips-tips dan cara-cara mudah untuk men-download dari berbagai sumber, seperti tik-tok, facebook, dan jenis media sosial lainnya.

Vidmateapp.com adalah solusi untuk orang-orang yang ingin mendengarkan musik tanpa harus menghabiskan banyak kuota dan tidak memerlukan jaringan wi-fi ketika ingin memutar lagu.

Demikian adalah manfaat-manfaat dari mendengarkan musik atau lagu yang perlu kamu ketahui bagi kehidupan manusia. Tidak hanya untuk hiburan semata, musik atau lagu mampu menjadi media pengobatan dan sarana untuk menenangkan pikiran sehingga hidup kamu dapat terasa lebih ringan.

Hasanaji
Hasanajihttps://ilmuonline.net
Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular