Tutorial Oracle untuk Memilih /Seleksi Data dalam Oracle



Untuk tutorial oracle pada dasarnya perintah yang ada dalam bahasa MySQL hampir sama dengan syntac yang ada pada oracle, misal saja dalam perintah untuk menampilkan ataupun menyeleksi data dari tabel tertentu, mempunyai kesamaan dalam penulisan sytactnya. Namun yang perlu sobat pahami disini sebelum memanggil ataupun menyeleksi tabel, pastikan tabel nya sudah dibuat “ya kalau belum kan ndak bakal tampil, lha wong tabelnya belum dibikin :D”.

Perintah select berguna untuk menampilkan atau menyeleksi data yang di inginkan dari sekumpulan data yang telah ada, dimana perintah select ini sering juga disebut query. adapun untuk memanggil data dari tabel yang sudah ada adalah :

Select * from nama_tabel; (enter)

misal : Select * from barang; (enter)

Maka akan muncul semua field yang ada dalam tabel barang akan tampil.

Namun jika sobat ingin menampilkan field-field tertentu yang ada dalam tabel, maka syntak yang digunakan adalah

SELECT nama_field

FROM nama_tabel; (enter)

Misal jika ingin menampilkan nama_customer dan alamat_customer saja yang ada dalam tabel customer, maka syntactnya

SELECT nama_customer, alamat_customer

FROM customer (enter)

Namun jika ingin menampilkan data tertentu berdasarkan kelompok data tertentu maka silahkan tambahkan syntak group by pada akhir sintak.

SELECT nama_field

FROM nama_tabel

group by nama_field; (enter)

Misalnya untuk menampilkan kode_barang dan nama barang yang di kelompokkan berdasarkan kode_barang pada tabel barang, maka sintak yang digunakan

SELECT kode_barang, nama_barang

FROM barang

group by kode_barang; (enter)

“Itu tadi penjelasan singkat mengenai sintak select yang bisa di gunakan dalam oracle, maupun MySQL. untuk tutorial selanjutnya akan saya share di lain waktu”



Tags:
author

Author: 

Hanyalah seorang pemuda yang hoby dengan dunia blogging, penulis seorang blogger newbea yang ingin berbagi tulisan tentang komputer, teknologi, gadget, internet dan sesuatu hal yang penulis tahu melalui blog ini. Jika ingin bertukar pikiran, share, atau ingin mengenal lebih dekat mengenai saya bisa menghubungi melalui twitter ataupun facebook.